Usia 8 bulan merupakan usia di mana keterampilan si Kecil semakin berkembang. Tak jarang orang tua bertanya-tanya seperti apa ciri bayi cerdas usia 8 bulan. Memiliki bayi yang cerdas tentunya menjadi impian setiap orang tua. Demi mendukung kecerdasan si Kecil, pastikan Ibu rutin minum susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung tinggi DHA yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. Dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil dengan Frisian Flag PRIMAMUM.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Pada usia 8 bulan bayi umumnya sudah mulai aktif bergerak dan mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Lantas, bagaimana cara mengenali ciri bayi cerdas usia 8 bulan dan cara untuk merangsang kecerdasannya? Simak pembahasan di bawah ini yuk, Bu!

Ciri Bayi Cerdas Usia 8 Bulan

Kecerdasan bayi merupakan kombinasi dari faktor bawaan dan pengaruh lingkungan. Faktor genetik yang diwariskan dari orang tua memiliki peran penting dalam menentukan kecerdasan anak.

Namun, faktor lingkungan juga memainkan peran yang tak kalah penting. Orang tua dapat memaksimalkan potensi kecerdasan si Kecil dengan memperhatikan asupan gizi, kesehatan, dan stimulasi yang optimal.

Ciri bayi cerdas usia 8 bulan bisa dikenali dari tahap tumbuh kembang si Kecil. Berikut ini ciri-ciri yang bisa Ibu kenali:

Artikel Sejenis

  1. Keterampilan Motorik Meningkat
  2. Salah satu ciri bayi cerdas usia 8 bulan yang utama yaitu memiliki keterampilan motorik yang lebih baik daripada bayi seusianya. Si Kecil akan mampu berguling dua arah, menarik diri ke posisi berdiri, dan berusaha berjalan dengan bantuan. 

    Perkembangan bayi 8 bulan yang cerdas tak cukup sampai di situ. Si Kecil juga memiliki koordinasi tangan dan mata yang baik, sehingga ia bisa memegang, menggenggam, dan memasukkan benda ke mulutnya dengan presisi.

  3. Lebih Peka terhadap Lingkungan
  4. Tingkat kepekaan terhadap lingkungan di sekitar juga menjadi ciri bayi cerdas usia 8 bulan. Pada usia ini, si Kecil sudah mulai bisa membedakan antara hal yang familiar dan asing baginya.

    Si Kecil akan menoleh ke arah suara yang familiar, seperti suara orang tua atau mainan favoritnya. Sebagai contoh, si Kecil akan memberikan respon seperti tersenyum ketika Ibu memanggil namanya.

  5. Daya Ingat yang Kuat
  6. Memiliki daya ingat yang kuat adalah ciri bayi cerdas usia 8 bulan yang berikutnya. Si Kecil akan dapat mengingat wajah, suara, atau aktivitas yang telah dialami sebelumnya.

    Misalnya, si Kecil akan bisa mengenali wajah orang tua dan orang-orang terdekatnya. Bahkan, si Kecil tak segan untuk menatap mata saat diajak bicara.

  7. Suka Berekspresi
  8. ciri bayi cerdas usia 8 bulan suka berkekspresi - ibudanbalita

    Si Kecil lebih aktif berkomunikasi dengan menggunakan ekspresi wajah, suara, dan bahasa tubuhnya? Itu juga bisa menjadi ciri bayi cerdas usia 8 bulan yang berikutnya. 

    Meskipun belum bisa berbicara dengan kata-kata, bayi cerdas pada usia 8 bulan mungkin telah mengembangkan bahasa tubuh yang ekspresif. Si Kecil akan menggunakan gerakan tubuh, mimik wajah, dan suara untuk berkomunikasi.

  9. Responsif terhadap Stimulus
  10. Pada usia 8 bulan, kecerdasan Si Kecil terlihat dari responnya yang sigap terhadap stimulasi dari orang tua dan lingkungan. Si Kecil mampu memberikan reaksi tepat, seperti tersenyum, tertawa, menangis, atau menggelengkan kepala.

    Ibu juga akan melihat ciri bayi cerdas usia 8 bulan yang sudah bisa mengikuti arahan sederhana, seperti mengangguk, melambaikan tangan, atau menunjuk benda.

    Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Bayi Usia 8 Bulan

  11. Menunjukkan Emosi yang Beragam
  12. Ciri bayi cerdas usia 8 bulan lainnya yaitu memiliki kemampuan dalam mengekspresikan dan memahami emosi. Kemampuan ini jauh lebih kompleks dan beragam dibandingkan usia sebelumnya. 

    Pada usia ini, si Kecil akan mampu mengenali dan merespons emosi orang lain dengan lebih baik. Si Kecil juga mulai bisa mengekspresikan perasaannya sendiri secara lebih jelas.

  13. Memiliki Fokus yang Tinggi
  14. Ciri bayi cerdas berusia 8 bulan selanjutnya umumnya memiliki fokus yang tinggi dibandingkan teman sebayanya, seperti yang dikutip dari First Cry Parenting. Si Kecil akan mampu berfokus terhadap sesuatu yang menarik perhatiannya. 

    Meskipun fokusnya tinggi, bayi usia ini juga mudah teralihkan oleh hal baru yang menarik. Contohnya, si Kecil mungkin akan berhenti memperhatikan mainan saat mendengar suara yang menarik.

  15. Selalu Ingin Tahu
  16. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap hal-hal baru juga termasuk salah satu ciri bayi cerdas usia 8 bulan. Si Kecil akan suka mengeksplorasi, bereksperimen, dan berimajinasi.

Jika si Kecil menunjukkan ciri bayi cerdas usia 8 bulan di atas, Ibu perlu memberikan dukungan dan stimulasi yang optimal untuk mengembangkan potensi kecerdasannya. 

Baca juga: Cara Atasi Bayi 8 Bulan Belum Bisa Duduk yang Perlu Dilakukan

Cara Merangsang Kecerdasan Bayi Usia 8 Bulan

cara merangsang kecerdasan bayi usia 8 bulan - ibudanbalita

Memberikan stimulasi yang tepat sangat penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan bayi.

  1. Memberikan ASI
  2. ASI adalah sumber gizi terbaik untuk bayi, karena mengandung berbagai zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. ASI juga mengandung antibodi yang melindungi bayi dari infeksi dan alergi.

    World Health Organization (WHO) menyarankan Ibu untuk memberikan ASI eksklusif hingga si Kecil mencapai usia 6 bulan dan melanjutkannya hingga si Kecil berusia 2 tahun.

  3. Memberikan MPASI yang Seimbang
  4. Selain ASI, MPASI adalah nutrisi yang perlu kepada bayi mulai usia 6 bulan. MPASI harus bervariasi dan bergizi, termasuk sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat. 

    MPASI juga harus sesuai dengan kemampuan makan bayi, seperti tekstur, rasa, dan porsi. Memberikan MPASI bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi si Kecil yang semakin meningkat seiring dengan pertumbuhannya.

  5. Memberikan Stimulasi yang Sesuai
  6. Stimulasi merupakan aktivitas yang diberikan kepada bayi untuk merangsang kemampuan dan potensinya. Stimulasi ini bisa berupa aktivitas fisik, mental, sosial, atau emosional. 

    Memberikan stimulasi yang sesuai dengan usia dan tahap perkembangan bayi bisa membantu meningkatkan kecerdasan. Ibu perlu sering mengajak si Kecil berbicara, bernyanyi, atau berinteraksi dengan teman sebayanya.

  7. Memberikan Mainan Edukatif
  8. Selain stimulasi, mainan juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan bayi usia 8 bulan. Mainan edukatif bisa membantu si Kecil mengembangkan kemampuan motorik, sensorik, kognitif, dan sosialnya.

    Namun, tidak semua mainan cocok untuk bayi usia 8 bulan. Ibu harus memilih mainan edukatif yang sesuai dengan usia dan tahap perkembangan si Kecil, seperti mainan balok, bola warna, pop it, alat musik, dan lain sebagainya.

    Baca juga: Rekomendasi Mainan Bayi Sesuai Usia Beserta Manfaatnya

Itulah sejumlah ciri bayi cerdas usia 8 bulan dan cara merangsang kecerdasan si Kecil yang perlu Ibu ketahui. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa pemberian ASI merupakan salah satu cara merangsang kecerdasan si Kecil.

Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu! 

Pantau terus tumbuh kembang si kecil dengan menggunakan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima. Fitur ini dapat memudahkan Ibu untuk mengetahui berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar perut, indeks massa tubuh, dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan. Fitur ini didukung oleh grafik pertumbuhan dari WHO, sehingga Ibu bisa tahu seperti apa tumbuh kembang ideal bagi bayi dan anak-anak. Yuk, coba langsung fiturnya di sini

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan bergabung sebagai member Ibu dan Balita, Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Yuk, daftar sekarang!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.