Manfaat minyak ikan untuk anak dapat membantu menjaga kesehatan si Kecil dan mendukung proses tumbuh kembangnya dengan baik. Selain minyak ikan, Ibu juga bisa mendukung tumbuh kembangnya dengan memberikan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang bisa mendukung si Kecil tumbuh Cermat dan Kuat. Susu ini mengandung DHA lebih tinggi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya, serta 14 vitamin dan 9 mineral untuk bantu menjaga daya tahan tubuh dan mendukung si Kecil tumbuh cermat dan kuat.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Perlu Ibu ketahui, minyak ikan harus diberikan sesuai dengan takaran yang tepat apabila ingin mendapatkan manfaat minyak ikan untuk anak yang optimal. Sebab, konsumsi minyak ikan secara berlebihan pun tidak baik bagi kesehatan si Kecil.

Pemberian minyak ikan untuk anak bertujuan untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 dalam tubuh. Asam lemak omega 3 merupakan jenis asam lemak yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh untuk proses metabolisme. Namun sayangnya, asam lemak ini tidak diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga si Kecil perlu mendapatkannya dari sumber omega 3 yang berkualitas.

Asam lemak omega 3 paling banyak ditemukan pada berbagai jenis minyak, seperti minyak ikan, minyak nabati, minyak kanola, minyak biji rami, dan lainnya. Selain itu, asam lemak omega 3 juga dapat Ibu temukan dalam berbagai jenis ikan, mulai dari ikan salmon, tuna, makarel, sarden, hingga patin.

Berbicara mengenai manfaat minyak ikan untuk anak, maka Ibu juga perlu mengetahui fungsi dari asam lemak omega 3 itu sendiri. Secara keseluruhan, fungsi dari asam lemak omega 3 adalah berperan dalam menunjang kesehatan jantung, otak, dan metabolisme tubuh. Namun, asam lemak omega 3 terbagi lagi menjadi tiga jenis, dan masing-masing memiliki fungsi yang penting untuk tubuh, yaitu:

Artikel Sejenis

  • Docosahexaenoic acid (DHA), berperan dalam perkembangan otak agar berfungsi secara optimal. Ibu bisa membantu si Kecil mendapatkan asupan nutrisi tinggi DHA dalam segelas susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Tiap sajian susu pertumbuhan ini mengandung 16 mg DHA yang dapat mengoptimalkan fungsi otak si Kecil.
  • Alpha-linolenic acid (ALA), berperan sebagai energi yang banyak ditemukan dalam makanan nabati. ALA juga dapat diubah menjadi DHA atau EPA. Selain dari makanan, si Kecil bisa mendapatkan 93 mg kandungan ALA dari segelas susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+.
  • Eicosapentaenoic acid (EPA), berperan untuk membantu mengurangi peradangan dan mengurangi depresi. Asam lemak omega 3 ini banyak terkandung dalam lemak ikan tuna, salmon, dan makarel.

Manfaat Minyak Ikan untuk Anak Prima

Asam lemak omega 3 yang berasal dari minyak ikan memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan dengan asam lemak omega 3 dari sumber tumbuhan. Lantas, apa saja manfaat minyak ikan untuk anak? Berikut penjelasannya:

  1. Meningkatkan fungsi otak

    Manfaat minyak ikan untuk anak yang pertama yaitu dapat meningkatkan perkembangan otak agar dapat berfungsi dengan baik. Bahkan, kandungan asam lemak omega 3 dapat membantu proses pembentukan otak sejak si Kecil masih berada di dalam kandungan.

    Selain itu, minyak ikan untuk anak juga diketahui bermanfaat untuk mendukung kemampuan berpikir dan belajar serta meningkatkan daya konsentrasi si Kecil. 

  2. Membantu memperkuat tulang

    Ternyata manfaat minyak ikan untuk anak tak hanya penting untuk perkembangan otak, tetapi juga dapat membantu memperkuat tulang. Ini karena minyak ikan kaya akan vitamin D yang berperan untuk memperkuat tulang si Kecil. Kandungan omega-3 dalam minyak ikan juga sangat penting untuk menjaga kepadatan tulang si Kecil lho, Bu. 

  3. Mengurangi peradangan

    Manfaat minyak ikan untuk anak berikutnya dapat mengurangi nyeri sendi dan kekakuan pada si Kecil yang memiliki radang sendi. Selain itu, minyak ikan juga diketahui mengandung bahan anti radang yang dapat menurunkan senyawa sitokin. Sitokin adalah senyawa peradangan pada orang yang mengalami obesitas atau sedang stres. 

  4. Menjaga kesehatan mata

    Manfaat minyak ikan untuk anak selanjutnya sangat penting untuk menjaga kesehatan mata si Kecil. Kandungan DHA dalam minyak ikan sangat efektif untuk membantu meningkatkan penglihatan si Kecil. Apalagi minyak ikan kaya akan vitamin A, yang dikenal baik bagi kesehatan mata.

  5. Menjaga kesehatan kulit

    Manfaat minyak ikan untuk anak juga dapat menjaga kesehatan kulitnya, terutama pada anak yang mengalami eksim. Eksim adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami anak-anak dalam masa tumbuh kembangnya.

    Untuk mencegah dan mengatasi eksim pada si Kecil, Ibu bisa memberikan ia minyak ikan setiap hari dengan tetap menyesuaikan aturan minum minyak ikan untuk anak.

    Baca juga: Pentingnya 9 Asam Amino Esensial untuk Tumbuh Kembang Anak Lebih Optimal

  6. Mengurangi risiko terkena asma

    Manfaat minyak ikan untuk anak yang tak kalah penting yaitu dapat mengurangi risiko asma. Ini karena peran asam lemak omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan. Asma adalah kondisi kronis yang menyebabkan gejala-gejala seperti nyeri dada, kesulitan bernafas, batuk, dan mengi.

  7. Memperbaiki gejala ADHD

    ADHD atau attention deficit hyperactivity disorder adalah gangguan mental yang ditandai dengan gejala hiperaktivitas, impulsif, dan kesulitan untuk fokus pada anak. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa minyak ikan untuk anak dapat mengurangi gejala ADHD.

    Melansir laman resmi Mayo clinic, beberapa penelitian menunjukkan kandungan omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan dapat mengatasi anak hiperaktif, meningkatkan daya ingat, perhatian, konsentrasi, dan pembelajaran, yang biasanya dipengaruhi oleh ADHD. 

  8. Mengurangi risiko gangguan tidur

    Manfaat minyak ikan untuk anak lainnya adalah dapat menurunkan gangguan tidur. Perlu Ibu ketahui bahwa gangguan tidur sering menyerang 4 persen pada anak-anak.

    Melansir laman resmi Mayo Clinic, sebuah penelitian pada anak-anak yang mengonsumsi kadar omega 3 yang rendah justru memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami masalah tidur. Selain itu, Ibu dianjurkan memberikan DHA secara rutin sesuai batas normal dapat menurunkan gangguan tidur dan meningkatkan kualitas tidur lebih baik setiap malamnya.

    Asupan DHA juga bisa Ibu penuhi dari susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang mengandung DHA lebih tinggi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak si Kecil.

Baca juga: Ragam Manfaat Omega 3 untuk Anak Balita, Apa Saja?

Aturan Minum Minyak Ikan untuk Anak

Aturan minum minyak ikan untuk anak - ibudanbalita

Pemberian minyak ikan perlu disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan takaran yang tepat, agar manfaat minyak ikan untuk anak dapat terasa lebih optimal. National Institute of Health menyarankan dosis minyak ikan untuk anak 1 tahun per harinya adalah sebesar 0,5 gram, sedangkan anak yang berusia 1-3 tahun membutuhkan 0,7 gram minyak ikan per hari.

Perlu Ibu ketahui juga bahwa asupan minyak ikan untuk anak sebaiknya tidak diberikan kepada si Kecil yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti gangguan perdarahan, mengonsumsi obat pengencer darah, atau memiliki alergi terhadap ikan laut dan minyak ikan.

Meskipun ada banyak manfaat minyak ikan untuk anak, namun sebagian besar anak-anak justru tidak menyukainya karena minyak ikan memiliki rasa yang amis dan kurang enak. Oleh karena itu, Ibu perlu melakukan beberapa cara saat memberikan minyak ikan untuk anak, di antaranya:

  • Campurkan minyak ikan dengan madu supaya rasanya lebih manis dan tidak membuat si Kecil mual.
  • Bisa tambahkan minyak ikan ke dalam makanan kesukaan si Kecil. 
  • Pilihlah suplemen minyak ikan yang berbentuk tablet kunyah supaya lebih mudah untuk dikonsumsi.
  • Minyak ikan juga bisa diberikan bersamaan dengan minuman dengan rasa asam, seperti jeruk atau stroberi, agar rasa amisnya tidak begitu terasa.
  • Minyak ikan perlu diberikan secara rutin supaya si Kecil terbiasa dengan rasanya dan perlahan mau untuk mengonsumsinya.

Tahukah Ibu bahwa selain dari minyak ikan, DHA yang terkandung dalam omega 3 ternyata bisa ditemukan dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Sekitar 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA. Itulah sebabnya, si Kecil perlu mengonsumsi DHA yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nah, Ibu bisa mendapatkan DHA lebih tinggi dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk mendukung si Kecil tumbuh cermat dan kuat.

Selain itu, selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri.

Semua nutrisi penting ini bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang bisa mendukung si Kecil tumbuh Cermat dan Kuat. Selain mengandung DHA lebih tinggi serta 9AAE, susu ini juga dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3&6, Asam Sialat, dan Sphingomyelin tertinggi di kelasnya. Susu ini juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Untuk mencukupi kebutuhan gizi harian si Kecil secara tepat dan adekuat, ada baiknya Ibu menggunakan fitur Kalkulator Gizi dari Akademi Keluarga Prima. Pemberian gizi yang tepat dan adekuat sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si Kecil. Jadi, langsung cobain fiturnya sekarang juga ya, Bu.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.