Share Like
Simpan

Bagaimana kabar Ibu dan janin? Memasuki usia kehamilan trimester ketiga, apakah Ibu pernah khawatir produksi ASI nanti tidak cukup bahkan seret? Setelah saya baca di berbagai artikel kehamilan, masalah ini bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, memijat payudara, dan mempelajari posisi menyusui yang benar. Tidak hanya itu, sekarang ada cara efektif dan alami lainnya sebagai cara memperbanyak ASI, yaitu hypno-breastfeeding. Berikut ini saya kumpulkan informasinya untuk Ibu.

Apa Itu Hypno-Breastfeeding?

Menurut artikel kesehatan yang saya baca, hypno-breastfeeding adalah teknik terapi menggunakan energi bawah sadar untuk menghasilkan ASI yang cukup. Hypno-breastfeeding umumnya dilakukan dalam ruangan temaram diiringi alunan musik lembut dan arahan terapis yang menenangkan. Menariknya, selain membuat tubuh lebih rileks, terapi ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri Ibu dalam menyusui.

- Pengaruh Hypno-Breastfeeding Terhadap Produksi ASI

Tahukah Ibu? Salah satu kunci utama keberhasilan dalam menyusui adalah memiliki pikiran yang positif. Pikiran yang tenang dapat merangsang hormon prolaktin yang berperan untuk menstimulasi kelenjar susu agar memproduksi cukup ASI. Nah, terapi hypno-breastfeeding ini bisa membantu Ibu menghindari pikiran negatif  dan pesimis, agar produksi ASI dapat berjalan dengan lancar.

Bagaimana Cara Kerja Hypno-Breastfeeding?

Dalam terapi ini, Ibu akan diajak untuk melakukan konseling kehamilan selama sekitar satu jam. Selanjutnya, Ibu akan diarahkan untuk melakukan relaksasi selama kurang lebih 30 menit[. Selama proses terapi hypno-breastfeeding, terapis akan mulai membentuk pemikiran Ibu menjadi lebih positif. Sebagai contoh, terapis akan mulai memberi arahan seperti, “Yakinkan diri bahwa Ibu mampu menghasilkan ASI yang cukup dan berkualitas untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil.”  Dengan begitu, Ibu bisa lebih fokus pada hal-hal yang positif, sehingga mengurangi risiko kecemasan dan stres saat menyusui.

Itu dia salah satu cara yang bisa Ibu lakukan untuk mengoptimalkan produksi ASI ketika si Kecil lahir nanti. Agar manfaat hypno-breastfeeding bisa Ibu rasakan secara maksimal, sebaiknya lakukan terapi secara rutin, ya. Ibu juga bisa menyempatkan untuk melakukan hypno-breastfeeding sendiri di rumah. Semoga hypno-breastfeeding bisa menjadi cara memperbanyak ASI yang bisa Ibu lakukan untuk mencukupi kebutuhan si Kecil!