Whatsapp Share Like Simpan

Kaldu ayam jadi salah satu bahan masakan penting yang dibutuhkan saat si Kecil sudah mulai mengonsumsi MPASI. Kaldu ayam MPASI ini diperlukan untuk membuat berbagai macam menu MPASI yang bergizi dan lezat. Nah, Ibu tidak perlu khawatir karena di artikel ini akan dijelaskan mengenai cara membuat kaldu ayam MPASI beserta tips cara menyimpannya lho. Yuk, langsung ikuti caranya di bawah ini.

Bahan-bahan Kaldu Ayam MPASI

Sebelum membuat kaldu ayam MPASI untuk sehari-hari, Ibu perlu menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut:

  • 1 ayam utuh atau tulang ayam (Ibu bisa tambahkan kulit dan cekernya juga)
  • 1 buah wortel ukuran besar, potong menjadi 3-4 bagian
  • 1 batang daun bawang, iris-iris 
  • 2 buah daun salam 
  • 2 batang seledri, iris-iris 
  • 3 siung bawang putih, digeprek tapi jangan sampai teksturnya terlalu hancur
  • 1 bawang bombai, potong menjadi 4 bagian
  • 3 liter air 

Cara Membuat Kaldu Ayam MPASI

Bahan-bahan di atas akan menghasilkan kaldu ayam MPASI sebanyak 3 liter yang bisa Ibu pergunakan sebagai stok dalam membuat menu MPASI bergizi dan enak untuk si Kecil. Setelah bahan-bahan tersebut sudah Ibu siapkan, saatnya membuat kaldu ayam MPASI dengan cara di bawah ini yuk!

  1. Cuci bersih bahan kaldu ayam MPASI dan potong-potong sesuai instruksi
  2. Masukkan semua bahan kaldu ayam MPASI ke panci besar
  3. Tambahkan air sekitar 3 liter, atau bisa Ibu sesuaikan sampai semua bahan tertutup air
  4. Didihkan semua bahan kaldu ayam MPASI tadi dengan api besar, 
  5. Sambil menunggu jadi, saring dan ambil busa kotor yang muncul di permukaan air rebusan. Lakukan secara berkala sampai tidak ada busa yang muncul, kecilkan api dan tutup
  6. Didihkan kaldu ayam MPASI hingga sekitar 4 jam
  7. Setelah kaldu ayam MPASI jadi, saring bersih semua bahan yang tadi masuk. Jika Ibu menggunakan ayam utuh, ayam bisa didinginkan untuk disimpan
  8. Tunggu sampai kaldu ayam MPASI benar-benar dingin, baru disimpan di kulkas atau freezer untuk dijadikan stok MPASI si Kecil

Nilai Gizi Kaldu Ayam MPASI

Dari 100 gram kaldu ayam MPASI, ada gizi yang bisa bermanfaat untuk si Kecil, dengan kandungan sekitar:

  • Total lemak: 0,5 gram, sekitar 1 persen
  • Lemak jenuh: 0 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 0,1 gram
  • Kolesterol: 5 mg, sekitar 2 persen
  • Sodium: 924 mg, sekitar 39 persen
  • Kalium: 45 mg, sekitar 1 persen
  • Total karbohidrat: 1,1 gram
  • Serat makanan: 0 gram
  • Gula: 1,1 gram
  • Protein: 1,6 gram
  • Vitamin A: 0,1 persen
  • Kalsium: 0,8 persen
  • Zat besi: 1 persen

Meski kaldu ayam MPASI bisa menjadi tambahan nutrisi, namun tetap saja kandungan gizi di dalamnya masih rendah sehingga memerlukan zat gizi lain yang lebih penting, yaitu protein. Protein ini sangat penting karena memiliki fungsi khas yang tidak dimiliki oleh zat gizi lain, yaitu membangun dan memelihara sel jaringan tubuh. Protein ini nantinya akan dipecah di dalam tubuh menjadi 9 asam amino esensial atau biasa disebut 9AAE. Asupan 9 asam amino esensial (9AAE) sangat penting karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga memerlukan bantuan dari sumber protein berkualitas, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan serta hasil olahannya. Perlu diketahui bahwa protein hewani adalah jenis protein yang paling penting dan dibutuhkan oleh tubuh dibandingkan protein nabati. Ini karena protein nabati, seperti kacang-kacangan, sayuran dan buah memiliki asam amino pembatas yang menyebabkan asam amino lainnya tidak terserap dengan baik di dalam tubuh. 

Artikel Sejenis

Kebutuhan 9AAE juga harus terpenuhi dalam 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat agar tumbuh kembang anak lebih optimal. 9 jenis asam amino esensial ini meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. Jika kekurangan satu jenis asam amino esensial, maka akan mengurangi fungsi optimal yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Hal ini dibuktikan juga dalam sebuah penelitian di National Center for Biotechnology Information yang menjelaskan bahwa kekurangan satu jenis 9 asam amino esensial (9AAE), maka akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan (IGF-1) sebesar 34 persen. Sementara, kekurangan semua jenis 9 asam amino esensial (9AAE) akan menurunkan hormon pertumbuhan (IGF-1) sebesar 50 persen. Selain itu, 9 asam amino esensial (9AAE) juga berfungsi untuk membangun dan memelihara jaringan tubuh, sebagai sumber energi, membangun antibodi, serta dapat mengangkut zat gizi pada tubuh si kecil.

Baca juga: 4 Resep Makanan Asam Amino Esensial untuk Kesehatan Si Kecil

Tips Menyimpan Kaldu Ayam MPASI dengan Mudah 

Karena proses pembuatan kaldu ayam MPASI ini cukup lama, jadi lebih baik Ibu membuatnya sekaligus banyak untuk dijadikan stok ke depannya ya. Kaldu ayam MPASI yang sudah jadi dapat bertahan sekitar 4-5 hari di kulkas. Jika didinginkan di dalam freezer, kaldu ayam MPASI akan bertahan hingga 6 bulan lho. Di bawah ini ada beberapa tips untuk menyimpan kaldu ayam MPASI dengan benar dan mudah:

  • Ibu harus memastikan kaldu ayam MPASI benar-benar dingin sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Sebaiknya tunggu 2-3 jam sebelum dimasukkan ya, Bu, atau bisa juga membaginya ke dalam wadah-wadah kecil terlebih dahulu sebelum dimasukkan. 
  • Disarankan untuk menggunakan botol kaca untuk menyimpan kaldu ayam MPASI. Jangan isi botol sampai terlalu penuh, sisakan sedikit ruangan untuk pemuaian.
  • Jika Ibu ingin menyimpan dalam porsi lebih kecil atau untuk sekali makan cukup, bisa memanfaatkan wadah es batu khusus untuk makanan. Setelah beku, pindahkan ke plastik zip lock. Cara lainnya, Ibu bisa kantongi kaldu di plastik es mambo. Lebih efisien dan lebih bersih

Langkah Mudah Menyiapkan MPASI Si Kecil

Selain menyimpan kaldu ayam MPASI, Ibu juga perlu tahu langkah-langkah mudah menyiapkan MPASI si Kecil setiap harinya, antara lain:

1. Siapkan daftar menu MPASI

Saat MPASI dimulai, selalu ada momen yang menyita waktu untuk mempersiapkan daftar menu apa saja yang ingin Ibu buat. Ibu harus berpikir sekreatif mungkin untuk membuat MPASI yang sehat dan tetap disukai si Kecil. 

Nah, supaya waktu dalam mempersiapkan menu MPASI tersita terlalu banyak, Ibu bisa mengumpulkan berbagai resep ide MPASI bergizi dan disukai si Kecil, salah satunya kaldu ayam MPASI. Caranya, Ibu bisa mencatat atau membuat list berbagai referensi dari situs online sebelum si Kecil mengonsumsi MPASI. Jika sudah, jadwalkan resep-resep tersebut dalam seminggu atau bahkan sebulan ke depan. Cara ini bisa memudahkan Ibu dalam menyiapkan MPASI, termasuk kaldu ayam MPASI setiap harinya. 

2. Persiapkan bahan MPASI lebih awal

Mungkin Ibu sering mendengar istilah food preparation. Ini adalah sebuah metode mengubah bahan baku mentah menjadi bahan siap masak. Nah, metode ini bisa Ibu lakukan untuk mempersiapkan bahan-bahan MPASI si Kecil lho. Supaya tidak repot, Ibu bisa mencuci, kupas, dan potong semua bahan masakan untuk MPASI segera setelah Ibu selesai belanja. Takar juga bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sesuai pedoman yang ada di resep. Jika ada bahan-bahan olahan yang sekiranya akan sering Ibu butuhkan seperti kaldu ayam MPASI, Ibu bisa membuatnya dalam porsi banyak sekaligus, kemudian masukkan ke dalam plastik kecil dan simpan di kulkas. Tips ini sangat penting dan bermanfaat untuk Ibu agar bisa memudahkan saat mulai masak MPASI setiap hari. 

3. Pilih satu metode memasak

Tips selanjutnya yang bisa memudahkan Ibu saat menyiapkan MPASI adalah dengan memilih satu metode memasak. Sebab, memasak dengan proses yang beraneka ragam kemungkinan besar akan membuat waktu masak jadi makin panjang. Maka dari itu, saat di tahap awal, sebaiknya Ibu pilih menu MPASI dengan proses pembuatan sederhana atau hanya perlu menerapkan satu metode masak. Tips ini cukup ampuh untuk menyajikan MPASI jadi lebih cepat. Perlu Ibu ketahui juga, sebaiknya pilihlah metode masak yang menyehatkan seperti merebus atau mengukus. Metode masak dengan cara menggoreng sangat tidak disarankan ya, Bu. Ini karena minyak dari makanan yang digoreng tidak baik untuk kesehatan si Kecil. Ia bisa saja mengalami batuk atau gangguan pencernaan lain. 

4. Siapkan MPASI saat si Kecil tidur

Ibu pasti ingin menyiapkan MPASI tanpa harus mengganggu waktu si Kecil, bukan? Nah, supaya Ibu lebih leluasa dan tidak terganggu dengan kerewelan si Kecil, sebaiknya Ibu memanfaatkan waktu tidur si Kecil untuk membuat MPASI, termasuk kaldu ayam MPASI. Tahap ini bisa Ibu maksimalkan saat si Kecil sedang tidur siang lho. 

Itulah beberapa informasi cara membuat kaldu ayam MPASI dan tips menyiapkannya supaya lebih mudah. Bagaimana, Bu? Cukup mudah untuk dipraktikkan di rumah kan? Kini, Ibu bisa dengan leluasa untuk membuat kaldu ayam MPASI dan berbagai menu sehat lainnya untuk si Kecil. Eits, tapi Ibu juga perlu tahu bahwa kaldu ayam MPASI belum cukup memenuhi nutrisi si Kecil. Oleh karena itu, perlu ada tambahan nutrisi dari zat gizi lainnya, seperti protein yang di dalamnya terdapat 9 asam amino esensial (9AAE) yang sangat penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Kandungan 9 asam amino esensial (9AAE) ini bisa secara lengkap Ibu dapatkan dalam Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+, susu bubuk pertumbuhan yang kandungan nutrisinya sudah ditingkatkan dari sebelumnya, demi mendukung potensi tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Susu Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+ juga mengandung 9 nutrisi penting lainnya, seperti minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3 serta vitamin dan mineral lainnya untuk mendukung potensi si Kecil tumbuh pintar, kuat, dan tinggi. Hadir dalam tiga varian rasa, yaitu vanila, madu, dan cokelat yang pastinya disukai si Kecil, Bu. Yuk, minum susu setiap hari!