Share Like
Simpan

Hai Ibu, hari ini saya punya cerita menarik, nih, Dulu, waktu saya sedang  mengandung anak pertama, pernah suatu kali saya ditegur oleh Ibu saya waktu hendak membuat roti selai untuk sarapan. “Lho, kok makan roti pakai selai kacang? Memangnya boleh?” Sontak saya pun terkejut. Bukannya apa-apa, sejak dulu kan, saya tidak memiliki alergi terhadap kacang. Setelah mendapatkan penjelasan dari beliau, ternyata Ibu saya itu percaya kalau menyantap makanan berbahan kacang bisa membuat anak saya nanti alergi, Bu.

Awalnya sih, saya sempat deg-degan juga waktu mendengar teguran Ibu saya itu. Apalagi, kacang termasuk salah satu makanan favorit saya. Namun, setelah mencoba untuk  mencari info lebih lanjut di situs-situs kesehatan, saya pun akhirnya menemukan jawabannya.

 

Benarkah Kacang Membuat Bayi Alergi?

Nah, saya menemukan suatu artikel yang menarik dari WebMD.com tentang hal tersebut. Jadi, untuk mencari jawaban atas hubungan mengonsumsi kacang saat hamil dan alergi pada bayi, Dr. Michael Young dari Harvard Medical School mengadakan suatu riset yang melibatkan sekitar 8.200 Ibu untuk menceritakan apa yang mereka makan sebelum, saat, dan sesudah mengandung. Dari riset tersebut, memang ditemukan ada 140 Ibu yang anaknya terkena alergi kacang. Namun, yang menariknya, penelitian ini menemukan fakta kalau kelompok Ibu hamil yang mengonsumsi kacang 5 kali seminggu atau lebih, justru bayinya memiliki risiko alergi kacang yang paling rendah dibandingkan Ibu lainnya. Namun, perlu diingat hasil ini tentunya untuk Ibu yang tidak memiliki riwayat alergi terhadap kacang ya, Bu.

Hal ini diperkuat juga oleh pendapat dari Dr. Adam Fox, konsultan alergi anak dari Guy's and St Thomas' NHS foundation trust. Menurutnya, ada riset yang membuktikan kalau alergi kacang kemungkinan besar baru muncul setelah si Kecil sudah lahir. Penyebabnya pun biasanya karena adanya interaksi antara kulit dengan protein dari kacang.

 

Manfaat Kacang Bagi Kita

Setelah membaca risetnya, saya pun waktu itu jadi penasaran, “Hm, apa ya, manfaat dari kacang? Lalu, kira-kira jenis kacang apa yang baik bagi kehamilan?” Nah, saat ini tentu ada Ibu yang menanyakan hal yang sama, kan?  Untuk itu, berikut ini saya bagikan beberapa info seputar manfaat kacang:

  1. Seperti yang ditulis di situs WhatstoExpect.com, kacang-kacangan ternyata memiliki banyak nutrisi dan gizi yang baik bagi Ibu hamil. Ini karena kacang mengandung mineral penting seperti Magnesium, Selenium, Zinc, Potassium, dan Kalsium.
  2. Kacang almond mengandung protein dan lemak tak jenuh yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, perlu diingatkan sebaiknya tidak memakan kacang mentah-mentah, karena dikhawatirkan masih terkontaminasi virus salmonella.
  3. Kacang tanah juga kaya akan asam folat serta vitamin B kompleks yang bisa mencegah terjadinya kelainan selubung saraf (neural tube defects) pada otak janin. 1 ons kacang juga mengandung 7 gram protein serta dapat memenuhi 10 % dari kebutuhan hari Ibu hamil akan asam folat.

 

Nah, apakah pertanyaan Ibu sekarang sudah terjawab? Tentunya, saya tetap menyarankan Ibu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan info lebih lengkap tentang alergi kacang ini ya, Bu. Apalagi, jika ada keluarga Ibu yang memiliki riwayat alergi terhadap kacang.  Lewat persiapan yang tepat, kesehatan Ibu dan janin pun bisa terus terjaga dengan baik selama masa kehamilan ini.  Terima kasih sudah membaca dan selamat menjalani momen kehamilan yang indah ini, Bu!