Saat menidurkan bayi, lagu pengantar tidur bayi menjadi salah satu dari sekian banyak cara andalan yang dilakukan Ibu agar si Kecil cepat terlelap dan tidurnya lebih nyenyak. Biasanya lagu pengantar tidur bayi pilihan Ibu tentunya yang bernuansa tenang atau bahkan ada pula Ibu yang menyanyikan sendiri lagu tersebut. Mungkin sebagian Ibu masih bertanya-tanya, apakah lagu membuat bayi tidur lebih nyenyak? Jawabannya iya. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Dilansir dari laman resmi sleepbaby.org, musik memainkan peran penting untuk meningkatkan kualitas tidur bayi dengan baik. Namun, tidak semua jenis musik memiliki efek yang sama pada bayi. Hal tersebut berkaitan dengan jenis lagu dan kapan lagu tersebut diputar atau dinyanyikan. 

Selain itu, manfaat lagu pengantar tidur bayi juga dibenarkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Dalam laman resminya, WHO mengakui pentingnya musik untuk relaksasi, membantu tidur lebih cepat, dan membantu perkembangan otak bayi selama lebih dari 10 tahun. 

Itulah mengapa penting bagi Ibu untuk memilih kumpulan lagu pengantar tidur bayi yang tepat agar si Kecil merasa nyaman jelang waktu tidurnya. Ada beberapa genre musik dalam lagu pengantar tidur bayi yang bisa membuat si Kecil lebih rileks, di antaranya:

  • Musik klasik
    Musik klasik identik dengan nada-nada yang harmonis, teratur, dan berulang. Banyak ahli yang menyebutkan bahwa kombinasi ketiga nada ini membuat alunan nada musik klasik terdengar mirip dengan ritme gerak janin dalam kandungan.
  • Musik jazz
    Musik jazz memiliki ciri khas irama yang mengalun lembut. Dengan ciri khas tersebut, musik ini bisa membuat detak jantung si Kecil perlahan melambat sehingga ia pun lebih tenang dan mudah mengantuk. 
  • Musik tradisional
    Alunan irama angklung, gamblang, dan alat musik tradisional lainnya bisa menjadi lagu pengantar tidur bayi yang tepat karena dapat mengundang rasa kantuk lebih cepat.
  • Musik pop
    Meskipun alunan nadanya tidak begitu teratur seperti musik klasik, namun musik pop juga bisa jadi lagu pengantar tidur bayi lho, Bu. Pilihlah musik pop dengan alunan yang mengayun dan santai agar si Kecil merasa rileks.
  • Instrumen alat musik
    Saat kita mendengarkan instrumen alat musik yang mengayun, biasanya akan muncul rasa nyaman dan rileks, bukan? Nah, bayi pun akan merasakan hal serupa. Oleh karenanya, Ibu bisa memilih instrumen alat musik sebagai lagu supaya bayi cepat tidur.

Rekomendasi Lagu Pengantar Tidur Bayi

Rekomendasi lagu pengantar tidur bayi

Sebenarnya Ibu bisa memilih lagu pengantar tidur bayi sesuai dengan rekomendasi jenis musik yang telah disebutkan di atas. Meskipun lagunya bukan berkaitan dengan bayi, Ibu tetap bisa menggunakan satu lagu yang memiliki irama mengayun agar membuat si Kecil lebih rileks. Bahkan, Ibu juga bisa memasangkan lagu anak Indonesia lho.

Artikel Sejenis

Namun, di bawah ini ada beberapa rekomendasi dari kumpulan lagu pengantar tidur bayi yang sering jadi pilihan, di antaranya:

  1. Lagu nina bobo

    Lagu pengantar tidur bayi yang paling populer di kalangan Ibu-ibu Indonesia adalah nina bobo. Lagu ini sudah ada sejak zaman dahulu dan sering dipilih untuk menidurkan si Kecil sambil mengayun atau menepuk punggungnya. 
  2. Lagu twinkle twinkle little star

    Sama seperti nina bobo, twinkle twinkle little star termasuk lagu pengantar tidur bayi yang sering diputar atau dinyanyikan Ibu saat menidurkan si Kecil. Lagu ini memiliki irama yang mengalun indah sehingga bisa membuat si Kecil lebih rileks.
  3. Lagu pelangi pelangi

    Lagu pelangi pelangi tidak hanya bisa dinyanyikan saat si Kecil bermain lho, Bu. Pelangi pelangi juga bisa menjadi lagu pengantar tidur bayi karena alunan musiknya yang menenangkan. 
  4. Lagu you are my sunshine

    You are my sunshine, my only sunshine. You make me happy when skies are grey. Ibu familiar dengan lirik lagu ini? Yup! lagu ini sering dibawakan dalam berbagai acara anak yang menyenangkan. Meskipun bernada gembira, you are my sunshine bisa menjadi lagu pengantar tidur bayi yang tepat. Ibu bisa menyanyikannya sendiri dengan suara yang lembut sambil menepuk punggung si Kecil supaya lebih nyaman. 
  5. Lagu Lelo ledhung

    Ibu ingin memutar lagu pengantar tidur bayi dengan genre tradisional? Nah, lagu lelo ledhung bisa menjadi pilihan yang tepat. Lagu ini memiliki alunan musik yang pelan dan lembut sehingga membuat si Kecil lebih mudah terlelap. Lelo ledhung termasuk lagu tradisional yang sering dipilih para Ibu di masyarakat Jawa sebagai lagu supaya bayi cepat tidur.

  6. Lagu ayun ambing

    Selain lelo ledhung, ayun ambing juga termasuk lagu tradisional dari Sunda yang bisa dijadikan lagu pengantar tidur bayi agar mudah terlelap. Ibu dapat memutar atau menyanyikan lagu ayun ambing dengan mengayunkan si Kecil secara perlahan. 

  7. Lagu tik tik bunyi hujan

    Selain identik sebagai lagu anak-anak, tik tik bunyi hujan juga bisa dijadikan lagu pengantar tidur bayi yang dapat Ibu nyanyikan agar si Kecil lebih cepat tertidur. 

  8. Lagu row, row, row your boat

    Mirip seperti twinkle twinkle little star, lagu row row row your boat juga memiliki irama yang lembut dan menenangkan sehingga sering disebut sebagai nursery rhymes, yaitu lagu pengantar tidur bayi yang berasal dari puisi-puisi singkat yang dibuat dengan irama. 
  9. Lagu when you wish upon a star

    When you wish upon a star merupakan salah satu lagu latar di film animasi Disney dengan alunan musik genre klasik, sehingga sangat cocok dijadikan lagu pengantar tidur bayi supaya si Kecil lebih cepat terlelap dan tidurnya pun nyenyak. 
  10. Lagu somewhere over the rainbow

    Lagu ini juga merupakan lagu balada klasik yang menjadi soundtrack film lawas Wizard Of Oz. Lagu ini memiliki nada yang mengalun lembut dan indah. Sambil menyanyikan lagu ini untuk si Kecil, Ibu bisa sekalian bernostalgia sambil membayangkan kisah dongeng semasa Ibu kecil.

Itulah beberapa rekomendasi lagu pengantar tidur bayi yang bisa Ibu pilih saat hendak menidurkan si Kecil. Selain memutar atau menyanyikan lagu tersebut, Ibu juga perlu melakukan cara lain untuk membantu si Kecil terlelap lebih cepat.

Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak

Cara agar bayi tidur nyenyak - ibudanbalita

Salah satu tantangan Ibu yang memiliki bayi adalah waktu tidur yang tak menentu setiap harinya, terkadang si Kecil terlelap di siang hari dan terbangun di malam hari. Pola tidur yang belum jelas ini diakibatkan oleh kemampuan bayi yang belum bisa membedakan siang dan malam hari. 

Akibatnya, si Kecil akan tidur lebih lama di siang hari dan lebih aktif di malam hari. Kondisi tersebut tentu bisa mengganggu waktu istirahat Ibu di malam hari. Untuk mengantisipasi hal ini, ada beberapa cara agar bayi tidur lebih nyenyak, antara lain:

  • Ciptakan kebiasaan tidur yang membuat si Kecil lebih nyaman
  • Putar atau nyanyikan lagu pengantar tidur bayi sebelum si Kecil terlelap
  • Ajak si Kecil lebih aktif di siang hari
  • Pijat badan si Kecil dengan lembut sebelum tidur
  • Tenangkan bayi ketika menangis

Penyebab Bayi Sulit Tidur

Meski Ibu tentu lebih membutuhkan tips atau informasi seputar cara membuat bayi tidur lelap, namun penting juga bagi Ibu untuk tahu apa sebenarnya penyebab yang membuat bayi kecil Ibu sulit untuk tidur lelap. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab bayi sulit tidur.

  1. Jam biologis siang dan malam yang tertukar

    Menurut informasi yang didapat dari Healthline.com tanda yang bisa Ibu perhatikan adalah bayi cenderung tertidur pulas hingga berjam-jam pada siang hari namun sangat aktif dan rewel pada malam hari. Meskipun hal ini hanya sementara tapi rasanya cukup melelahkan ya, Bu. Ibu bisa menyiasatinya dengan mencoba tidak menidurkan bayi terlalu banyak pada siang hari, dan kurangi aktivitas di sekitarnya ketika malam hari dengan memadamkan lampu. Lakukan secara bertahap untuk mengenalkan konsep siang dan malam padanya.

  2. Bayi mengalami kolik

    Kolik adalah gangguan pencernaan yang cenderung dialami bayi usia 0-3 bulan. Karena pencernaan bayi belum sempurna, ada kalanya mereka mengalami kolik yang membuat perut mereka terasa kembung atau tidak nyaman hingga sulit untuk tertidur lelap.

  3. Bayi ingin dekat-dekat dengan Ibu

    Pernahkah Ibu mengalami ketika bayi Ibu kerap terbangun ketika Ibu beranjak dari sisinya? Ini adalah hal yang lumrah terjadi pada bayi. Bayangkan selama 9 bulan dalam rahim Ibu, ia selalu merasakan kehangatan Ibu, mendengar detak jantung Ibu, sehingga Ibu menjadi sosok yang membuat ia merasa nyaman.

  4. Bayi Ibu lapar

    Selain itu salah satu faktor yang membuat bayi sulit tidur lelap adalah ketika ia dalam kondisi lapar atau mendapatkan cukup ASI. Jadi, pastikan Ibu memberikan asupan ASI yang cukup untuk si Kecil agar ia bisa tertidur lelap dan tidak mudah terbangun ya, Bu. 

Itulah beberapa lagu pengantar tidur bayi yang bisa Ibu gunakan agar si Kecil tidur dengan nyenyak. Tidur yang berkualitas memang sangat dibutuhkan si Kecil agar tumbuh kembangnya bisa prima ya, Bu. 

Selain kualitas tidur, Ibu juga perlu memerhatikan kualitas ASI agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik. Agar kualitas ASI Ibu meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, pastikan Ibu mendapatkan 500 kalori tambahan setiap harinya (AKG 2019) begitu juga tambahan nutrisi penting lainnya. 

Selain dari makanan, Ibu juga perlu mengonsumsi susu yang mengandung 9AAE (9 Asam Amino Esensial – protein penting dalam bentuk siap diserap oleh tubuh untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otak dan tulang janin serta menjaga kesehatan ibu) dan 9 nutrisi penting lainnya seperti: tinggi asam folat, omega 3 (ALA)/DHA, Omega 6 (LA), tinggi zat besi, sumber serat pangan inulin, tinggi vitamin C, sumber protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tambahan selama masa menyusui. 

Semua nutrisi di atas Ibu bisa dapatkan dengan rutin mengonsumsi 2 gelas susu Frisian Flag PRIMAMUM setiap harinya karena Susu Frisian Flag PRIMAMUM memiliki kandungan DHA, 9AAE dan 9 nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh ibu selama masa menyusui. Bahkan kandungan DHA dalam Frisian Flag PRIMAMUM tertinggi dibandingkan dengan susu sejenisnya. DHA ditambahkan untuk mendukung pertumbuhan otak si Kecil di periode 1000 Hari Pertama Kehidupannya.

Semoga informasi seputar lagu pengantar tidur bayi ini bisa bermanfaat dan membantu Ibu untuk membuat bayi kesayangan Ibu jadi mudah tertidur lelap ya, Bu!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.