Whatsapp Share Like
Simpan

Semua Ibu pasti menginginkan buah hatinya selalu mengonsumsi makanan yang sehat. Di rumah Ibu mungkin bisa mengawasinya, tapi bagaimana saat ia di sekolah? Banyaknya jajanan yang beredar di lingkungan sekolah akan susah untuk ditolak oleh si Kecil. Untuk menyiasatinya, Ibu bisa membekali si Kecil dengan cemilan sehat. Bagaimanakah cemilan sehat untuk anak yang tepat?

Pentingnya Cemilan Sehat untuk Anak

Cemilan sehat diantara jam makan utama si Kecil merupakan sumber zat gizi yang tidak bisa Ibu abaikan. Kandungan zat gizi dalam cemilan dapat melengkapi kebutuhan yang belum terpenuhi dari makanan utama si Kecil. Siapkan cemilan yang terdiri dari minimal dua kelompok makanan, misalnya zat tenaga dan zat pengatur, atau zat pengatur dengan zat pembangun. Contohnya irisan buah apel sebagai sumber vitamin dan mineral (zat pengatur), dengan sate keju (potongan keju yang disusun dengan tusuk sate) sebagai sumber protein (zat pembangun).

Berikut kami berikan ide cemilan sehat untuk anak dari setiap kelompok makanan :

  • Zat tenaga : sereal, biskuit, roti tawar.
  • Zat pembangun : susu, telur rebus, telur orak arik, telur dadar, keju.
  • Zat pengatur : brokoli/wortel kukus, irisan buah (apel, stroberi, pisang, nanas, kiwi, mangga, melon, anggur, jeruk, dll).

Manfaat Membawakan Bekal untuk Si Kecil

Saat Ibu membawakan bekal sehat untuk si Kecil, Ibu akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini:

  • Memberikan si Kecil makanan yang higienis. Ibu tentunya sudah tidak asing dengan cerita anak-anak yang keracunan jajanan sekolah, bukan? Ibu memang tidak mengetahui bagaimana si penjual mengolah jajanannya. Bisa jadi memang kurang higienis atau menggunakan bahan berbahaya. Nah, cemilan sehat untuk anak sebagai bekalnya dari rumah ini akan memberikannya makanan yang higienis untuk ia makan di sekolah.
  • Memberikan zat gizi yang dibutuhkan si Kecil. Di usia 1-3 tahun, si Kecil sedang berada dalam fase golden age yang artinya ia membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Setiap hari ia harus mendapatkan asupan zat gizi berupa protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Dengan membekalinya cemilan sehat yang mengandung semua zat gizi tersebut, maka Ibu telah memberikan nutrisi yang ia butuhkan.
  • Mengontrol asupan si Kecil. Membekali si Kecil dengan cemilan sehat merupakan cara terbaik untuk mengontrol asupannya selama berada di luar rumah. Ibu jadi tak perlu khawatir ia akan kelaparan atau apakah ia akan memakan jajanan yang kesehatan dan kebersihannya kurang terjamin.
  • Meningkatkan energi dan mood si Kecil. Belajar dan bermain di sekolah selama beberapa jam tentunya akan membuat si Kecil lelah dan lapar. Jadi sangat penting untuk tetap membuatnya kenyang dengan makanan yang sehat bernutrisi. Jika ia kenyang, maka energinya pun akan meningkat, begitu pula dengan mood-nya.
  • Menghemat uang jajan. Cemilan sehat untuk anak akan membuatnya terhindar untuk membelanjakan uang jajan yang telah Ibu berikan. Dengan begitu, ia bisa berhemat. Ibu pun bisa mengajarkan si Kecil untuk menabung uang jajannya agar ia dapat membeli mainan atau barang yang ia inginkan sendiri.

Contoh Menu Cemilan Sehat untuk Bekal

Berikut adalah beberapa contoh cemilan sehat untuk anak yang bisa Ibu susun untuk bekal sekolahnya:

Artikel Sejenis

  • Roti lapis telur. Cemilan ini terdiri dari setangkup roti tawar yang dioles mayonaise/mentega, lalu diisi dengan telur orak-arik yang diberi sedikit garam dan merica. Pasangkan dengan irisan buah untuk sumber vitamin.
  • Biskuit lapis. Dibuat dari dua keping biskuit tawar berbentuk kotak yang diisi ragut ayam dan wortel parut. Tak lupa pasangkan dengan susu kotak siap minum.
  • Roti lapis buah. Terdiri dari setangkup roti tawar yang diisi dengan yogurt yang dicampur dengan irisan buah segar dan dipasangkan dengan potongan wortel kukus.
  • Roti tawar selai kacang. Roti diolesi dengan selai kacang, lalu dipasangkan dengan irisan buah nanas. Tambahkan susu kotak sebagai sumber kalsium dan vitamin D.
  • Spaghetti udang dan brokoli. Spaghetti yang dimasak dengan mentega dan susu cair ditambah dengan udang dan brokoli kukus. Berikan irisan buah yang menyegarkan sebagai sumber vitamin.

Cemilan sehat untuk anak tersebut dapat dilengkapi dengan susu siap minum dalam kemasan kecil, baik kotak maupun botol, untuk menyempurnakan asupan gizinya. Dengan cemilan sehat sebagai bekal yang Ibu siapkan sendiri ini, si Kecil akan mendapatkan energi dan zat gizi lainnya sehingga kembali bersemangat dan konsentrasi mengikuti pelajaran berikutnya di kelasnya.

Laman Tanya Pakar hadir bagi Ibu yang memiliki pertanyaan lain seputar kesehatan dan tumbuh kembang anak. Para ahli di sana akan membantu menjawab pertanyaan Ibu secara langsung. Pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dulu agar bisa menggunakan fitur tersebut.

Sumber:

popmama.com