Meski jarang disebut, siapa sangka ternyata manfaat magnesium sangat penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Beberapa manfaat magnesium yang bisa didapatkan si Kecil, yaitu untuk metabolisme tubuh, membentuk struktur tulang, menghasilkan enzim, dan lainnya. Manfaat magnesium memang baik, karena magnesium adalah jenis mineral yang dihasilkan tubuh secara alami. Magnesium lebih banyak berada pada tulang dan sisanya di jaringan lunak. Serum darah pun mengandung magnesium meskipun dalam jumlah yang sedikit.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Umumnya, tubuh orang dewasa memiliki sekitar 25 gram magnesium. Selain dihasilkan tubuh, manfaat magnesium bisa diperoleh dari makanan, suplemen, hingga obat-obatan. Memenuhi kebutuhan gizi magnesium diperlukan untuk menghasilkan energi. Selain itu, di bawah ini beberapa manfaat magnesium lainnya yang perlu Anda ketahui.

Kekurangan magnesium dapat menimbulkan kram otot, mual, dan kelelahan. Jika sudah parah, jumlah magnesium yang rendah bahkan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, gangguan irama jantung, kejang, hingga diabetes tipe 2. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk mengetahui apa saja manfaat magnesium dan sumbernya agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. 

Manfaat Magnesium untuk Tumbuh Kembang Anak

Berikut ini beberapa manfaat magnesium untuk tumbuh kembang si Kecil, di antaranya: 

  1. Mengobati sembelit

    Manfaat magnesium dapat menjaga kesehatan pencernaan si Kecil agar terhindar dari sembelit atau konstipasi. Sebab, magnesium mampu membuat kotoran dalam usus lebih mudah dikeluarkan. 

    Artikel Sejenis

  2. Berperan dalam pembentukan tulang

    Manfaat magnesium yang tak kalah penting yaitu membentuk struktur tulang. Ini karena tubuh membutuhkan magnesium untuk membangun sel tulang yang baru. Manfaat magnesium juga berperan dalam membantu mengaktifkan vitamin D dalam mengatur kebutuhan kalsium dan fosfat, guna menunjang pertumbuhan dan pembentukan tulang. Oleh karena itu, asupan magnesium harus tercukupi dengan baik agar tulang si Kecil dapat terbentuk dengan baik. 

    Namun, Ibu juga tetap harus memenuhi asupan nutrisi lain berupa protein, kalsium, vitamin D, dan nutrisi lainnya agar pertumbuhan tulang si Kecil. Apalagi jika didukung oleh asupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap yang bisa didapatkan dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+, maka tumbuh kembang si Kecil akan lebih optimal. Ini karena salah satu peran 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yaitu untuk mendukung penyerapan nutrisi lain agar manfaatnya lebih terasa oleh tubuh si Kecil.

  3. Menjaga kesehatan jantung

    Manfaat magnesium juga dapat menjaga kesehatan jantung. Magnesium termasuk mineral yang dapat mengendalikan detak jantung dan melindungi organ ini dari kerusakan, terutama tekanan otot. Jika tekanan otot berlebihan terjadi pada jantung, ada berbagai gejala yang bisa muncul, yaitu muntah, kram, gangguan pencernaan, dan perut kembung.

    Namun, Ibu tidak perlu khawatir karena manfaat magnesium hadir untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut. Hal ini dikarenakan magnesium dapat menenangkan sistem saraf dan pencernaan serta menurunkan tekanan darah. Sementara itu, kekurangan magnesium juga dikaitkan dengan risiko penyakit jantung. 

  4. Membantu tubuh menyerap vitamin dan mineral

    Manfaat magnesium selanjutnya yaitu dapat membantu tubuh menyerap vitamin dan mineral lain lebih baik. Nutrisi yang bisa diserap oleh magnesium, yaitu kalsium, natrium, kalium, dan fosfor. 

    Umumnya, penyerapan mineral berlangsung di dalam usus kecil, hal ini dilakukan untuk memastikan racun keluar dari tubuh. Seperti yang telah disebutkan, asupan magnesium yang seimbang juga membantu mengaktifkan vitamin D yang disimpan di dalam tubuh. Mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga dapat mendukung asupan vitamin D3 bagi tubuh si Kecil.

  5. Memperbaiki kualitas tidur

    Manfaat magnesium juga diperlukan bagi anak-anak dan orang dewasa yang mengalami kesulitan tidur. Sebab, magnesium dipercaya dapat menenangkan saraf otot yang baik ketika si Kecil tidur. 

    Namun, penelitian lebih lanjut harus dilakukan untuk membuktikan manfaat magnesium yang satu ini. Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk meningkatkan asupan mineral ini untuk membantu mengatasi masalah tidur yang dialami bahkan menurunkan tekanan darah. 

  6. Mengurangi risiko terkena kanker usus

    Melansir laman resmi medicalnewstoday.com, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang kaya akan magnesium mampu mengurangi risiko kanker usus. Selain itu, manfaat magnesium juga penting dalam mempersiapkan usus sebelum menjalani penanganan medis tertentu.

  7. Menurunkan risiko terkena penyakit diabetes

    Manfaat magnesium lainnya yaitu dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes, bahkan diabetes tipe 2. Sebab, asupan magnesium yang cukup mampu membuat hormon insulin bekerja dengan baik sehingga kadar gula darah tetap stabil. 

    Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dan orang dewasa yang banyak mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium memiliki risiko lebih rendah untuk terkena penyakit diabetes. 

Sumber Magnesium 

Manfaat magnesium bisa Ibu dapatkan dari berbagai sumber alami yang mudah didapatkan dan diolah dalam menu harian si Kecil. Berikut ini beberapa sumber magnesium yang bisa jadi pilihan Ibu, di antaranya: 

  • Susu

    Selain sebagai sumber protein, susu juga termasuk makanan yang mengandung magnesium. Tak heran jika makanan satu ini sangat diperlukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak agar lebih prima. Sebab, si Kecil bisa mendapatkan manfaat magnesium bila mengonsumsi susu secara rutin. Beberapa manfaat magnesium yang penting yaitu menjaga kesehatan tulang, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan tulang, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. 

    Salah satu susu yang mengandung magnesium dan penting untuk anak usia 1-3 tahun adalah susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+[DK1] . Dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ rasa vanila dapat memenuhi kebutuhan magnesium si Kecil sekitar 20% sesuai AKG.

  • Ikan

    Ibu bisa mendapatkan manfaat magnesium dari beragam jenis ikan, salah satunya adalah ikan salmon. Selain magnesium, ikan salmon juga kaya akan protein, asam lemak omega 3, vitamin B, dan kalium yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Pastikan Ibu memasak semua jenis ikan hingga benar-benar matang. Sebab, ikan mentah atau setengah matang mungkin masih mengandung kuman atau parasit yang bisa menyebabkan si Kecil infeksi. 

  • Sayuran hijau 

    Manfaat magnesium juga bisa Ibu dapatkan dari beberapa jenis sayuran hijau, seperti bayam dan brokoli. Kedua jenis sayuran ini memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Dalam setengah mangkuk bayam, terkandung sekitar 80 mg magnesium. Sedangkan, dalam setengah mangkuk brokoli, terkandung sekitar 12 mg magnesium.

  • Alpukat

    Alpukat termasuk buah-buahan yang kaya akan magnesium. Dalam satu buah alpukat berukuran sedang mengandung sekitar 50 mg magnesium. Selain itu, alpukat juga mengandung berbagai nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan si Kecil, seperti kalium, lemak sehat, vitamin K, dan vitamin B. 

  • Pisang

    Jenis buah-buahan lain yang kaya akan magnesium adalah pisang. Satu buah pisang berukuran besar mengandung sekitar 35 mg magnesium. Pastikan Ibu memberikan pisang dalam kondisi yang segar dan masih layak dikonsumsi oleh si Kecil. Hindari mengolah pisang lebih dari satu kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak. 

  • Kacang-kacangan 

    Kacang-kacangan seperti kacang almond, mete, dan edamame mengandung magnesium yang tinggi. Selain magnesium, kacang-kacangan ini juga mengandung serat dan lemak baik yang dapat mengurangi kolesterol jahat dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. 

Kebutuhan Magnesium Harian

Manfaat magnesium memang baik untuk tubuh, baik orang dewasa atau anak-anak. Akan tetapi, kebutuhan magnesium tentu akan berbeda pada setiap orang, tergantung kondisi tubuh dan usia. 

Jika mengalami suatu infeksi, kemungkinan besar tubuh memerlukan kebutuhan magnesium lebih banyak. Atau, bisa juga menambahkan kadarnya dengan mengonsumsi suplemen magnesium. Nah, berikut angka kebutuhan rata-rata magnesium per hari sesuai anjuran Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan RI guna memaksimalkan manfaat magnesium:

Anak-anak

0 – 6 bulan: 300 mg

7 – 11 bulan: 55 mg

1 – 3 tahun: 60 mg

4 – 6 tahun: 95 mg

7 – 9 tahun: 120 mg

Perempuan

10 – 12 tahun: 155 mg

13 – 15 tahun: 200 mg

16 – 18 tahun: 220 mg

Lebih dari 19 tahun: 320 mg

Laki-laki

10 – 12 tahun: 150 mg

13 – 15 tahun: 200 mg

16 – 18 tahun: 250 mg

Lebih dari 19 tahun: 350 mg

Nutrisi Lain yang Penting Selain Magnesium

Seperti yang telah disebutkan ya, Bu, manfaat magnesium memang penting, tetapi Ibu juga perlu mencukupi asupan nutrisi penting lainnya agar tumbuh kembang si Kecil lebih maksimal. Salah satu nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh anak-anak yang masih dalam pertumbuhan adalah 9 Asam Amino Esensial (9AAE).

9 Asam Amino Esensial (9AAE) merupakan bentuk sederhana dari protein yang dapat diserap oleh tubuh dan penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Asupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) sangat penting karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga harus didapatkan dari sumber protein hewani berkualitas, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih.

Tahukah Ibu? Sekitar 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA. Itulah sebabnya, si Kecil perlu mengonsumsi DHA yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nah, Ibu bisa mendapatkan DHA tinggi dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

Selain itu, selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. 

Semua nutrisi penting ini bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil. Selain mengandung DHA tinggi serta 9AAE, susu ini juga dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3&6, Asam Sialat, dan Sphingomyelin tertinggi di kelasnya. Susu ini juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Pantau terus tumbuh kembang si kecil dengan menggunakan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima. Fitur ini dapat memudahkan Ibu untuk mengetahui berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar perut, indeks massa tubuh, dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan. Fitur ini didukung oleh grafik pertumbuhan dari WHO, sehingga Ibu bisa tahu seperti apa tumbuh kembang ideal bagi bayi dan anak-anak. Yuk, coba langsung fiturnya di sini!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan bergabung sebagai member Ibu dan Balita, Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Yuk, daftar sekarang!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.