Demi mengoptimalkan tumbuh kembang anak, asupan nutrisi yang penting dan lengkap harus terpenuhi di setiap menu makanannya. Begitu pula nutrisi omega 3 yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anak. Sebelum membahasnya lebih lanjut, pastikan Ibu memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil ya, Bu. Susu ini mengandung DHA tinggi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya, serta 14 vitamin dan 9 mineral untuk bantu menjaga daya tahan tubuhnya. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Omega 3 adalah asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sebab, tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga membutuhkan asupan dari sumber makanan omega 3. 

Berdasarkan manfaatnya, omega 3 terbagi ke dalam tiga jenis, antara lain:

  • Docosahexaenoic acid (DHA), berperan dalam menjaga fungsi otak 
  • Eicosapentaenoic acid (EPA), berperan untuk membantu mengurangi peradangan dan depresi
  • Alpha-linolenic acid (ALA), digunakan sebagai energi. ALA juga dapat diubah menjadi DHA atau EPA.

Kekurangan omega 3 akan memicu risiko munculnya berbagai penyakit lho, Bu. Oleh karena itu, Ibu perlu memenuhi asupan omega 3 bagi si Kecil agar mendukung tumbuh kembangnya hingga dewasa.

10 Sumber Makanan yang Tinggi Omega 3 

Saat ini banyak suplemen omega 3 yang diklaim dapat menjaga kesehatan tubuh. Namun, ada cara lain yang lebih sehat dengan memberikan sumber makanan yang mengandung omega 3 seperti di bawah ini:

Artikel Sejenis

  1. Ikan salmon
  2. Ibu pasti mengetahui bahwa ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang sering kali disebut-sebut sebagai makanan kaya akan nutrisi. Kandungan nutrisi dalam ikan salmon meliputi omega 3, protein, beragam vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan. 

  3. Ikan makarel
  4. Melansir laman resmi healthline.com, makarel merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan sumber omega 3 untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan mengurangi risiko penyakit berbahaya. 

    Ibu tetap harus mengolah ikan makarel dengan cara yang sehat, supaya kandungan nutrisinya tetap terjaga ya

  5. Kacang-kacangan
  6. Omega 3 tidak hanya terkandung di dalam ikan saja lho, Bu. Kacang-kacangan, seperti kacang almond, kedelai, edamame, dan produk olahan kacang juga termasuk makanan tinggi omega 3 yang baik untuk kesehatan tubuh. 

    Baca juga: 4 Manfaat Kacang Tanah untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

  7. Biji-bijian
  8. Selain kacang-kacangan, biji-bijian pun termasuk sumber omega 3 yang tak kalah penting. Biji flaks atau flaxseed merupakan jenis biji-bijian yang memiliki kandungan ALA yang tinggi.

    Biji-bijian juga kaya akan serat yang baik untuk memperlancar sistem pencernaan si Kecil. Kandungan serat juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama. 

    Oleh karena itu, Ibu bisa mengolah biji-bijian menjadi menu kesukaan si Kecil untuk mendukung asupan nutrisinya. 

  9. Sayuran hijau
  10. sayuran hijau sumber omega 3 - ibudanbalita

    Bukan hanya vitamin dan mineral, sayuran hijau juga mengandung omega 3 yang bisa menambah nutrisi untuk tumbuh kembang si Kecil. Namun, kandungan omega 3 di dalam sayuran hijau memang tidak setinggi omega 3 pada ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 

    Sayuran hijau dengan kandungan omega 3 yang bisa Ibu olah di antaranya bayam, kale, kubis brussel, dan rumput laut. 

  11. Minyak nabati
  12. Minyak zaitun, minyak canola, minyak flaxseed, dan minyak kedelai termasuk jenis minyak yang mengandung omega 3. Oleh karena itu, sangat penting bagi Ibu untuk memilih jenis minyak yang tepat saat mengolah makanan untuk si Kecil.

  13. Susu
  14. Susu merupakan bahan makanan yang ditambahkan kandungan omega 3 di dalamnya untuk membantu memenuhi gizi seimbang yang dibutuhkan anak. Salah satu susu bubuk pertumbuhan yang mengandung 4x DHA lebih tinggi yaitu Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

    Selain itu, susu bubuk pertumbuhan ini pun diperkaya dengan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap, serta kombinasi nutrisi penting lainnya untuk dukung perkembangan otak dan akal kreatif si Kecil, seperti omega 3 (ALA), omega 6 (LA), minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi.

  15. Ikan sarden
  16. Sarden merupakan ikan kecil yang sering dikemas dalam kaleng. Satu porsi sarden (140 gram) mengandung sekitar 1.500 miligram omega-3. 

    Ikan sarden mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain kaya akan omega 3, ikan sarden juga mengandung kalsium, vitamin D, dan selenium. Tidak heran jika ikan sarden termasuk makanan omega 3 yang banyak direkomendasikan.

  17. Telur omega 3
  18. Telur omega 3 adalah telur yang dihasilkan oleh ayam yang diberi makan pakan yang mengandung omega-3. Jenis telur ini mengandung lebih banyak omega 3 daripada telur biasa, yaitu sekitar 200-300 mg omega 3 per butir.

  19. Tiram
  20. Tiram termasuk salah satu makanan laut yang tinggi omega 3. Satu ons tiram mengandung sekitar 250 miligram omega 3. Selain itu, tiram juga kaya akan protein, vitamin B12, dan seng.

Baca juga: Penuhi Daftar Kebutuhan Nutrisi Anak Usia 1-3 Tahun!

Ibu juga bisa memberikan si Kecil suplemen omega-3 jika dirasa sulit untuk mendapatkan cukup omega 3 dari makanan. Namun, sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter sebelum memilih suplemen.

Manfaat Omega 3 untuk Tumbuh Kembang Anak

manfaat omega 3 - ibudanbalita

Ada banyak manfaat mengonsumsi omega 3 yang bagus untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, antara lain:

  1. Meningkatkan Kecerdasan Anak
  2. Manfaat omega 3 yang paling sering disebut-sebut adalah mampu meningkatkan kecerdasan anak. Ini karena omega 3 berperan dalam menjaga fungsi otak dan sistem saraf dalam tubuh. 

    Penelitian yang dilakukan Oxford University yang menyebutkan bahwa anak yang mendapatkan cukup asupan Omega 3 cenderung lebih dapat fokus sehingga lebih mudah menyerap pelajaran. 

  3. Menjaga Kesehatan Jantung
  4. Omega 3 dapat menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Peran omega 3 ini baik untuk mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol.

    Dengan mengonsumsi omega 3 secara rutin, aliran darah dalam tubuh akan tetap lancar dan efek ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Asupan omega 3 pun dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

    Ibu juga perlu tahu, omega 3 memang dapat menaikkan sedikit kadar kolesterol jahat (LDL), namun efek ini tidak terlalu signifikan terhadap kesehatan jantung. 

  5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
  6. Manfaat Omega 3 berikutnya adalah dapat mencegah dari berbagai penyakit. Saat si Kecil sedang sakit, Ibu bisa memberikannya makanan yang kaya asam lemak Omega 3 yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuhnya agar tidak mudah terserang penyakit.

    Selain itu Omega 3 juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Kadar tekanan darah, pembentukan plak di pembuluh darah, serta trigliserida pun akan berkurang. Hal tersebut akan menghindarkan anak dari resiko penyakit jantung dan hipertensi saat ia dewasa.

    Baca juga: Tingkatkan Imunitas Tubuh Bayi dengan 9 Asam Amino Esensial (9AAE)

  7. Menguatkan Tulang dan Sendi
  8. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa salah satu manfaat omega 3 dapat menguatkan tulang dan sendi anak. Omega 3 dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis di masa mendatang. 

    Selain itu, omega 3 berperan sebagai antiradang yang dapat mencegah dan mengatasi peradangan pada sendi. 

  9. Meningkatkan Kesehatan Mental
  10. Omega 3 tidak hanya baik untuk kesehatan fisik anak, tapi juga kesehatan mentalnya lho, Bu. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak penelitian di mana mengonsumsi Omega 3 secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit mental, seperti bipolar, skizofrenia, dan depresi.

  11. Membantu Mengontrol Berat Badan
  12. Meski namanya asam lemak omega 3, tapi kandungan di dalamnya bukan lemak jahat yang bisa meningkatkan berat badan lho, Bu. 

    Omega 3 justru dapat mengendalikan berat badan dan mengecilkan lingkar pinggang, tentunya dengan pemberian yang sesuai batas konsumsi si Kecil ya, Bu. Pastikan menyeimbangkan asupan omega 3 dengan nutrisi lain agar lebih optimal.

  13. Menjaga Kesehatan Mata
  14. Retina mata mengandung DHA dalam jumlah tinggi. DHA berperan penting dalam perkembangan dan fungsi penglihatan, termasuk penglihatan warna, ketajaman penglihatan, dan penglihatan malam.

    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi omega 3 memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami gangguan penglihatan, seperti rabun jauh dan rabun dekat.

  15. Menyeimbangkan Koordinasi Tangan dan Mata
  16. Saat belajar, si Kecil akan membutuhkan keseimbangan koordinasi antara tangan dan mata, terlebih saat mengerjakan tugas dan mencatat pelajaran di sekolah. 

    Omega 3 dapat membantu menyeimbangkan koordinasi tangan dan mata tersebut. Seorang peneliti dari Oxford University yang bernama Profesor Paul Montgomery telah membuktikannya. 

    Anak-anak yang mengonsumsi makanan yang kaya Omega 3 secara rutin cenderung lebih mudah dalam menyeimbangkan gerakan tangan dan mata mereka.

Baca juga: Ragam Manfaat Omega 3 untuk Anak Balita, Apa Saja?

Melihat banyak dan pentingnya manfaat Omega 3 tersebut, WHO pun menganjurkan anak untuk makan ikan sebanyak dua porsi per minggu. Agar si Kecil tidak merasa bosan, Ibu harus selalu variasikan menunya dengan sumber makanan lainnya.

Penting bagi si Kecil untuk mengonsumsi makanan yang mengandung DHA karena dapat mencerdaskan otak serta mendukung tumbuh kembangnya lebih optimal. 

Tahukah Ibu? Sekitar 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA. Itulah sebabnya, si Kecil perlu mengonsumsi DHA yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nah, Ibu bisa mendapatkan DHA tinggi dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

Selain itu, selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. 

Semua nutrisi penting ini bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil. Selain mengandung DHA tinggi serta 9AAE, susu ini juga dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3&6, Asam Sialat, dan Sphingomyelin tertinggi di kelasnya. Susu ini juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Untuk mencukupi kebutuhan gizi harian si Kecil secara tepat, ada baiknya Ibu menggunakan fitur Kalkulator Gizi dari Akademi Keluarga Prima. Pemberian gizi yang tepat dan adekuat sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si Kecil. Jadi, langsung coba fiturnya sekarang juga ya, Bu.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.