Whatsapp Share Like Simpan

Pernah mendengar khasiat buah bit untuk bayi, Bu? Buah jenis umbi-umbian berwarna merah keunguan ini memang sering jadi perbincangan orang-orang karena banyak manfaatnya, terutama untuk kesehatan. Memang, apa saja sih khasiat yang dibawa oleh buah bit tersebut? Karena penasaran, saya pun berusaha mencari banyak info dari buku dan internet. Berikut saya bagikan informasi yang berhasil saya dapatkan kepada Ibu:

Kandungan Buah Bit

Buah dengan nama latin Beta vulgaris ini mengandung aneka Vitamin dan Mineral. Di antaranya ada Kalsium, Kalium, Magnesium, Zat Besi, Vitamin A, B komplek, C, E, dan K yang baik untuk tubuh bayi. Tentunya semua kandungan tersebut akan sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi.

Khasiat Buah Bit untuk Bayi

Pasti Ibu bertanya-tanya, apalagi sih keuntungan bayi yang rutin mengonsumsi buah bit? Nah, untuk mengenal lebih jauh khasiat buah ini untuknya, yuk simak sederet khasiat buah bit untuk bayi yang mungkin belum Ibu ketahui berikut ini!

  • Memperbaiki Saluran Pencernaan Memberi asupan makanan yang mudah dicerna memang baik untuk sistem pencernaannya yang masih lemah. Kandungan serat alami dan Vitamin C dalam sedikit buah bit dapat melancarkan saluran pencernaan bayi, sehingga ia terhindar dari sembelit. Apalagi di awal fase MPASI, bayi akan sering mengalami sembelit akibat adanya perubahan asupan makanan yang ia konsumsi. Oleh karenanya, buah ini sangat direkomendasikan untuk diberikan sebagai menu MPASI bayi.
  • Menyehatkan Mata Sebagai pendukung proses tumbuh kembang bayi, kandungan Lutein dan Zeaxanthin pada buah bit bisa memberi segala manfaat positif untuk kedua matanya, sehingga penglihatannya semakin sempurna, Bu. Indera penglihatan sangat penting untuk proses belajar bayi. Untuk itu matanya harus diberi asupan nutrisi agar selalu sehat dan ia pun dapat melihat dengan jernih.
  • Mengurangi Risiko Anemia Risiko anemia yang disebabkan oleh kurangnya zat besi di dalam tubuh juga bisa mengancam bayi, lho. Oleh sebab itu, Ibu bisa menambah sumber Zat Besi yang dibutuhkannya dengan menyajikan buah bit untuk bayi sebagai menu MPASI. Selain penting untuk memproduksi sel-sel darah merah, Zat Besi juga baik untuk mendukung perkembangan otaknya sejak dini dan menstabilkan tekanan darah.
  • Mengoptimalkan Perkembangan Otak Bit mampu meningkatkan sirkulasi darah di otak dan meningkatkan penyerapan oksigen, sehingga otak bayi dapat berfungsi dengan baik. Peningkatan aktivitas otak pada golden years dapat mengoptimalkan perkembangan otaknya sejak dini, Bu. Jika otak bayi berkembang dengan baik, maka ia pun akan lebih cepat belajar dan menangkap hal-hal baru di sekitarnya.
  • Melindungi Liver Tak hanya orang dewasa saja, gangguan liver juga dapat menyerang bayi lho, Bu. Beberapa penyakit liver yang paling umum menyerang bayi dan anak-anak adalah penyakit kuning dan hepatitis. Untuk memperkecil risiko bayi terserang gangguan liver, berikan sekitar 2-3 sendok teh jus bit pada menu MPASI untuk menjaga kesehatan livernya ya, Bu.
  • Meningkatkan Sistem Imun Saat bayi sedang kurang sehat atau musim pilek sedang melanda, buah bit sangat direkomendasikan sebagai menu MPASI bayi. Mengapa? Sebab kandungan Vitamin C dan antioksidan di dalamnya mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit. Jangan dianggap sepele, Bu, karena gangguan penyakit dapat mengganggu proses tumbuh kembang bayi. Tentunya Ibu tidak mau hal tersebut menimpa buah hati, bukan?
  • Mempercepat Pertumbuhan Tulang dan Gigi Berkat kandungan Kalsium dan Fosfor yang dimilikinya, buah bit untuk bayi sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan tulang dan giginya. Tidak hanya itu saja, tulang dan gigi bayi pun jadi lebih kuat sehingga tidak mudah keropos dan berisiko menyebabkan osteoporosis.
  • Mencegah Peradangan Buah bit juga bermanfaat untuk mencegah infeksi virus dan bakteri yang dapat mengakibatkan peradangan pada bayi. Pemberian buah bit untuk menu MPASI bayi akan membuat bayi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.
  • Mengoptimalkan Kecerdasan Mengandung asam folat membuat buah bit memiliki manfaat untuk mengoptimalkan perkembangan otak, sehingga kecerdasannya pun akan meningkat. Hal ini tentunya akan berdampak pada prestasinya di kemudian hari.


Baca juga: 9 Daftar Buah untuk MPASI Bayi 9 Bulan Beserta Manfaatnya

Artikel Sejenis

Memperkenalkan Buah Bit pada Bayi

Sebelum memperkenalkan buah bit pada bayi, Ibu perlu tahu bahwa buah ini baru direkomendasikan untuk bayi yang sudah berusia 8-10 bulan. Penyajiannya pun tidak boleh langsung dalam porsi besar, tapi hanya sebanyak 1-2 sendok teh terlebih dulu. Hal ini dikarenakan bit tinggi kandungan nitrat sehingga sistem pencernaan bayi akan sangat kesulitan untuk mencernanya.

Setelah bayi berusia 1 tahun, Ibu baru boleh menambah porsinya menjadi lebih banyak. Saat pertama kali memberikan buah bit Ibu juga perlu memberikan jarak selama 4 hari yang bertujuan untuk melihat apakah terdapat reaksi alergi atau tidak.

Cara Mengolah Buah Bit untuk MPASI Bayi

Mengurangi kandungan nitrat di dalam bit bisa dilakukan dengan cara memasaknya terlebih dulu sebelum diberikan sebagai MPASI bayi. Kupas kulitnya, cuci bersih dengan air mengalir, setelah itu rebus buah ini hingga teksturnya menjadi lunak. Cara ini akan menghindarkan bayi terlalu banyak mengonsumsi nitrat dan bayi mendapatkan sejumlah khasiat yang terdapat di dalam bit.

Buah bit juga sebaiknya tidak diperkenalkan pertama kali kepada bayi, karena ia mungkin tidak menyukai aroma dan rasanya. Jadi sebaiknya perkenalkan sayuran atau buah lainnya terlebih dulu sebagai MPASI, seperti ubi jalar, kentang, wortel, pisang, apel, dan lainnya, baru setelah itu bit.

 

Demikianlah beberapa khasiat buah bit untuk bayi yang perlu untuk Ibu ketahui. Ingat, buah bit yang disajikan harus dikukus terlebih dahulu, ya. Ini adalah cara memasak yang paling baik agar kandungan nutrisinya tetap terjaga, Bu. Satu lagi, sebaiknya diskusikan hal ini pada ahli gizi sebelum mengenalkan buah bit agar Ibu bisa mendapatkan informasi lebih lengkap soal MPASI. Terima kasih sudah membaca, Bu. Semoga serangkaian informasi tersebut bermanfaat, ya!

Ibu ingin berkonsultasi seputar nutrisi untuk bayi? Kunjungi saja laman Tanya Pakar, Bu. Para ahli di sana siap membantu dan menjawab pertanyaan Ibu. Namun untuk bisa memakai fitur tersebut, lakukan registrasi terlebih dahulu ya, Bu.

Sumber:

Mommyasia