Whatsapp Share Like
Simpan

Halo, Bu! Bagaimana kabar si Kecil hari ini? Semoga ia senantiasa tumbuh sesuai usianya, ya. Saya ingin bertanya nih, apakah Ibu pernah mencoba menghilangkan penat dengan cara melihat pemandangan hijau  atau tanaman di luar rumah? Ternyata, efek serupa juga bisa dirasakan si Kecil ketika ia berinteraksi di alam yang hijau lho, Bu! Lalu, apa saja pengaruh bermain di sekitar pohon rindang bagi kesehatan anak? Berikut ini beberapa informasi dari artikel online yang saya baca beberapa waktu lalu. Simak sama-sama, yuk! 

1. Meningkatkan Konsentrasi

Sering mengajak si Kecil bermain di alam ternyata bisa menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan konsentrasi anak. Bahkan, menurut jurnal penelitian dari University of Michigan, melihat tanaman dapat meningkatkan daya ingat anak hingga 20%. Itu sebabnya, setiap sore saya sering mengajak si Kecil bermain di taman dekat rumah, Bu.

2. Meredakan Stres

Agar tumbuh kembang si Kecil dapat berjalan dengan baik, Ibu perlu memastikan ia terhindar dari risiko stres. Nah, hal ini dapat Ibu lakukan dengan mengajak si Kecil bermain di alam. Dari artikel online yang saya baca, menurut penelitian yang dilakukan oleh NASA, lembaga pemerintah milik Amerika Serikat, tanaman dapat  membunuh 87% racun yang ada di udara selama 24 jam. Hal inilah yang akhirnya membuat tubuh si Kecil jadi lebih santai dan tidak mudah stres.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bu, jangan panik ketika si Kecil menyentuh tanah atau terkena hujan saat bermain di tengah alam hijau. Menurut Sharyn Clough, profesor dari University of Oregon, ketika terpapar kuman, sistem imun tubuh si Kecil akan terlatih sehingga ia lebih kuat dan tidak gampang sakit. Itu sebabnya, selama tidak berbahaya, biarkan si Kecil bereksplorasi saat bermain di alam ya, Bu. Ibu hanya perlu memastikan si Kecil membersihkan diri selesai bermain.

4. Membuat si Kecil Lebih Semangat

Saya ingin berbagi cerita nih, Bu. Beberapa waktu lalu saya dan keluarga menyempatkan waktu untuk liburan di sekitar area bukit di Bogor. Menariknya, selama perjalanan, si Kecil terlihat murung dan tidak semangat untuk bermain. Namun, ketika sudah sampai di area bukit yang penuh dengan tanaman hijau, ia langsung telihat aktif bergerak dan semangat untuk eksplorasi. Setelah saya cari tahu, ternyata bermain di alam dapat meningkatkan susasana hati si Kecil, sehingga ia merasa senang dan terdorong untuk lebih kreatif, Bu!

Banyak ya, Bu, manfaat berinteraksi dengan alam bagi kesehatan anak. Ayo rencanakan mengajak si Kecil bermain di alam agar ia dapat  senantiasa tumbuh sesuai usia, cepat tangkap, dan aktif bergerak! Kira-kira destinasi liburan hijau mana yang ingin Ibu kunjungi?