Whatsapp Share Like
Simpan

Apakah Ibu sering menyuapi si Kecil menu MPASI yang berserat? Kebiasaan ini sangatlah baik, mengingat serat dapat membantu sistem pencernaan si Kecil tetap sehat dan berjalan lancar. Namun, terlepas dari segala manfaatnya, ternyata asupan serat yang berlebihan justru berisiko membuat si Kecil susah buang air besar atau sembelit, lho. Tak ingin si Kecil kesakitan saat buang air besar, saya pun mulai mencari tahu cara mengatasi sembelit pada bayi yang disebabkan oleh asupan serat berlebih. Berikut ini beberapa informasi yang berhasil saya kumpulkan, Bu!

1. Kenali Kebutuhan Serat Bayi

Bu, kebutuhan asupan serat si Kecil masih jauh lebih rendah dari orang dewasa. Menurut artikel kesehatan anak yang saya baca, bayi berusia di bawah 1 tahun hanya membutuhkan 10 gram serat atau sekitar 3 buah pisang berukuran sedang per hari. Dengan memenuhi asupan serat sesuai kebutuhannya, ini akan mengurangi risiko sembelit pada si Kecil.

2. Kombinasikan dengan Makanan Rendah Serat

Saat melakukan kunjungan rutin ke rumah sakit anak, saya sempat mengonsultasikan hal ini dengan dokter anak si Kecil. Dari hasil konsultasi itu, dokter menjelaskan bahwa makanan yang tinggi Mineral dan Lemak, seperti semangka, tahu, serta daging-dagingan juga tak kalah penting untuk mengimbangi asupan serat berlebihan pada tubuh si Kecil. Itu sebabnya, sebaiknya Ibu tidak hanya fokus pada menu MPASI sayur dan buah-buahan saja, ya. Coba kombinasikan dengan makanan bayi 6 bulan agar tidak sembelit lainnya sejak awal MPASI.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Sama halnya dengan makanan berserat, air putih juga dapat memperlancar sistem pencernaan si Kecil. Itu sebabnya, saya selalu membiasakan si Kecil minum setidaknya 1-2 gelas air putih setiap harinya.

Wah, ternyata apapun yang berlebihan itu tidak baik ya, Bu, termasuk serat bagi tubuh. Yuk, mulai berikan makanan dengan porsi serat normal sebagai cara mengatasi sembelit pada bayi agar tumbuh kembang si Kecil semakin optimal setiap harinya!