Whatsapp Share Like
Simpan

Kepandaian bayi usia 5 bulan sering membuat Ibu kagum. Pada usia inilah, si Kecil mengalami masa transisi. Ia mulai meniru suara-suara yang didengarnya, meski yang terdengar dari mulutnya hanya berupa decakan dan gumaman yang berulang-ulang. Itu adalah awal meningkatnya kemampuan bahasa Si Kecil di mana ia mulai belajar berbicara menggunakan lidah dan bibirnya. Ibu pun sudah bisa membedakan suara-suaranya, seperti saat ia lapar atau sedang pup. Selain mulai mengoceh tak jelas dengan bergumam, si Kecil bisa mulai tertawa setiap kali melihat gerakan-gerakan yang bisa membuatnya tertawa.

Kemampuan perilakunya juga semakin meningkat. Si Kecil mulai bisa merayap dan berguling yang tentunya akan membuat Ibu harus ekstra hati-hati menjaganya. Ia juga mulai belajar duduk tegak lebih lama, menarik benda, dan sebagainya. Kemampuan lain yang juga meningkat adalah motorik, lama waktu tidur, pengenalan warna, dan kemampuan berkomunikasi. Berikut adalah uraian dari perkembangan bayi 5 bulan yang perlu Ibu ketahui:

Kepandaian Motorik

  1. Bayi usia 5 bulan sudah mampu duduk tegak agak lebih lama meski tanpa bantuan bantal sebagai penyangga.
  2. Si Kecil sudah mampu berguling dari terlentang ke tengkurap. Coba Ibu perhatikan, kakinya akan bergerak-gerak seolah-olah hendak berlari. Ia pun bisa merayap perlahan-lahan. Jangan tinggalkan si Kecil sendirian pada saat tengkurap ya, Bu! Baringkan ia di tengah-tengah tempat tidur dan beri tumpukan penahan di tepi untuk menjaganya agar tidak terjatuh.
  3. Genggaman si Kecil juga semakin kuat, sehingga bisa menarik benda dan memegangnya dengan baik. Ibu bisa mulai membiasakan si Kecil memegang botol, gelas plastik, atau mainan tanpa mudah terlepas.

Punya Jam Tidur
Perkembangan bayi 5 bulan juga termasuk pada pola tidurnya. Di usia ini si Kecil sudah bisa dibiasakan memiliki jam tidur ‘teratur’ sepanjang pagi hingga siang hari. Tidak seperti setelah baru lahir yang sering tidur dan hanya bangun saat menyusu. Kebanyakan bayi akan tidur di pagi hari dan sekali setelah makan siang. Ibu bisa memandikannya dengan air hangat sebelum waktu tidur agar ia merasa nyaman dan tidurnya pun lebih nyenyak. Dilanjutkan dengan membuainya dalam gendongan sambil menyanyikan lagu ataupun membacakan cerita pengantar tidur. Biasanya si Kecil akan mudah tertidur pulas.

Namun, bisa juga Ibu membiasakan diri menidurkan si Kecil dalam boksnya atau tempat tidur lain sambil menepuk-nepuk bokongnya. Sebagai bantuan, Ibu bisa memperdengarkan musik lembut atau lampu berputar. Cara ini akan mengajarkan si Kecil merasa nyaman untuk bisa tidur sendiri dan tidak tergantung pada orang yang menggendongnya.

Kemampuan Mengenal Warna
Perkembangan bayi 5 bulan juga terlihat pada kemampuannya dalam mengenali warna yang semakin meningkat. Meski belum mampu melihat dengan sempurna, tapi ia sudah bisa melihat jarak dan kedua matanya bisa fokus bersamaan. Si Kecil juga mulai bisa membedakan dua macam warna, meski masih lebih menyukai warna-warna dasar, seperti merah, biru, dan kuning. Ibu bisa sering memberikan soft book berwarna atau flash card dengan bentuk dan aneka warna.

Mampu Berkomunikasi
Si Kecil mulai mengoceh pada usia 5 bulan. Suaranya yang terdengar jelas lebih sering mengucap ‘ma’ma’, ‘ba-ba’, atau ‘da-da’, yang belum menunjukkan makna tertentu. Ibu harus menunggu beberapa bulan lagi hingga si Kecil benar-benar bisa menyebut ‘ma-ma’ yang benar-benar ditujukan bagi Ibu. Si Kecil juga mulai bisa memahami suara-suara yang didengarnya, misalnya gonggongan anjing atau suara mobil yang keras. Kepalanya bisa menoleh ke arah suara-suara tersebut, termasuk bila ada yang memanggil namanya.

Perkembangan bayi usia 5 bulan ternyata sangat menakjubkan ya, Bu? Ajaklah si Kecil bermain sesuai peningkatan kepandaiannya untuk merangsang kemampuannya. Tidak perlu memberikan mainan-mainan mahal. Pakai saja benda-benda sederhana yang ada di rumah sebagai media belajar si Kecil di masa emasnya. Berikan mainan sederhana dengan warna-warna mencolok, sambil didengarkan lagu-lagu dari segala jenis musik. Si Kecil mungkin akan bertepuk tangan, tersenyum, bahkan mungkin bergumam.