Whatsapp Share Like Simpan

Ibu mungkin sudah jarang mendengar lagu anak-anak yang dinyanyikan secara bebas di masa sekarang. Saat ini justru lebih banyak lagu-lagu bertema cinta yang justru liriknya tidak ‘ramah’ terhadap anak-anak. Namun, Ibu tidak perlu khawatir karena sebenarnya masih banyak lagu anak Indonesia yang bisa dinyanyikan bersama si Kecil. 

Bahkan, lagu anak Indonesia ini juga bisa menjadi media untuk mengajarkan hal-hal sederhana dan mendasar dalam kehidupan sehari-hari. Lantas, apa saja lagu anak Indonesia yang bisa Ibu nyanyikan bersama si Kecil? Simak rekomendasinya di bawah ini, yuk!

Kumpulan Lagu Anak Indonesia dari Dulu Hingga Sekarang

Berikut ini rekomendasi lagu anak Indonesia yang sangat populer dan bisa dinyanyikan bersama si Kecil, antara lain:

  1. Lagu Bintang Kecil

    Lagu anak Indonesia ini pasti sudah tidak asing di telinga Ibu, kan? Mungkin sebagian orang menyangka lagu anak Indonesia yang satu ini diciptakan oleh Pak Kasur atau Ibu Sud. Padahal, pencipta asli dari lagu anak Indonesia ini adalah Raden Gerardus Josep Daldjono Hadisudibjo atau biasa dikenal dengan sapaan Pak Dal.

    Lagu anak Indonesia ini mengenalkan tentang bintang-bintang dan benda di luar angkasa. Lagu ini cocok dinyanyikan di malam hari sambil minum susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

    Artikel Sejenis

    Berikut ini lirik lagu bintang kecil:

    Bintang kecil, di langit yang tinggi

    Amat banyak, menghias angkasa

    Aku ingin terbang dan menari

    Jauh tinggi ke tempat kau berada…  

  2. Lagu Kasih Ibu

    Lagu anak Indonesia selanjutnya yaitu kasih Ibu yang diciptakan oleh SM Mochtar. Lirik lagu ini menceritakan kasih sayang seorang Ibu kepada anak.

    Berikut ini lirik lagu kasih Ibu:

    Kasih Ibu, kepada beta..

    Tak terhingga sepanjang masa

    Hanya memberi, tak harap kembali

    Bagai Sang Surya menyinari dunia

  3. Lagu Balonku

    Lagu Anak Indonesia yang tak kalah populer adalah balonku yang diciptakan oleh AT Mahmud. Lagu ini mengenalkan si Kecil tentang warna-warna dasar dan angka dengan cara yang menarik.

    Berikut ini lirik lagu balonku:

    Balonku ada 5

    Rupa-rupa warnanya

    Hijau kuning kelabu

    Merah muda dan biru

    Meletus balon hijau, Dor!

    Hatiku sangat kacau

    Balonku tinggal 4

    Ku pegang erat-erat

  4. Lagu Pelangi

    AT Mahmud juga menciptakan lagu anak Indonesia lainnya, yaitu lagu pelangi. Lagu ini mengenalkan si Kecil mengenai keindahan pelangi sebagai ciptaan Tuhan. Selain itu, lagu ini juga mengenalkan warna-warna dasar pelangi. 

    Berikut ini lirik lagu pelangi: 

    Pelangi-pelangi

    Alangkah indahmu

    Merah kuning hijau

    Di langit yang biru

    Pelukismu Agung

    Siapa gerangan

    Pelangi-pelangi

    Ciptaan Tuhan

  5. Lagu Lihat Kebunku

    Lagu anak Indonesia selanjutnya yang bisa Ibu nyanyikan bersama si Kecil yaitu lagu lihat kebunku yang diciptakan oleh Saridjah Niung atau Ibu Soed. Lagu anak Indonesia ini menceritakan tentang keindahan kebun, mengenal bunga dan warnanya.

    Berikut ini lirik lagu lihat kebunku:

    Lihat kebunku

    Penuh dengan bunga

    Ada yang putih dan ada yang merah

    Setiap hari kusimpan semua

    Mawar melati

    Semuanya indah

  6. Lagu Bangun Tidur

    Salah satu kebiasaan baik yang bisa Ibu ajarkan kepada si Kecil yaitu dengan mengenalkan lagu anak Indonesia berjudul ‘bangun tidur’. Lagu anak Indonesia ini diciptakan oleh Pak Soerjono atau lebih dikenal dengan sapaan Pak Kasur.

    Lagu anak Indonesia ini mengajarkan kebiasaan baik setelah bangun tidur dan budi pekerti seorang anak kepada orang tua.

    Berikut ini lirik lagu bangun tidur:

    Bangun tidur ku terus mandi

    Tidak lupa menggosok gigi

    Habis mandi, ku tolong Ibu

    Membersihkan tempat tidurku

  7. Lagu Sayang Semuanya

    Pak kasur juga menciptakan lagu anak Indonesia yang tak kalah populer yaitu lagu sayang semuanya. Lirik lagu ini mengenalkan si Kecil rasa sayang pada keluarga, terutama untuk Ibu, ayah, dan adik kakak. Selain itu, lagu ini juga sekaligus mengenalkan si Kecil terhadap angka dan cara berhitung.

    Berikut ini lirik lagu sayang semuanya:

    Satu satu aku sayang Ibu

    Dua dua juga sayang Ayah

    Tiga tiga sayang adik kakak

    Satu dua tiga

    Sayang semuanya

  8. Lagu Ambilkan Bulan Bu

    Lagu anak Indonesia yang berjudul ‘ambilkan bulan bu’ ini termasuk ke dalam lagu pengantar tidur yang diciptakan oleh Abdullah Totong Mahmud. Lagu ini mengenalkan si Kecil tentang benda di luar angkasa, khususnya bulan. Sama seperti lagu bintang kecil, lagu ini juga cocok dinyanyikan di malam hari sebelum tidur sambil ditemani minum susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

    Berikut ini lirik lagu ambilkan bulan bu:

    Ambilkan bulan bu…

    Ambilkan bulan bu…

    Yang selalu bersinar di langit

    Di Langit, bulan benderang

    Cahayanya sampai ke bintang

    Ambilkan bulan bu…

    Untuk menerangi

    Tidurku yang lelap di malam gelap

  9. Lagu Dua Mata Saya

    Lagu anak Indonesia lainnya yang diciptakan oleh Pak Kasur yaitu lagu berjudul ‘dua mata saya’. Lagu ini mengenalkan si Kecil dengan beberapa anggota tubuh, seperti hidung, telinga, dan mulut.

    Berikut ini lirik lagu dua mata saya:

    Dua mata saya

    Hidung saya satu

    Dua kaki saya, pakai sepatu baru

    Dua telinga saya yang kiri dan kanan

    Satu mulut saya

    Tidak berhenti makan

  10. Lagu Potong Bebek Angsa

    Lagu anak Indonesia yang satu ini pun tak kalah populer dan penciptanya yaitu Pak Kasur. Lagu ini menceritakan tentang ajakan untuk menari dan membuat si Kecil aktif bergerak.

    Berikut ini lirik lagu potong bebek angsa: 

    Potong bebek angsa masak di kuali

    Nona minta dansa, dansa empat kali

    Sorong ke kiri, sorong ke kanan

    La-la-la-la-la-la-la-la-la-la-la

    Soro ke kiri, sorong ke kanan

    La-la-la-la-la-la-la-la-la-la-la

  11. Lagu Topi Saya Bundar

    Lagu topi saya bundar termasuk lagu anak Indonesia yang tak kalah populer dan juga diciptakan oleh Pak Kasur. Lagu ini biasanya dinyanyikan sambil memperagakan beberapa gerakan, mulai dari menyentuh kepala, menunjuk dada, sampai menunjuk gerakan topik yang berbentuk bulat.

    Berikut ini lirik lagu topi saya bundar:

    Topi saya bundar

    Bundar topi saya

    Kalau tidak bundar

    Bukan topi saya

  12. Lagu Baby Shark

    Meskipun baby shark bukan lagu asli Indonesia, tetapi lagu dari luar negeri ini cukup populer dan terkenal di kalangan anak-anak Indonesia. Lagu ini diciptakan oleh Robin Davies. Ibu pasti sudah tidak asing dengan liriknya, kan? Bahkan, banyak anak yang ikut semangat dan berjoget dengan riang saat mendengarkan lagu ini. 

    Berikut ini lirik lagu baby shark: 

    Baby shark, doo, doo, doo, doo, doo, doo

    Baby shark, doo, doo, doo, doo, doo, doo

    Baby shark, doo, doo, doo, doo, doo, doo

    Baby shark

    Mommy shark, doo, doo, doo, doo, doo, doo

    Mommy shark, doo, doo, doo, doo, doo, doo

    Mommy shark, doo, doo, doo, doo, doo, doo

    Mommy shark

  13. Lagu Naik Kereta Api

    Nah, lagu anak Indonesia yang tak kalah populer yaitu lagu berjudul naik kereta api yang diciptakan oleh Ibu Saridjah Niung atau Ibu Soed. Ternyata lagu ini sudah diperdengarkan secara luas sejak tahun 1960-an lho, Bu.

    Berikut ini lirik lagu naik kereta api:

    Naik kereta api tut tut tut

    Siapa hendak turun

    Ke Bandung Surabaya

    Bolehlah naik dengan percuma

    Ayo temanku lekas naik

    Keretaku tak berhenti lama

  14. Lagu Nama-nama Hari

    Satu lagi lagu anak Indonesia yang cukup populer dan diciptakan oleh Pak Kasur yaitu lagu nama-nama hari. Lagu ini bisa menjadi media untuk mengenalkan nama-nama hari sekaligus mengajak si Kecil agar rajin belajar supaya pintar.

    Berikut ini lirik lagu nama-nama hari:

    Senin, selasa, rabu, kamis,

    Jum’at, sabtu, minggu

    Itu nama-nama hari

    Rajin belajar, lekas pintar

    Anak yang pemalas

    Tidak naik kelas 

Setelah mengetahui beragam lagu anak Indonesia, sekarang giliran Ibu untuk menyanyikannya bersama si Kecil, ya. Ini karena bernyanyi bisa menjadi salah satu stimulasi yang dapat mengasah keterampilan si Kecil dengan baik.

Tak hanya fokus pada stimulasi, Ibu juga perlu memberikan si Kecil asupan nutrisi berkualitas dari makanan bergizi seimbang, seperti susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap, serta didukung dengan nutrisi untuk meningkatkan perkembangan otak dan akal kreatif si Kecil, di antaranya DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi.

Tahukah Ibu, 9 Asam Amino Esensial (9AAE) merupakan asupan nutrisi yang wajib dipenuhi selama masa pertumbuhan dan perkembangan agar si Kecil lebih prima. Asupannya pun harus dipenuhi secara lengkap dari protein hewani seperti susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. Jika si Kecil kekurangan asupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE), maka tumbuh kembangnya akan terhambat. Penelitian dari J.Nutr yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan 1 jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan, termasuk potensi tinggi badan, tingkat kecerdasan, dan daya tahan tubuh sebanyak -34%. Bahkan, kekurangan semua jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan hormon pertumbuhan tersebut sebanyak -50%.

Susu pertumbuhan ini pun diperkaya 5 nutrisi penting lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi yang dikombinasikan dengan 9 Asam Amino Esensial (9AAE), serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil. Dengan begitu, si Kecil akan tumbuh lebih kreatif, tangguh, percaya diri.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz