Share Like
Simpan

Apakah si Kecil sudah mulai suka jajan di luar rumah? Jika iya, pastikan ia memilih camilan yang sehat ya, Bu. Memasuki usia sekolah, sudah merupakan hal yang wajar jika si Kecil jadi suka makan camilan yang dijual di luar rumah. Anak saya pun sering melakukan hal yang sama. Namun, saya sering khawatir karena jajanan di luar rumah sering kali tidak menyehatkan dan kurang higienis. Tentu Ibu tidak ingin si Kecil sakit karena jajan sembarangan, bukan?

 

Nah, agar kesehatan si Kecil tetap terjaga, Ibu bisa menyediakan berbagai camilan sehat untuk anak khas Indonesia berikut ini!

1. Singkong

Di balik rasanya yang gurih, singkong merupakan salah satu sumber Karbohidrat terbaik yang berfungsi untuk menyuplai energi tubuh. Oleh karena itu, camilan ini bisa menggantikan energi si Kecil setelah seharian beraktivitas. Selain itu, singkong juga mengandung Vitamin C yang dapat meningkatkan imun tubuh. Jadi, si Kecil dapat tumbuh lebih kuat dan tidak mudah sakit, Bu.

2. Kacang Tanah Rebus

Ini dia salah satu jenis camilan sehat kesukaan anak saya. Selain kaya akan Antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kacang tanah juga mampu mendukung kesehatan otak si Kecil, Bu. Menurut beberapa artikel online yang saya baca, kandungan Vitamin E pada kacang tanah mampu mencegah penyakit yang menyerang otak serta saraf seperti alzheimer, demensia, parkinson, dan epilepsi. Banyak sekali manfaatnya ya, Bu!

Oh iya, ketika merebus kacang tanah, pastikan kulitnya dalam keadaan tertutup rapat ya, Bu. Hal ini dikarenakan kacang tanah rentan terkontaminasi jamur beracun ketika berada dalam keadaan lembap. 

3. Tempe

Ibu tentu tahu bahwa tempe membawa banyak manfaat bagi gizi anak. Sama halnya dengan daging, tempe juga merupakan sumber Protein yang baik bagi tubuh. Bahkan, satu mangkuk tempe dapat memenuhi sekitar 32% kebutuhan Protein harian si Kecil.

Di samping itu, tempe juga tinggi akan kandungan Vitamin B2 yang berfungsi mendukung proses metabolisme sehingga tubuh senantiasa sehat dan kuat.

4. Tape Singkong

Agar menu camilan si Kecil lebih variatif, Ibu bisa sajikan menu tape singkong untuknya. Tahukah, Ibu? Tape memiliki kandungan probiotik yang sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil. Terlepas dari segala manfaatnya, pastikan si Kecil tidak mengonsumsi lebih dari 30 gram tape singkong dalam sehari. Hal ini dikarenakan konsumsi tape berlebihan bisa membuat pencernaannya terganggu.

Itu dia beberapa camilan sehat khas Indonesia yang baik untuk kesehatan si Kecil. Selain lezat dan sehat, camilan sehat untuk anak ini juga bisa membantu ia semakin mengerti cita rasa khas makanan Indonesia. Selamat mencoba ya, Bu!