Sebagai orang tua, Ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk si Kecil, kan? Begitu pula saat Ibu memilih susu formula yang bagus untuk kecerdasan otak anak 3 tahun ke atas. Sebab, susu termasuk sumber protein hewani yang sangat penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil agar lebih prima sekaligus menjadi susu penambah berat badan balita. Pastikan Ibu memberikan si Kecil 2-3 gelas susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ per hari untuk dukung akal cermat dan imunitas si Kecil ya, Bu. Susu ini mengandung DHA 4x lebih tinggi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya, serta 14 vitamin dan 9 mineral untuk bantu menjaga daya tahan tubuhnya.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Maka dari itu, tips memilih susu formula yang bagus untuk kecerdasan otak anak 3 tahun ke atas yang pertama adalah memilih susu dengan kandungan tinggi DHA dan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) untuk bantu dukung si Kecil menjadi cermat dan kuat. Mengapa harus ada kedua kandungan tersebut? Karena DHA dan 9AAE termasuk nutrisi yang harus dipenuhi secara bersamaan, Bu.

Ibaratnya 9AAE adalah sebuah mobil, sedangkan DHA adalah penumpang. Jadi, tanpa kehadiran 9AAE, DHA tidak bisa tidak bisa diantarkan ke tujuan masing-masing, yaitu ke dalam sel-sel tubuh. Si Kecil harus mengonsumsi 9AAE setiap hari agar bisa menyerap DHA dan nutrisi lainnya dengan sempurna. Jadi, 9AAE dan DHA harus saling melengkapi agar meningkatkan akal kreatif si Kecil, ya

Masih ada sejumlah tips memilih susu formula yang bagus untuk kecerdasan otak anak 3 tahun ke atas lainnya yang perlu Ibu ketahui. Jadi, yuk simak dengan seksama agar Ibu bisa memberikan susu formula terbaik untuk anak 3 tahun ke atas.

Baca juga: Kenali Penyebab & Tips Agar Anak Mau Minum Susu Anak

Artikel Sejenis

Tips Memilih Susu Formula yang Bagus untuk Kecerdasan Otak Anak 3 Tahun Ke Atas

Tips memilih susu formula yang bagus untuk kecerdasan otak anak - ibudanbalita

Berikut ini beberapa tips memilih susu formula terbaik untuk anak 3 tahun keatas yang bisa Ibu lakukan untuk mendukung kecerdasan otak si Kecil, antara lain: 

  1. Pilih susu yang mengandung DHA tinggi

    Kandungan nutrisi ini sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan si Kecil lho, Bu. Hal ini menjadi tips memilih susu formula untuk anak 3 tahun ke atas yang pertama, karena otak si Kecil akan terus berkembang dengan cepat, sehingga membutuhkan nutrisi penting seperti DHA.

    Nah, susu bubuk Frisian Flag PRIMAGRO 3+ bisa jadi pilihan yang tepat karena mengandung DHA 4x lebih tinggi, Sphingomyelin, Omega 3 & Omega 6 untuk mendukung akal cermat si Kecil.

    DHA berperan sebagai komponen struktural utama otak untuk mendukung kecerdasan, kinerja kognitif, dan fungsi sistem saraf yang optimal. Dengan melakukan salah satu tips memilih susu formula yang bagus untuk kecerdasan otak anak 3 tahun ke atas, akal kreatif si Kecil semakin meningkat dan berpengaruh hingga masa depan.

  2. Pilih susu yang mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap

    9 Asam Amino Esensial (9AAE) disebut juga ‘protein super’ yang berperan penting untuk meningkatkan tumbuh kembang si Kecil, terutama untuk perkembangan otak serta menstimulasi hormon pertumbuhan otot dan tulang.

    Salah satu tips memilih susu formula yang bagus untuk kecerdasan otak anak 3 tahun ke atas ini penting karena kebutuhan 9AAE ini harus dikonsumsi secara rutin. Sebab, tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga harus didapatkan dari makanan tinggi protein, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, serta kacang-kacangan dan hasil olahannya.

    Namun, dalam masa tumbuh kembangnya, pastikan si Kecil mengonsumsi protein hewani secara tepat ya, Bu. Sebab, protein nabati seperti kacang, buah, dan sayuran tidak memiliki 9AAE yang lengkap. Jika dikonsumsi secara berlebihan, bisa saja meningkatkan risiko terhambatnya pertumbuhan si Kecil lho.

    Apa dampaknya jika si Kecil kekurangan 9AAE? Kemungkinan hormon pertumbuhannya pun akan terhambat, Bu. Hal ini didukung oleh penelitian dari J.Nutr yang menjelaskan bahwa kekurangan semua jenis 9AAE bisa menghambat hormon pertumbuhan sebanyak -50%. Hormon pertumbuhan ini mencakup tinggi badan, tingkat kecerdasan, dan daya tahan tubuh si Kecil.

    Ibu pasti tidak ingin tumbuh kembang si Kecil jadi terhambat, kan? Maka dari itu pilihlah susu yang mengandung 9AAE yang lengkap dan DHA 4x lebih tinggi, seperti susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+.

    Baca juga: Cara Memilih Susu Formula Bayi Terbaik

  3. Susu diperkaya kandungan nutrisi penting lainnya

    Tips memilih susu formula yang bagus untuk kecerdasan otak anak 3 tahun ke atas selanjutnya adalah memastikan susu bubuk pertumbuhan yang dikonsumsi si Kecil juga harus mengandung nutrisi tambahan lainnya. Berikut ini 8 nutrisi penting yang harus ada dalam susu formula si Kecil:

    1. Minyak ikan
      Minyak ikan berperan untuk menjaga kesehatan anak serta mendukung proses tumbuh kembangnya. Pemberian minyak ikan kepada anak bertujuan untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 dalam tubuh. 
    2. Omega 3 (ALA)
      Asam lemak omega 3 termasuk nutrisi penting yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga membutuhkan asupan makanan atau minuman yang mengandung omega 3, seperti susu formula terbaik untuk anak 3 tahun. Pemberian omega 3 sangat penting karena dapat meningkatkan perkembangan otak si Kecil. 
    3. Omega 6 (LA)
      Omega 6 juga termasuk asam lemak yang tak kalah penting dengan omega 3. Sebab, omega 6 memiliki peran penting dalam tubuh, yaitu untuk meningkatkan kesehatan jantung dan kecerdasan otak si Kecil. 
    4. Zat besi
      Zat besi berperan penting dalam pembentukan hemoglobin, yaitu komponen sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. 
    5. Seng (Zinc)
      Seng juga termasuk nutrisi yang dibutuhkan oleh si Kecil lho, Bu. Ini karena seng dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan daya ingat, serta mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil.
    6. Kalsium
      Seperti yang Ibu ketahui, kalsium termasuk mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Pemberian kalsium dapat mengoptimalkan pertumbuhan si Kecil dengan baik. Oleh karena itu, pastikan Ibu memberikan si Kecil susu tinggi kalsium untuk anak 3 tahun ke atas ya, Bu.
      Dengan minum 2-3 gelas susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ per hari, maka akan dapat memenuhi 50-75% kebutuhan kalsium dan 40-60% kebutuhan protein harian si Kecil berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG).
    7. Magnesium
      Magnesium membantu penyerapan kalsium dan vitamin D dalam tubuh agar dapat menjaga kesehatan dan kekuatan tulang si Kecil lebih optimal. Selain itu, magnesium juga dapat membantu menjaga metabolisme tubuh. 
    8. Vitamin D3
      Meski vitamin D bisa didapatkan dari paparan sinar matahari pagi, namun si Kecil juga tetap membutuhkan asupan vitamin D dari makanan atau minuman, salah satunya dari susu bubuk pertumbuhan. Kehadiran vitamin D berperan dalam memelihara kesehatan tulang dan menjaga daya tahan tubuh.
  4. Rasa susunya enak

    Tips memilih susu formula terbaik selanjutnya adalah memastikan susu yang diberikan rasanya enak. Sangat disayangkan jika susu formula terbaik untuk anak 3 tahun ke atas sudah mengandung beragam nutrisi dan manfaat, tapi si Kecil enggan meminumnya. Oleh karena itu, Ibu perlu cermat dalam memilih varian rasa yang sekiranya memang disukai oleh si Kecil.

    Bingung memilih susu yang rasanya enak? Susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ bisa jadi solusinya lho, karena tersedia dalam 3 pilihan rasa yang lezat, yaitu madu, vanila, dan cokelat yang pastinya disukai si Kecil.

    Sebelum memberikan susu formula terbaik untuk anak 3 tahun ke atas, pastikan bahwa produk tersebut sudah terdaftar di BPOM RI dengan lampiran tabel komposisi nutrisi pada kemasannya ya, Bu. 

Setelah mengetahui tips memilih susu formula yang bagus untuk kecerdasan otak anak 3 tahun ke atas, pasti Ibu semakin yakin memilih susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil, kan?

Perlu Ibu ketahui jika 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA. Itulah sebabnya, si Kecil perlu mengonsumsi DHA yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nah, Ibu bisa mendapatkan DHA 4x lebih tinggi dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ untuk meningkatkan akal kreatif, kemampuan kognitif, dan fungsi sistem saraf si Kecil.

Selain itu, selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. 

Semua nutrisi penting ini bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ untuk dukung akal cermat dan imunitas si Kecil. Selain mengandung DHA 4x lebih tinggi serta 9AAE, susu ini juga dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3&6, Asam Sialat, dan Sphingomyelin tertinggi di kelasnya. Susu ini juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Untuk mencukupi kebutuhan gizi harian si Kecil secara tepat, ada baiknya Ibu menggunakan fitur Kalkulator Gizi dari Akademi Keluarga Prima. Pemberian gizi yang tepat dan adekuat sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si Kecil. Jadi, langsung cobain fiturnya sekarang juga ya, Bu.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di sini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.