Share Like
Simpan

Pada masa nifas atau setelah melahirkan, semua ibu tentu menginginkan kembali ke bentuk tubuh seperti sebelum hamil. Bahkan beberapa diantaranya menggunakan ramuan herbal yang tidak diketahui isinya dan mungkin saja dapat menimbulkan risiko tertentu pada tubuh Ibu. Ingatlah bahwa menjaga kesehatan Ibu setelah melahirkan akan berpengaruh pada si Kecil juga. Konsultasikan lebih lanjut pada dokter bila ada hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan Ibu dalam masa nifas ini.

Di Indonesia dan beberapa negara lain seperti Amerika Latin, dikenal penggunaan stagen atau ‘gurita’ karena bentuknya menyerupai gurita dengan banyak tali dan digunakan sebagai stagen yang ‘membungkus’ bagian perut Ibu setelah melahirkan, agar otot perut dan kulit yang longgar dapat cepat kembali ke bentuk tubuh seperti sebelum hamil. Saat ini, stagen tanpa banyak tali dan dikaitkan dengan perekat atau pengait yang lebih praktis telah banyak tersedia, sehingga Ibu tidak perlu mengikat satu persatu tali stagen. Tekanan dan kekencangannya pun dapat Ibu atur sesuai ukuran.

Jika Ibu menjalani operasi sesar, penggunaan stagen atau gurita tidak diperlukan secara medis. Namun bila Ibu ingin menggunakannya, sebaiknya tidak terlalu menekan bagian jahitan. Kenyataannya tubuh Ibu akan kembali dengan perlahan setelah melahirkan walau tidak menggunakan stagen atau gurita. Otot perut dan kulit akan kembali normal. Namun sebagian Ibu akan merasa nyaman dan terlindungi dengan menggunakan stagen atau gurita. Asalkan tidak melukai atau digunakan terlalu kencang dan menghambat peredaran darah Ibu, penggunaan stagen atau gurita ini sah-sah saja.

Kadangkala penggunaan stagen ini disertai pengolesan herbal pada perut ibu yang bertujuan mengembalikan kondisi ibu setelah melahirkan dengan cepat. Namun hal ini perlu hati-hati, karena mungkin saja kulit Ibu sensitif dan dapat menderita alergi karena herbal tersebut, terlebih bila Ibu menjalani persalinan operasi sesar. Luka operasi sesar dapat terganggu penyembuhannya dan bahkan dapat menyebabkan infeksi oleh karena pengolesan herbal tersebut. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Ibu bersikap bijak dan cermat sebelum mengoleskan herbal setelah melahirkan.

Agar lebih jelas, konsultasikanlah pada dokter mengenai kesehatan masa nifas Ibu, karena kesehatan Ibu juga akan mempengaruhi si Kecil!