Share Like
Simpan

Selama sembilan bulan kehamilan, tubuh Ibu mengalami perubahan yang luar biasa. Setelah si Kecil lahir pun, tubuh Ibu akan mengalami proses pemulihan seperti kembalinya ukuran rahim, keluarnya cairan dari vagina serta kelelahan setelah menjalani proses persalinan. Beberapa Ibu mungkin juga mengalami stres dan emosi yang labil berkenaan dengan perubahan hormon yang terjadi setelah melahirkan.

Pijat setelah melahirkan dapat memberikan beberapa manfaat dan efektif membantu pemulihan Ibu dalam masa nifas, seperti meredakan beberapa titik kelelahan pada tubuh, melepaskan tegangan pada otot, memperbaiki peredaran darah, dan meningkatkan pergerakan sendi serta peremajaan tubuh.

Ada sebagian Ibu mulai dipijat segera setelah pulang dari rumah sakit. Namun bagi Ibu yang menjalani operasi sesar, sebaiknya tunggu hingga luka operasi sembuh.

Manfaat pijat pada masa nifas:

  • Proses melahirkan akan meregangkan tubuh Ibu, terutama bagian perut, punggung, dan panggul. Dengan pijatan lembut, selain meredakan beberapa titik nyeri dan melepaskan tegangan pada otot, pijat dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke dalam otot dan dapat meredakan nyeri atau pegal-pegal pada tubuh.
  • Gerakan meremas, mengusap, dan tekanan saat pijat dapat membantu pengencangan bagian perut dan membantu pemulihan tubuh.
  • Membantu pelepasan hormon endorfin di otak yang merupakan pereda nyeri alami.
  • Membantu melepaskan hormon oksitosin yang merangsang pengeluaran ASI dan memudahkan proses menyusui. Pijatan pada payudara akan membantu membuka saluran kelenjar susu yang tersumbat, sehingga mengurangi risiko radang kelenjar pada payudara (mastitis).
  • Mempercepat pemulihan operasi sesar, karena meningkatkan sirkulasi dan merangsang proses penyembuhan organ dalam.
  • Bila pijat menggunakan minyak berbahan dasar almond dapat membantu menyamarkan stretch marks.
  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan aliran limfe
  • Mengurangi kram otot.
  • Membantu mengatasi stres setelah melahirkan.


Apa yang harus Ibu waspadai pada pijat masa nifas?
Jika menjalani operasi sesar, sebaiknya Ibu menunggu satu hingga 2 minggu, atau setelah luka operasi sembuh, karena pijat dapat menyebabkan rasa nyeri. Walau pijat dapat membuat santai, namun instruksikan pada terapis agar tidak memijat daerah perut dan bekas jahitan operasi. Tekanan apapun pada daerah tersebut dapat menyebabkan masalah. Fokuskan pijatan pada kaki, kepala, tangan dan lengan serta punggung.

Agar produksi ASI lancar dan si Kecil mendapat dukungan nutrisi yang optimal, pijat bisa menjadi salah satu pilihan agar Ibu menjadi lebih santai saat menyusui dan merawat si Kecil.