Share Like
Simpan

Memiliki bayi sehat tentu jadi dambaan setiap orang tua, termasuk saya, Bu. Agar si Kecil selalu sehat, saya selalu memberikannya asupan kaya nutrisi seperti aneka sayuran dan buah-buahan. Namun, itu saja ternyata belum cukup, Bu. Dari konsultasi masalah anak yang saya lakukan beberapa waktu lalu, ternyata menghindarkan si Kecil dari paparan kuman dan bakteri juga tak kalah penting. Selain memerhatikan kebersihan lingkungan, Ibu juga harus lebih berhati-hati jika ada seseorang yang ingin menggendongnya. Untuk itu, perhatikan lima hal berikut ini sebelum membolehkan orang lain menggendong si Kecil ya, Bu.

1. Mencuci Tangan

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering dihinggapi kuman dan bakteri. Itulah kenapa Ibu harus mengingatkan seseorang untuk mencuci tangannya terlebih dahulu menggunakan sabun anti bakteri sebelum menggendong si Kecil. Jika hal ini tidak dilakukan, bukan tidak mungkin kesehatan bayi akan terganggu karena daya tahan tubuhnya yang masih lemah dan belum mampu melawan kuman serta bakteri dengan maksimal.

2. Hindari Membolehkan Orang Sakit Menggendong si Kecil

Seperti yang telah disebutkan di atas, bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih lemah. Bahkan bayi sehat sekalipun masih rentan terserang penyakit dibanding orang dewasa. Untuk itu, pastikan orang yang menggendong si Kecil tidak sedang berada dalam keadaan sakit ya, Bu. Berikan pengertian pada orang tersebut agar ia tiddak merasa tersinggung.

3. Hati-hati Saat Menggendong

Selain kesehatan bayi, keselamatannya juga harus diperhatikan, Bu. Untuk menghindari risiko celaka, sebaiknya arahkan orang yang ingin menggendong si Kecil untuk melakukannya dengan cara dan posisi yang benar. Tak hanya itu, minta orang tersebut untuk berhati-hati agar si Kecil tidak terjatuh.

4. Bicara dengan Perlahan

Suara keras dan kebisingan merupakan hal yang dapat menganggu ketenangan bayi. Alhasil, ia pun bisa berubah menjadi rewel dan menangis. Oleh sebab itu, minta orang yang menggendong si Kecil untuk berbicara dengan suara dan nada yang lembut. Dengan begitu, si Kecil pun tidak akan merasa terganggu.

5. Tidak Memberikan Makanan Sembarangan

Orang yang menggendong si Kecil belum tentu tahu apakah ia memiliki alergi pada makanan tertentu atau tidak. Jadi, meski si Kecil sudah mulai mengonsumsi makanan padat sekalipun, sebaiknya Ibu mengingatkan setiap orang untuk bertanya pada Ibu terlebih dahulu sebelum memberikan makanan apa pun padanya. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersedak atau alergi.

Itulah lima aturan yang wajib Ibu berikan jika seseorang ingin menggendong si Kecil. Sebab, bayi sehat tentu tidak lepas dari peran Ibu dalam menjaga asupan makanan, serta memerhatikan lingkungan dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Semoga informasi di atas bisa berguna, Bu!