Share Like
Simpan

Halo, Bu! Bagaimana kabarnya? Semoga kehamilan Ibu lancar-lancar saja sampai hari H nanti, ya! Jadi ingat waktu mengandung si Kecil dulu, deh.  Berhubung dia anak pertama, saya saat itu sering sekali kebingungan, Bu. Misalnya, bagaimana ya, supaya terhindar dari gangguan kesehatan? Lalu, apa jurusnya supaya bisa terus beraktivitas dengan nyaman saat “berbadan dua”? Satu lagi, berhubung pengeluaran di masa kehamilan tergolong cukup banyak, apa tipsnya agar bisa berhemat?

Punya problem yang sama, Bu? Nah, jangan khawatir. Dengan cara yang tepat, semuanya ternyata bisa berjalan dengan lancar, kok. Yuk, baca tipsnya!

Aman Selama Hamil

  1. Pastikan kita rutin menjaga kebersihan tubuh, terutama alat kelamin. Ini karena masalah ringan seperti keputihan saja juga bisa mengakibatkan infeksi yang bisa menular pada janin.
  2. Dari info yang saya baca, kulit ternyata dapat menyerap sekitar 60% dari substansi kosmetik yang kita pakai, Bu. Jadi, lebih cermat dalam memilih kosmetik, ya. Gunakan yang terbuat dari bahan alami dan telah melewati uji klinis. Lalu, sebaiknya hindari kosmetik berbahan dasar Merkuri, Retinoid, Salicylic Acid (BHA), Hydroquinone, Soy, PABA, Benzophenone-3, dan Rodhanin yang dapat mengganggu kesehatan Ibu dan janin selama masa kehamilan.
  3. Saat ini, hindari dulu mengonsumsi makanan mentah atau setengah matang untuk mencegah masuknya kuman dan bakteri penyakit ke dalam tubuh. Sementara untuk seafood, sebaiknya dibatasi dulu karena ada beberapa makanannya yang mengandung logam merkuri yang tinggi.
  4. Teliti dalam memilih obat, ya. Kandungan dalam obat juga bisa masuk ke tubuh janin melalui plasenta. Bahkan, obat flu yang dijual bebas pun belum tentu aman bagi kita dan si Kecil, Bu. Jadi, konsultasikan dulu ke dokter Ibu sebelum mengonsumsi obat apapun.

Nyaman Selama Hamil

  1. Saat hamil, suhu tubuh kita seringkali naik-turun secara drastis. Jadi kenakan pakaian berlapis dengan bahan yang nyaman, seperti katun. Jadi, jika kegerahan, Ibu tinggal melepaskan beberapa lapis pakaiannya.
  2. Rajinlah meminum air secara rutin selama beraktivitas. Ini karena dehidrasi sering menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan di masa kehamilan yang dapat mengganggu kegiatan kita.
  3. Saat bepergian jauh, bawa camilan dan minuman sehat dan usahakan untuk berjalan atau berdiri sejenak setiap beberapa jam untuk mencegah kram dan penyumbatan darah.
  4. Sering kesulitan tidur? Coba posisi miring dengan kedua lutut ditekuk. Kemudian, taruh bantal di antara lutut dan letakkan bantal lain di punggung atau pinggang. Agar lebih nyaman, Ibu juga bisa menggunakan bra dan belt khusus hamil saat tidur nanti.

Hemat Selama Hamil

  1. Saatnya membeli baju baru, sebaiknya mulai belanja di trimester ke-2 saat bentuk perut sudah semakin terlihat. Selain itu, pilih juga baju yang nantinya bisa dipakai terus setelah selesai melahirkan, Bu.
  2. Jangan terburu-buru memilih rumah sakit. Dokter yang sama mungkin saja bisa praktek di 2-3 rumah sakit yang berbeda. Jadi, bandingkan jumlah biaya lalu tentukan rumah sakit yang masuk dengan budget Ibu.
  3. Daripada membeli, Ibu juga bisa membuat makanan beku sendiri, lho.  Selain hemat, Ibu pun jadi bisa mengatur kandungan nutrisinya juga.  Saat ini, sudah banyak kok, buku resep khusus makanan beku yang mudah dibuat.
  4. Ingin tetap bugar saat hamil? Tidak harus ikut kelas senam, kok. Ibu juga bisa berlatih dengan mengikuti video tutorial di YouTube, salah satunya Senam Segar Mama dari Frisian Flag.

Nah, sekarang sudah lebih lega kan, Bu? Selamat mencoba tips dari saya dan kalau punya tips lain, silahkan share di sini, ya!