Whatsapp Share Like Simpan

Perawatan bayi adalah hal yang harus sangat diperhatikan oleh Ibu, termasuk soal mandi. Bagi bayi, mandi bermanfaat untuk menjaga kebersihan diri, kesehatan kulit, membuat tubuh rileks, meningkatkan kualitas tidur, dan merangsang perkembangan indera. Cara memandikan bayi juga harus dilakukan dengan hati-hati, terlebih di era new normal seperti sekarang ini.

Tidak seperti sebelumnya, di era new normal memandikan bayi akan membutuhkan penyesuaian. Tujuannya tentu, untuk melindungi bayi dari virus yang bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuhnya karena sistem imunnya yang masih sangat lemah. Jadi, bagaimanakah cara memandikan bayi yang tepat untuk saat ini? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini ya, Bu:

1. Bersihkan Diri Ibu Terlebih Dulu

Dikarenakan virus dapat dengan mudah menempel pada tubuh, maka Ibu harus membersihkan diri terlebih dulu sebelum memandikan bayi. Jika Ibu baru pulang dari bepergian, maka Ibu wajib mandi dan mengganti pakaian. Namun jika hanya berada di rumah, Ibu hanya perlu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Apabila Ibu dalam kondisi yang sedang tidak fit, Ibu juga sebaiknya mengenakan masker untuk menghindarkan virus atau bakteri berpindah ke bayi.

2. Pegang Bayi di Dasar Kepala dan Bahunya

Bagi bayi yang masih berusia di bawah 4 bulan, lehernya masih sangat lemah dan belum bisa menopang kepala dengan baik. Untuk itu cara memandikan bayi harus dengan memegang dasar kepala dan bahunya dengan satu tangan di dalam ember berisi air. Sementara tangan lainnya menyiramkan air dan mengusapkan sabun ke tubuh bayi.

Hindari menggunakan sarung tangan, karena sentuhan kulit Ibu ke tubuh bayi besar manfaatnya untuk membangun ikatan emosional. Lebih baik Ibu mencuci tangan sampai bersih sebelum menyiapkan peralatan mandi bayi dan memandikannya. Pastikan Ibu memegang bayi dengan baik supaya ia tidak tergelincir dari tangan Ibu. Kepala bayi juga harus tetap berada di atas air untuk menghindari air masuk ke telinga, mata, dan hidung bayi.

Artikel Sejenis

3. Mandi Maksimal 2 Kali Sehari

Mandi memang baik untuk menjaga kebersihan tubuh bayi agar terhindar dari kuman penyebab penyakit. Meski begitu, cara memandikan bayi yang benar di masa sekarang ini adalah tetap 2 kali sehari. Ibu tidak perlu menambah frekuensinya, karena terlalu sering mandi justru dapat menyebabkan kulit bayi yang masih sensitif menjadi kering. Kulit yang kering akan membuatnya jadi semakin sensitif dan mudah terserang penyakit kulit. Jadi, cukup mandikan bayi pada pagi dan sore hari saja ya, Bu.

 

Baca juga: Belajar Sambil Mandi, Ini Caranya!

4. Pilih Produk Bayi yang Lembut

Cara memandikan bayi selanjutnya yang perlu Ibu perhatikan adalah dengan memilih produk bayi yang mengandung formula lembut dan sesuai dengan kondisi kulit bayi. Hal ini penting untuk merawat dan menjaga kulit bayi supaya selalu bersih dan terjaga kelembapannya. Untuk buah hati yang kulitnya sensitif terhadap wangi-wangian, maka sebaiknya hindari produk bayi yang mengandung zat pewangi yang bisa menyebabkan ruam pada kulitnya.

5. Mandi di Waktu yang Tepat

Bayi memang tidak dianjurkan untuk diajak bepergian jika tidak mendesak. Namun apabila terpaksa pergi karena urusan mendesak, maka setelah bepergian adalah waktu yang tepat bagi bayi untuk dimandikan. Di waktu ini, mandi akan membersihkan tubuh bayi dari mikroorganisme dan debu yang bisa menempel pada tubuh bayi saat berada di luar rumah.

Selain pada waktu tersebut, saat tepat lainnya untuk memandikan bayi adalah saat bayi dalam kondisi kenyang, tidak mengantuk, tidak habis menyusu, dan tidak rewel. Memandikan bayi di waktu yang kurang tepat hanya akan menyebabkan bayi semakin rewel.

6. Menjaga Suhu Ruangan

Cara memandikan bayi selanjutnya adalah memperhatikan suhu ruangan. Suhu tubuh bayi bisa sangat dipengaruhi oleh suhu ruangan di tempatnya berada.  Suhu tubuh yang terlalu rendah bisa membuatnya kedinginan setelah mandi. Jadi, saat memandikan bayi jaga suhu ruangan pada angka 26-27 derajat Celcius untuk membuatnya tetap nyaman.

7. Kenakan Pakaian yang Tepat

Setelah bayi selesai dimandikan, segera bungkus tubuhnya dengan handuk untuk menjaga suhu tubuhnya tetap hangat. Kemudian, oleskan minyak telon dan lotion supaya kulitnya tetap halus dan lembap. Baru setelah itu kenakan bayi pakaian yang tepat sesuai dengan cuaca saat itu. Jika cuaca sedang panas, pilih pakaian pendek. Sementara saat cuaca dingin, pilih pakaian panjang. Ibu juga harus memilih pakaian dengan bahan yang lembut dan tidak gerah di kulit bayi untuk membuatnya tetap nyaman.

 

Cara memandikan bayi di era new normal sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan masa sebelumnya. Hanya saja Ibu harus lebih memperhatikan kebersihan diri Ibu sebelum memulai rutinitas tersebut. Berhati-hati dan waspada tentunya jauh lebih baik untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, bukan?

Jika Ibu masih punya pertanyaan seputar anak, jangan ragu untuk melakukan berkonsultasi pada laman Tanya Pakar. Namun pastikan Ibu sudah melakukan registrasi sebelumnya ya, Bu!


Sumber: Popmama