Whatsapp Share Like Simpan

ASI merupakan kebutuhan yang sangat penting agar bayi sehat. Setuju, Bu? Oleh sebab itu, setiap Ibu tentunya akan berusaha melakukan berbagai cara memperbanyak ASI untuk asupan bayi, sehingga Ibu bisa menyusui dengan lancar. Menurut konsultasi kesehatan anak yang pernah saya lakukan dengan dokter, selain lewat asupan makanan yang tepat, pijat payudara juga bisa Ibu lakukan untuk melancarkan ASI lho, Bu.

Langkah Memijat Payudara untuk Memperbanyak ASI

Ibu bisa memijat sendiri payudara Ibu di rumah dengan beberapa langkah berikut:

  1. Sebelum pemijatan, olesi bagian sekitar payudara hingga ketiak dengan minyak zaitun atau baby oil.
  2. Mulailah pemijatan di bagian ketiak, tepatnya di bagian bawah ketiak (kelenjar getah bening). Pijatan lembut akan membuat darah lebih lancar mengalir. Hindari menekan terlalu keras, karena bisa merusak jaringan kelenjar. Jika payudara mulai terasa hangat, itu merupakan respon baik untuk lanjut ke tahap pemijatan berikutnya.
  3. Topang payudara kanan Ibu dengan tangan kanan. Lalu, pijatlah payudara menggunakan dua atau tiga jari tangan kiri dengan gerakan spiral memutar, mulai dari pangkal payudara menuju puting. Lakukan hal sama untuk payudara kiri.
  4. Kemudian, letakkan kelima jari tangan kiri Ibu yang sedikit diregangkan di pangkal payudara kanan, lalu pijatlah dengan gerakan mengitari sambil menekan payudara mulai pangkal payudara ke daerah puting bagian bawah. Lanjutkan gerakan ini mulai dari samping dada ke puting. Ulangi langkah yang sama untuk payudara kiri ya, Bu. Berdasarkan konsultasi dengan dokter yang pernah saya lakukan, gerakan ini akan membantu relaksasi dan produksi ASI.
  5. Pemijatan dilanjutkan dengan aktivitas seperti mengurut dada, yaitu dengan meletakkan kedua telapak tangan di dada, di antara kedua payudara. Lalu, lakukan gerakan seperti mengurut, mulai dari bagian tengah dada (di antara payudara) mengarah ke atas, payudara seperti diangkat dan dilepaskan perlahan secara bersamaan. Lakukan gerakan mengurut ini sebanyak 30 kali.
  6. Selanjutnya, agar cadangan ASI di payudara berkurang, pegang area puting dengan jempol, telunjuk, dan jari tengah seperti sedang diapit. Beri jarak sekitar satu hingga satu setengah sentimeter dari puting. Pijat area puting secara perlahan. Hindari gerakan seperti memeras kencang, karena akan menyakiti puting Ibu.
  7. Masih menggunakan jempol, telunjuk, dan jari tengah, lakukan gerakan memutar di area puting dan pijatlah seperti sedang memerah dengan lembut. Lakukan gerakan memutar ini secara berulang ya, Bu. Gerakan ini dapat membuat cadangan ASI berkurang tanpa merusak kelenjar payudara yang lembut.
  8. Cara memperbanyak ASI terakhir adalah dengan melakukan pemijatan menyeluruh kepada kedua payudara. Dorong kedua telapak tangan secara bersamaan ke arah bawah dengan gerakan memutar dan mengitari masing-masing payudara.

Baca juga: Siasati Bila ASI Tidak Keluar

Cara Alami Memperbanyak ASI

Selain melalui pijatan, masih ada beberapa cara alami lainnya untuk memperbanyak ASI, Bu. Begini caranya:

  • Menyusui dengan posisi yang tepat. Di awal masa menyusui banyak Ibu yang merasakan sakit akibat salah posisi. Jangan menyerah dan malah menggantinya dengan susu ya, Bu, karena justru dapat mengurangi produksi ASI. Susui bayi dengan posisi yang tepat, yaitu semua areola payudara masuk ke dalam mulut bayi.
  • Konsumsi makanan pelancar ASI. Ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi beberapa makanan tertentu yang mampu memperlancar keluarnya ASI, seperti daun katuk, bayam, wortel, pepaya, pare, dan havermut. Mengonsumsi makanan pelancar ASI tentu lebih baik dibandingkan dengan obat-obatan atau suplemen karena lebih alami.
  • Kontak langsung ke kulit. Saat ASI Ibu kurang keluar dengan lancar, cobalah menyusui dalam keadaan telanjang, sehingga Ibu akan melakukan kontak langsung dari kulit ke kulit dengan bayi. Hal ini akan menciptakan kedekatan emosi di antara Ibu dan bayi. Dari kedekatan tersebut, otak akan bereaksi untuk menghasilkan lebih banyak ASI. Cara memperbanyak ASI ini bahkan sudah didukung oleh beberapa negara sebagai salah satu metode menyusui yang efektif, lho.
  • Mengompres payudara. Payudara yang terisi penuh oleh ASI akan menjadi keras dan justru membuat bayi kesulitan mengisapnya. Sebelum menyusui, sebaiknya kompres payudara dengan handuk yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat selama beberapa menit hingga terasa melunak. Barulah setelah itu ASI akan keluar dengan lebih lancar.
  • Memompa ASI. Cara memperbanyak ASI secara alami lainnya adalah dengan memompa ASI. Bagi ibu baru mungkin belum terampil dalam menyusui. Salah posisi menyusui bisa menyebabkan produksi ASI terhambat, sehingga proses menyusui pun jadi tidak efektif.
  • Selektif dalam memilih KB. Bagi Ibu yang sedang menyusui harus selektif dalam memilih kontrasepsi yang tepat. Pil KB dianggap yang paling tepat karena tidak berpengaruh pada hormon yang berperan dalam produksi ASI. Selain pil, kondom juga bisa dijadikan alternatif lainnya yang aman bagi hormon.
  • Banyak minum air putih. Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak asupan cairan dibandingkan orang dewasa lainnya. Agar produksi ASI lancar, Ibu harus mengonsumsi air putih sebanyak 10-12 gelas sehari.
  • Menyusui setiap 2-3 jam. Di awal kehadiran bayi ke dunia, ia memerlukan asupan susu setiap 2-3 jam sekali, baik itu siang maupun malam hari. ASI akan diproduksi oleh tubuh Ibu mengikuti kebutuhan bayi tersebut. Apabila Ibu rutin menyusui bayi setiap 2-3 jam hingga ia kenyang, maka payudara akan mengirimkan sinyal ke otak untuk menghasilkan ASI sesuai kebutuhan tersebut. Dalam kurun waktu 3-7 hari, produksi ASI akan bertambah banyak sesuai perintah tersebut. Sebaliknya, jika Ibu jarang dan tidak konsisten menyusui, maka produksi ASI jadi ikut berkurang. Saat menyusui, habiskan satu payudara terlebih dulu, baru setelahnya berpindah ke payudara lainnya.

Yuk, berkonsultasi dengan dokter agar cara memperbanyak ASI dengan pijat payudara ini bisa memberikan hasil yang lebih maksimal dan membuat ASI berlimpah.

Artikel Sejenis

Ibu juga dapat rutin mengonsumsi Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA yang mengandung nutrisi untuk mendukung Mama dan Bayi di masa hamil dan menyusui. Menggunakan formula baru, Frisian Flag Mama mengandung lebih banyak Protein, Inulin, Kalsium, Zat Besi, Vitamin B6, dan juga tinggi energi untuk memenuhi kebutuhan tambahan kalori selama masa menyusui. Selain itu, kandungan Asam Folat, AA, DHA, ALA, dan LA di dalamnya, baik untuk perkembangan otak bayi. Jadi, jangan lupa untuk konsumsi Frisian Flag Mama untuk kebaikan Mama dan Si Kecil ya, Bu.  Selamat menikmati masa menyusui!

Jika Ibu memiliki pertanyaan seputar nutrisi untuk bayi, ibu dapat bertanya langsung ke pakar kami melalui fitur Tanya Pakar. Namun untuk menggunakan fitur tersebut, ibu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu ya, Bu. Selamat mencoba.

Sumber:

Theasianparent