Whatsapp Share Like Simpan

Saat menidurkan bayi, ada banyak cara yang dilakukan Ibu agar si Kecil cepat terlelap dan tidurnya lebih nyenyak. Salah satunya dengan memutar lagu pengantar tidur bayi yang bernuansa tenang atau bahkan ada pula Ibu yang menyanyikan sendiri lagu tersebut. Mungkin sebagian Ibu masih bertanya-tanya, apakah lagu membuat bayi tidur lebih nyenyak? Jawabannya iya. Dilansir dari laman resmi sleepbaby.org, musik memainkan peran penting untuk meningkatkan kualitas tidur bayi dengan baik. Namun, tidak semua jenis musik memiliki efek yang sama pada bayi. Hal tersebut berkaitan dengan jenis lagu dan kapan lagu tersebut diputar atau dinyanyikan. Selain itu, manfaat lagu pengantar tidur bayi juga dibenarkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Dalam laman resminya, WHO mengakui pentingnya musik untuk relaksasi, membantu tidur lebih cepat, dan membantu perkembangan otak bayi selama lebih dari 10 tahun. Itulah mengapa penting bagi Ibu untuk memilih lagu pengantar tidur bayi yang tepat agar si Kecil merasa nyaman jelang waktu tidurnya. Ada beberapa genre musik dalam lagu pengantar tidur bayi yang bisa membuat si Kecil lebih rileks, di antaranya:

Rekomendasi Lagu Pengantar Tidur Bayi

Sebenarnya Ibu bisa memilih lagu pengantar tidur bayi sesuai dengan rekomendasi jenis musik yang telah disebutkan di atas. Meskipun lagunya bukan berkaitan dengan bayi, Ibu tetap bisa menggunakan satu lagu yang memiliki irama mengayun agar membuat si Kecil lebih rileks. Namun, di bawah ini ada beberapa rekomendasi lagu pengantar tidur bayi yang sering jadi pilihan, di antaranya:

  1. Lagu nina bobo

    Lagu pengantar tidur bayi yang paling populer di kalangan Ibu-ibu Indonesia adalah nina bobo. Lagu ini sudah ada sejak zaman dahulu dan sering dipilih untuk menidurkan si Kecil sambil mengayun atau menepuk punggungnya. 

  2. Lagu twinkle twinkle little star 

    Sama seperti nina bobo, twinkle twinkle little star termasuk lagu pengantar tidur bayi yang sering diputar atau dinyanyikan Ibu saat menidurkan si Kecil. Lagu ini memiliki irama yang mengalun indah sehingga bisa membuat si Kecil lebih rileks.

  3. Lagu pelangi pelangi 

    Lagu pelangi pelangi tidak hanya bisa dinyanyikan saat si Kecil bermain lho, Bu. Pelangi pelangi juga bisa menjadi lagu pengantar tidur bayi karena alunan musiknya yang menenangkan. 

  4. Lagu you are my sunshine 

    You are my sunshine, my only sunshine. You make me happy when skies are grey. Ibu familiar dengan lirik lagu ini? Yup! lagu ini sering dibawakan dalam berbagai acara anak yang menyenangkan. Meskipun bernada gembira, you are my sunshine bisa menjadi lagu pengantar tidur bayi yang tepat. Ibu bisa menyanyikannya sendiri dengan suara yang lembut sambil menepuk punggung si Kecil supaya lebih nyaman. 

  5. Lagu Lelo ledhung

    Ibu ingin memutar lagu pengantar tidur bayi dengan genre tradisional? Nah, lagu lelo ledhung bisa menjadi pilihan yang tepat. Lagu ini memiliki alunan musik yang pelan dan lembut sehingga membuat si Kecil lebih mudah terlelap. Lelo ledhung termasuk lagu tradisional yang sering dipilih para Ibu di masyarakat Jawa.

    Baca juga: Manfaat Asam Amino Esensial (9AAE) Untuk Pertumbuhan Anak

  6. Lagu ayun ambing

    Selain lelo ledhung, ayun ambing juga termasuk lagu tradisional dari Sunda yang bisa dijadikan lagu pengantar tidur bayi agar mudah terlelap. Ibu dapat memutar atau menyanyikan lagu ayun ambing dengan mengayunkan si Kecil secara perlahan. 

  7. Lagu tik tik bunyi hujan

    Selain identik sebagai lagu anak-anak, tik tik bunyi hujan juga bisa dijadikan lagu pengantar tidur bayi yang dapat Ibu nyanyikan agar si Kecil lebih cepat tertidur. 

  8. Lagu row, row, row your boat 

    Mirip seperti twinkle twinkle little star, lagu row row row your boat juga memiliki irama yang lembut dan menenangkan sehingga sering disebut sebagai nursery rhymes, yaitu lagu pengantar tidur bayi yang berasal dari puisi-puisi singkat yang dibuat dengan irama. 

  9. Lagu when you wish upon a star 

    When you wish upon a star merupakan salah satu lagu latar di film animasi Disney dengan alunan musik genre klasik, sehingga sangat cocok dijadikan lagu pengantar tidur bayi supaya si Kecil lebih cepat terlelap dan tidurnya pun nyenyak. 

Itulah beberapa rekomendasi lagu pengantar tidur bayi yang bisa Ibu pilih saat hendak menidurkan si Kecil. Selain memutar atau menyanyikan lagu tersebut, Ibu juga perlu melakukan cara lain untuk membantu si Kecil terlelap lebih cepat.

Cara Agar Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Salah satu tantangan Ibu yang memiliki bayi adalah waktu tidur yang tak menentu setiap harinya, terkadang si Kecil terlelap di siang hari dan terbangun di malam hari. Pola tidur yang belum jelas ini diakibatkan oleh kemampuan bayi yang belum bisa membedakan siang dan malam hari. Akibatnya, si Kecil akan tidur lebih lama di siang hari dan lebih aktif di malam hari. Kondisi tersebut tentu bisa mengganggu waktu istirahat Ibu di malam hari. Untuk mengantisipasi hal ini, ada beberapa cara agar bayi tidur lebih nyenyak, antara lain:

  • Ciptakan kebiasaan tidur yang membuat si Kecil lebih nyaman
  • Putar atau nyanyikan lagu pengantar tidur bayi sebelum si Kecil terlelap
  • Ajak si Kecil lebih aktif di siang hari
  • Pijat badan si Kecil dengan lembut sebelum tidur
  • Tenangkan bayi ketika menangis

Selain cara di atas, Ibu juga perlu memenuhi kebutuhan ASI si Kecil agar ia merasa kenyang dan mudah terlelap di malam hari. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk meningkatkan kualitas ASI dengan mengonsumsi Frisian Flag MAMA sebagai tambahan nutrisi untuk melengkapi kebutuhan gizi harian. Frisian Flag MAMA mengandung protein, serat pangan, vitamin B9 (asam folat), zat besi, dan kalsium untuk mendukung kesehatan Ibu dan si Kecil.