Share Like
Simpan

Menyiapkan cemilan sehat bukan pekerjaan yang sulit tetapi juga tidak mudah. Cemilan seperti apa yang sebaiknya Ibu siapkan untuk bekal si Kecil sekolah?

Cemilan sehat diantara jam makan utama si Kecil merupakan sumber zat gizi yang tidak bisa Ibu abaikan. Kandungan zat gizi dalam cemilan dapat melengkapi kebutuhan yang belum terpenuhi dari makanan utama si Kecil. Siapkan cemilan yang terdiri dari minimal 2 kelompok makanan, misalnya zat tenaga dan zat pengatur, atau zat pengatur dengan zat pembangun. Contohnya irisan buah apel sebagai sumber vitamin dan mineral (zat pengatur), dengan sate keju (potongan keju yang disusun dengan tusuk sate) sebagai sumber protein (zat pembangun).

Berikut kami berikan ide cemilan dari setiap kelompok makanan :

  • Zat tenaga : sereal, biskuit, roti tawar.
  • Zat pembangun : susu, telur rebus, telur orak arik, telur dadar, keju.
  • Zat pengatur : brokoli/wortel kukus, irisan buah (apel, stroberi, pisang, nanas, kiwi, mangga, melon, anggur, jeruk, dll).


Ibu dapat menyusun menu cemilan si Kecil seperti ini :

  • Roti lapis telur, yaitu setangkup roti tawar dioles mayonais/mentega, lalu diisi dengan telur orak-arik yang diberi sedikit garam dan merica, pasangkan dengan irisan buah.
  • Biskuit lapis, dibuat dari dua keping biskuit tawar berbentuk kotak yang diisi ragut ayam, pasangkan dengan susu kotak siap minum.
  • Roti lapis buah, yaitu setangkup roti tawar diisi dengan yogurt yang dicampur dengan irisan buah segar, dipasangkan dengan potongan wortel kukus.
  • Roti diolesi selai kacang dipasangkan dengan irisan buah nanas.

 

Cemilan sehat tersebut dapat dilengkapi dengan susu siap minum dalam kemasan kecil, baik kotak maupun botol, untuk menyempurnakan asupan gizinya. Dengan cemilan sehat yang Ibu siapkan sendiri ini, si Kecil akan mendapatkan energi dan zat gizi lainnya sehingga kembali bersemangat dan konsentrasi mengikuti pelajaran berikutnya di kelasnya.