Share Like
Simpan

Hai, Bu! Semoga si Kecil yang sudah bisa menendang-nendang maupun yang masih ada di dalam perut sehat selalu. Jika kini sedang mengandung, Ibu harus menjaga kesehatan diri dan janin, salah satunya, lewat makanan ibu hamil.

Makanan adalah faktor penting demi memiliki kehamilan yang sehat. Pastikan makanan ibu hamil cukup bernutrisi agar tubuh Ibu selalu fit dan sehat saat menjalani masa kehamilan yang akan berlangsung selama sembilan bulan. 

Berbicara tentang makanan ibu hamil, akan selalu ada perdebatan, mana yang boleh dimakan dan mana yang malah mengakibatkan gangguan kesehatan. Apalagi banyak masyarakat kita yang masih percaya pada mitos dan pantangan makan saat hamil, walaupun hasil penelitian mengatakan sebaliknya.

Namun demikian, memang ada sebagian jenis makanan yang sebaiknya dihindari sepanjang kehamilan dikarenakan dapat mengakibatkan infeksi-infeksi, seperti bakteri salmonella (memicu keguguran), toksoplasmosis (janin berkondisi abnormal), listeria (mengakibatkan keguguran atau janin meninggal dalam kandungan), dan e.coli, (merusak usus dan ginjal).  

Selama trimester pertama, Ibu harus berhati-hati dengan makanan ibu hamil yang masuk ke dalam tubuh karena beberapa jenis makanan ini dapat mengganggu kesehatan janin jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan:

1. Nanas Muda  

Nanas muda merupakan makanan  pertama yang harus dijauhi bagi ibu hamil muda karena mengandung vitamin C yang tinggi dan disinyalir dapat menyebabkan keguguran.  

2. Peterseli 

Bahan makanan kedua yang harus dihindari adalah peterseli sebagai salah satu tumbuhan dengan kandungan apiol dan myristicin. Kedua zat ini dapat melembutkan dinding ovarium hingga serviks, bahkan meluruhkan sel telur yang sudah dibuahi.

3. Kayu manis  

Ini merupakan bahan makanan atau jenis rempah yang umum ditemukan pada setiap dapur rumah. Ibu hamil sebaiknya berhati-hati dengan aneka makanan yang mengandung kayu manis dalam jumlah banyak. Kayu manis mengandung vitamin C yang sangat tinggi, sehingga berbahaya untuk janin. Terlalu banyak mengonsumsi kayu manis bisa membuat Ibu ingin kencing terus-menerus.

4. Pepaya  

Buah yang satu ini menjadi favorit para wanita. Meski manis dan empuk, jika dikonsumsi secara berlebihan terutama pada kehamilan minggu ke-4, pepaya bisa menyebabkan keguguran alami karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi.

5. Tebu  

Tebu tak hanya mengandung vitamin C dosis tinggi, tapi juga meningkatkan suhu (panas) dalam tubuh. Peningkatan suhu ini akan membuat perut berkontraksi.

6. Kacang tanah  

Makanan selanjutnya yang harus dihindari adalah kacang tanah, apalagi jika Ibu hamil memiliki gangguan asma turunan atau alergi tertentu. Kacang tanah memang mengandung nutrisi dan Omega 3 nabati, namun jumlah pengonsumsian yang berlebihan akan membuat janin mendapatkan kedua penyakit turunan tersebut dari Ibu. 

Mengetahui beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari tentu membuat Ibu berhati-hati dalam memilih asupan gizi. Jika perlu, mintalah petunjuk dokter mengenai makanan yang akan menyehatkan ibu dan janin. Selamat menanti kehadiran buah hati dan salam sehat, Bu!