Share Like
Simpan

ASI merupakan kebutuhan yang sangat penting agar bayi sehat. Setuju, Bu? Oleh sebab itu, setiap Ibu tentunya akan berusaha agar dapat memiliki ASI yang melimpah untuk si Kecil, sehingga Ibu bisa menyusui dengan lancar. Menurut konsultasi kesehatan anak yang pernah saya lakukan dengan dokter, selain lewat asupan makanan yang tepat, pijat payudara juga bisa Ibu lakukan untuk melancarkan ASI lho, Bu. Mari ikuti tips memijat payudara yang saya dapatkan dari dokter tersebut berikut ini:

1. Sebelum pemijatan, olesi bagian sekitar payudara hingga ketiak dengan minyak zaitun atau baby oil.

2. Mulailah pemijatan di bagian ketiak, tepatnya di bagian bawah ketiak (kelenjar getah bening). Pijatan lembut akan membuat darah lebih lancar mengalir. Hindari menekan terlalu keras, karena bisa merusak jaringan kelenjar. Jika payudara mulai terasa hangat, itu merupakan respon baik untuk lanjut ke tahap pemijatan berikutnya.

3. Topang payudara kanan Ibu dengan tangan kanan. Lalu, pijatlah payudara menggunakan dua atau tiga jari tangan kiri dengan gerakan spiral memutar, mulai dari pangkal payudara menuju puting. Lakukan hal sama untuk payudara kiri.

4. Kemudian, letakkan kelima jari tangan kiri Ibu yang sedikit diregangkan di pangkal payudara kanan, lalu pijatlah dengan gerakan mengitari sambil menekan payudara mulai pangkal payudara ke daerah puting bagian bawah. Lanjutkan gerakan ini mulai dari samping dada ke puting. Ulangi langkah yang sama untuk payudara kiri ya, Bu. Berdasarkan konsultasi dengan dokter yang pernah saya lakukan, gerakan ini akan membantu relaksasi dan produksi ASI.

5. Pemijatan dilanjutkan dengan aktivitas seperti mengurut dada, yaitu dengan meletakkan kedua telapak tangan di dada, di antara kedua payudara. Lalu, lakukan gerakan seperti mengurut, mulai dari bagian tengah dada (di antara payudara) mengarah ke atas, payudara seperti diangkat dan dilepaskan perlahan secara bersamaan. Lakukan gerakan mengurut ini sebanyak 30 kali.

6. Selanjutnya, agar cadangan ASI di payudara berkurang, pegang area puting dengan jempol, telunjuk, dan jari tengah seperti sedang diapit. Beri jarak sekitar satu hingga satu setengah sentimeter dari puting. Pijat area puting secara perlahan. Hindari gerakan seperti memeras kencang, karena akan menyakiti puting Ibu.

7. Masih menggunakan jempol, telunjuk, dan jari tengah, lakukan gerakan memutar di area puting dan pijatlah seperti sedang memerah dengan lembut. Lakukan gerakan memutar ini secara berulang ya, Bu. Gerakan ini dapat membuat cadangan ASI berkurang tanpa merusak kelenjar payudara yang lembut.  

8. Terakhir, lakukan pemijatan menyeluruh kepada kedua payudara. Dorong kedua telapak tangan secara bersamaan ke arah bawah dengan gerakan memutar dan mengitari masing-masing payudara.

Yuk, berkonsultasi dengan dokter untuk agar pijat payudara ini bisa memberikan hasil yang lebih maksimal dan membuat ASI berlimpah. Selamat menikmati masa menyusui si Kecil!