Whatsapp Share Like
Simpan

Apakah minum susu sudah menjadi kebiasaan wajib bagi si Kecil? Baguslah kalau begitu, Bu. Sebab, susu mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh si Kecil yang tengah berada dalam masa pertumbuhan. Misalnya saja, kandungan kalsium yang ada di dalamnya akan membantu tulangnya tumbuh lebih optimal. Namun tahukah Ibu kapan waktu terbaik untuk minum susu?

Jika Ibu tak yakin kapan waktu yang tepat untuk minum susu bagi si Kecil. Coba Ibu ingat-ingat,, kapankah biasanya Ibu membiasakan si Kecil minum susu? Pagi, siang, atau malam hari? Nah, berikut ini adalah informasi yang Ibu butuhkan terkait waktu terbaik minum susu bagi si Kecil. Yuk, disimak satu-persatu, Bu:

  1. Pagi Hari Bu, jangan pernah membiarkan pagi hari si Kecil terlewati tanpa sarapan, ya . Sebab, waktu sarapan adalah kesempatan baik baginya untuk menumpuk energi yang akan digunakan beraktivitas selama seharian penuh. Saat sarapan juga merupakan salah satu waktu terbaik minum susu, Ibu bisa menyuruh si Kecil untuk minum susu karena dapat mengoptimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh, asal Ibu tidak menyandingkannya dengan makanan-makanan yang mengandung zat besi karena dapat menghambat penyerapan kalsiumnya.
  2. Malam Hari Malam hari sebelum si Kecil pergi tidur adalah waktu yang tepat untuk si Kecil minum susu. Mengapa demikian? Ya, minum susu sebelum tidur, terlebih susu hangat, dapat mendatangkan manfaat untuk si Kecil. Selain dapat membuat tidurnya lelap dan merilekskan badan, juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaannya. Dengan sistem pencernaan yang lancar, si Kecil pun bisa buang air besar dengan mudah di pagi harinya. Namun pastikan si Kecil tidak terlalu mengantuk dan menyikat giginya usai minum susu, agar kesehatan giginya tetap terjaga.
  3. Tidak Minum Susu Saat Makan Besar Mengapa sebaiknya Ibu tidak memberikan susu untuk si Kecil saat makan besar? Makan besar biasanya menghadirkan banyak makanan yang mengandung zat besi, seperti daging merah atau sayuran. Nah, kandungan zat besi inilah yang nantinya dapat menghalangi penyerapan kalsium susu oleh tubuh. Oleh karena itulah, sebaiknya Ibu tidak membiarkan si Kecil minum susu saat makan besar. Sebagai gantinya, Ibu bisa memberikan susu itu saat jeda makan siang dan makan malam.

Jika Ibu sudah mengetahui waktu terbaik  minum susu untuk si Kecil, sekarang saatnya mengetahui berapa porsi yang tepat untuk minum susu per harinya. Setiap segelas susu, umumnya mengandung 8 gram protein. Nah, kebutuhan susu untuk setiap anak berbeda-beda tergantung usianya. Anjuran minum susu untuk si Kecil yang berusia 2-3 tahun adalah dua gelas per hari sedangkan untuk usia 4-8 tahun cukup 2,5 gelas per hari.

Sekarang Ibu sudah tahu kan, waktu-waktu minum susu yang paling tepat untuk si Kecil tersayang? Agar pertumbuhannya makin optimal, selalu ingatkanlah si Kecil untuk minum susu setiap harinya ya, Bu!

Jika Ibu ingin berkonsultasi seputar kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil, silakan berkunjung ke laman Tanya Pakar. Para ahli di sana akan menjawab pertanyaan Ibu secara langsung. Untuk dapat menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu ya, Bu.

Artikel Sejenis