Share Like
Simpan

Hai Bu, bagaimana proses kelahiran si Kecil? Meski sakit, lelah, dan menguras emosi, kelahiran ia ke dunia tentu menjadi anugerah yang membahagiakan, ya. Si Kecil memang butuh perhatian dan perawatan optimal, tapi kita juga tak boleh lupa merawat diri sendiri, Bu.

Pada masa awal setelah melahirkan, saya sering merasa tak nyaman di bagian organ intim. Proses kelahiran normal yang saya lakukan ternyata menyisakan beberapa PR yang harus dikerjakan, termasuk merawat daerah organ intin agar kembali sehat dan terlihat seperti semula. Ya Bu, proses melahirkan normal memang bisa membuat daerah intim terasa nyeri. Namun, kondisinya mungkin kembali seperti semula jika kita merawatnya dengan baik melalui cara ini.

Kompres dengan Es Batu

Sesaat setelah melahirkan, rasa nyeri yang saya rasakan di daerah organ intim begitu terasa. Sebagai pereda rasa nyeri, saya diberikan es batu yang dibungkus dengan kain untuk mengompres bagian yang terasa sakit. Setidaknya ini dapat mengurangi rasa nyeri dan membuat saya lebih nyaman. Jika Ibu ingin mencobanya sendiri, Ibu bisa melakukannya saat sedang beristirahat setelah menyusui atau setelah mandi.

Gunakan Obat Penahan Rasa Sakit

Pastikan untuk mendapatkan resepnya dari dokter ya Bu, agar proses pemberian ASI tidak terganggu. Dokter biasanya memberikan obat penahan rasa sakit seperti ibuprofen atau acetaminophen. Selain berbentuk pil, obat semacam ini juga dapat berupa spray atau lap yang mengandung anestesi, untuk menghilangkan rasa sakit.

Gunakan Pembalut Berukuran Besar

Setelah melahirkan, kita masih mengalami proses pendarahan, Bu. Umumnya, proses pendarahan berlangsung sekitar 4-6 minggu. Demi kenyamanan, saya lebih suka menggunakan pembalut berukuran besar. Apalagi, penggunaan tampon untuk menahan pendarahan setelah melahirkan tidak dianjurkan, Bu.

Jika ada darah menggumpal yang keluar pada tiga atau lima hari pertama, Ibu tak perlu khawatir karena itu adalah sesuatu yang normal. Umumnya, darah keluar lebih banyak dan berwarna merah tua pada 2-3 hari setelah melahirkan. Setelah itu, warna darah akan berangsur lebih muda, hingga berwarna kuning atau krem. Jika darah berwarna merah segar dan berbau, segera konsultasikan kepada dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut ya, Bu.

Tahan Keinginan Berhubungan Seksual

Memiliki keinginan untuk berhubungan seksual setelah melahirkan itu wajar, Bu. Meski begitu, vagina kita juga butuh waktu untuk sembuh seperti semula. Jika Ibu tidak mendapatkan jahitan, hubungan seksual dapat dilakukan setelah dua minggu atau lebih, tergantung dari kesiapan Ibu sendiri. Jika Ibu mendapatkan beberapa jahitan di area vagina, ada baiknya untuk menunggu jahitan ini kering terlebih dulu. Umumnya, jahitan mengering dalam empat sampai enam minggu setelah melahirkan.

Lakukan Senam Kegel

Apakah Ibu sulit mengontrol keinginan untuk buang air? Ternyata, hal ini juga dialami oleh 70% ibu baru melahirkan. Hal ini disebabkan vagina yang membengkak dan membuat sensitivitasnya berkurang. Oleh karena itu, saya menyarankan Ibu melakukan senam kegel. Dulu, saya melakukan senam ini untuk melatih otot di daerah vagina sehingga kembali berfungsi dengan baik. Selain itu, senam kegel juga dapat membuat sirkulasi darah lebih lancar dan mempercepat proses penyembuhan setelah melahirkan.

Bagaimana, Bu, apakah tips saya dapat membantu Ibu? Merawat vagina setelah melahirkan ini dapat membantu proses kesembuhan lebih cepat, Bu. Sehingga Ibu dapat beraktivitas seperti biasa dan lebih optimal dalam merawat si Kecil. Jadi, selamat mencoba, Bu!