Whatsapp Share Like Simpan

Minyak ikan untuk anak memiliki manfaat yang sangat banyak. Nutrisi ini dapat membantu menjaga kesehatan si Kecil dan mendukung proses tumbuh kembangnya dengan baik. Namun, perlu Ibu ketahui, pemberian Minyak ikan untuk anak harus sesuai dengan takaran yang tepat. Sebab, konsumsi minyak ikan secara berlebihan pun tidak baik bagi kesehatan si Kecil. 

Pemberian Minyak ikan untuk anak bertujuan untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 dalam tubuh. Asam lemak omega 3 merupakan jenis asam lemak yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh untuk proses metabolisme. Namun sayangnya, asam lemak ini tidak diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga si Kecil perlu mendapatkannya dari sumber omega 3 yang berkualitas

Asam lemak omega 3 paling banyak ditemukan pada berbagai jenis minyak, seperti minyak ikan, minyak nabati, minyak kanola, minyak biji rami, dan lainnya. Selain itu, asam lemak omega 3 juga dapat Ibu temukan dalam berbagai jenis ikan, mulai dari ikan salmon, tuna, makarel, sarden, hingga patin. 

Berbicara mengenai manfaat minyak ikan untuk anak, maka Ibu juga perlu mengetahui fungsi dari asam lemak omega 3 itu sendiri. Secara keseluruhan, fungsi dari asam lemak omega 3 adalah berperan dalam menunjang kesehatan jantung, otak, dan metabolisme tubuh. Namun, asam lemak omega 3 terbagi lagi menjadi tiga jenis, dan masing-masing memiliki fungsi yang penting untuk tubuh, yaitu:

  • Docosahexaenoic acid (DHA), berperan dalam perkembangan otak agar berfungsi secara optimal.
  • Eicosapentaenoic acid (EPA) yang berperan untuk membantu mengurangi peradangan dan mengurangi depresi.
  • Alpha-linolenic acid (ALA), berperan sebagai energi. ALA juga dapat diubah menjadi DHA atau EPA.

Manfaat Minyak ikan untuk anak

Asam lemak omega 3 yang berasal dari minyak ikan memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan dengan asam lemak omega 3 dari sumber tumbuhan. Lantas, apa saja manfaat Minyak ikan untuk anak? Berikut penjelasannya:

Artikel Sejenis

  1. Meningkatkan fungsi otak

    Manfaat Minyak ikan untuk anak yaitu dapat meningkatkan perkembangan otak agar dapat berfungsi dengan baik. Bahkan, kandungan asam lemak omega 3 dapat membantu proses pembentukan otak sejak si Kecil masih berada di dalam kandungan. Selain itu, Minyak ikan untuk anak juga diketahui bermanfaat untuk mendukung kemampuan berpikir dan belajar serta meningkatkan daya konsentrasi si Kecil. 

  2. Membantu memperkuat tulang

    Ternyata manfaat Minyak ikan untuk anak tak hanya penting untuk perkembangan otak, tetapi juga dapat membantu memperkuat tulang. Ini karena minyak ikan kaya akan vitamin D yang berperan untuk memperkuat tulang si Kecil. Kandungan omega-3 dalam minyak ikan juga sangat penting untuk menjaga kepadatan tulang si Kecil lho, Bu. 

  3. Mengurangi peradangan

    Minyak ikan untuk anak dapat mengurangi nyeri sendi dan kekakuan pada si Kecil yang memiliki radang sendi. Selain itu, minyak ikan juga diketahui mengandung bahan antiradang yang dapat menurunkan senyawa sitokin. Sitokin adalah senyawa peradangan pada orang yang mengalami obesitas atau sedang stres. 

  4. Menjaga kesehatan mata

    Manfaat Minyak ikan untuk anak selanjutnya sangat penting untuk menjaga kesehatan mata si Kecil. Kandungan DHA dalam minyak ikan sangat efektif untuk membantu meningkatkan penglihatan si Kecil. Apalagi minyak ikan kaya akan vitamin A, yang dikenal baik bagi kesehatan mata.

  5. Menjaga kesehatan kulit

    Manfaat Minyak ikan untuk anak juga dapat menjaga kesehatan kulitnya, terutama pada anak yang mengalami eksim. Eksim adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami anak-anak dalam masa tumbuh kembangnya. Untuk mencegah dan mengatasi eksim pada si Kecil, Ibu bisa memberikan ia minyak ikan setiap hari. 

    Baca juga: Pentingnya 9 Asam Amino Esensial untuk Tumbuh Kembang Anak Lebih Optimal

  6. Mengurangi risiko terkena asma

    Manfaat Minyak ikan untuk anak yang tak kalah penting yaitu dapat mengurangi risiko asma. Ini karena peran asam lemak omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan. Asma adalah kondisi kronis yang menyebabkan gejala-gejala seperti nyeri dada, kesulitan bernafas, batuk, dan mengi.

  7. Memperbaiki gejala ADHD

    ADHD atau attention deficit hyperactivity disorder adalah gangguan mental yang ditandai dengan gejala hiperaktivitas, impulsif, dan kesulitan untuk fokus pada anak. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa Minyak ikan untuk anak dapat mengurangi gejala ADHD. 

    Melansir laman resmi Mayo clinic, beberapa penelitian menunjukkan kandungan omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan dapat mengatasi anak hiperaktif, meningkatkan daya ingat, perhatian, konsentrasi, dan pembelajaran, yang biasanya dipengaruhi oleh ADHD. 

  8. Mengurangi risiko gangguan tidur

    Manfaat Minyak ikan untuk anak lainnya adalah dapat menurunkan gangguan tidur. Perlu Ibu ketahui bahwa gangguan tidur sering menyerang 4 persen pada anak-anak. Melansir laman resmi Mayo Clinic, sebuah penelitian pada anak-anak yang mengonsumsi kadar omega 3 yang rendah justru memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami masalah tidur. Selain itu, penelitian tersebut juga menganjurkan pemberian DHA secara rutin sesuai batas normal dapat menurunkan gangguan tidur dan meningkatkan kualitas tidur lebih baik setiap malamnya. 

Bagaimana Cara Memberikan Minyak ikan untuk anak dengan Tepat?

Pemberian Minyak ikan untuk anak perlu disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan takaran yang tepat, agar manfaatnya dapat terasa lebih optimal. Perlu Ibu ketahui juga bahwa asupan Minyak ikan untuk anak sebaiknya tidak diberikan kepada si Kecil yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti gangguan perdarahan, mengonsumsi obat pengencer darah, atau memiliki alergi terhadap ikan laut dan minyak ikan. 

Meskipun Minyak ikan untuk anak memiliki banyak manfaat, namun sebagian besar anak-anak justru tidak menyukainya karena minyak ikan memiliki rasa yang amis dan kurang enak. Oleh karena itu, Ibu perlu melakukan beberapa cara saat memberikan Minyak ikan untuk anak, di antaranya: 

  • Campurkan minyak ikan dengan madu supaya rasanya lebih manis dan tidak membuat si Kecil mual
  • Bisa tambahkan minyak ikan ke dalam makanan kesukaan si Kecil 
  • Pilihlah suplemen minyak ikan yang berbentuk tablet kunyah supaya lebih mudah untuk dikonsumsi
  • Minyak ikan juga bisa diberikan bersamaan dengan minuman dengan rasa asam, seperti jeruk atau stroberi, agar rasa amisnya tidak begitu terasa
  • Minyak ikan perlu diberikan secara rutin supaya si Kecil terbiasa dengan rasanya dan perlahan mau untuk mengonsumsinya

Tahukah Ibu bahwa minyak ikan juga bisa ditemukan dalam susu pertumbuhan yang kaya nutrisi, seperti Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+. Kandungan nutrisi dalam susu pertumbuhan ini sudah ditingkatkan dari sebelumnya demi mendukung potensi tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Susu Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+ mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) secara lengkap. Perlu Ibu ketahui, 9 asam amino esensial (9AAE) merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh si Kecil. Sebab 9 asam amino esensial (9AAE) tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga membutuhkan asupan dari makanan yang kaya akan protein, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih. 9 asam amino esensial (9AAE) dalam protein memiliki fungsi khas yang tidak bisa digantikan oleh zat gizi lain, di antaranya untuk pertumbuhan dan perkembangan, memelihara sel-sel dan jaringan tubuh, mengangkut zat gizi, dan sebagai sumber energi. 

Selain 9 asam amino esensial (9AAE), susu Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+ juga diperkaya dengan 9 nutrisi lainnya, seperti minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3 serta vitamin dan mineral lain untuk mendukung potensi si Kecil tumbuh pintar, kuat, dan tinggi.