Share Like
Simpan

Sejak si Kecil lahir, Ibu tentu selalu berupaya memberikan perawatan bayi terbaik untuknya supaya tumbuh kembangnya bisa optimal. Saya juga demikian, Bu, termasuk untuk urusan ”kecil” seperti memotong kuku. Ngomong-ngomong soal memotong kuku bayi, saya ada sedikit cerita nih, Bu.

Saat si Kecil baru lahir dulu, saya sempat ragu setiap kali harus memotong kukunya. Saya khawatir memotongnya terlalu dalam dan menyebabkan bayi saya kesakitan. Namun, mengingat kuku bayi sehat tumbuh lebih cepat dibanding kuku orang dewasa, saya harus tetap memotongnya dengan rutin supaya ia tidak melukai kulit lembutnya.

Saya pun berkonsultasi pada Ibu saya soal hal ini. Hasilnya, saya mendapatkan beberapa tips bermanfaat untuk memotong kuku bayi supaya ritual perawatan bayi yang satu ini bisa dilakukan dengan aman dan nyaman. Berikut selengkapnya.

1. Lakukan di Ruangan yang Terang

Sewaktu baru lahir, kuku si Kecil umumnya berukuran seperempat kali lebih kecil dibanding kuku orang dewasa. Inilah sebabnya, perlu ketelitian tinggi untuk bisa memotongnya dengan benar. Jika tidak, jari si Kecil bisa terluka karena tergunting lho, Bu.

Terkait hal ini, Ibu saya menyarankan untuk selalu memilih ruangan yang terang saat hendak memotong kuku si Kecil. Sebab, di ruangan dengan pencahayaan yang baik, kita akan lebih mudah membedakan mana kuku dan mana pula jari si Kecil. Dengan begitu, ritual menjaga kebersihan dan kesehatan bayi ini pun jadi lebih minim risiko.

2. Gunakan Alat Khusus

Tak hanya lebih mungil, tekstur kuku si Kecil juga lebih rapuh dibanding kuku orang dewasa, Bu. Ini sebabnya, Ibu saya menyarankan untuk tidak menggunakan gunting kuku orang dewasa untuk memotong kuku si Kecil, karena gunting itu didesain untuk kuku yang sudah cukup padat dan keras. Belum lagi, ukuran gunting kuku dewasa terlalu besar bila dibandingkan dengan kuku bayi yang mungil, sehingga berisiko melukai jari si Kecil. Jadi, Ibu disarankan menggunakan gunting kuku khusus bayi saat melakukan ritual perawatan bayi yang satu ini.

3. Pilih Waktu yang Tepat

Memotong kuku bayi di waktu yang tepat adalah tips berikutnya yang perlu diperhatikan, Bu. Menurut Ibu saya, waktu terbaik untuk memotong kuku bayi adalah sehabis memandikan si Kecil. Sebab, saat itu kuku si Kecil sudah lebih lunak sehingga lebih mudah dipotong.

Bila mau lebih aman, memotong kuku si Kecil juga bisa dilakukan saat ia tengah tertidur. Dengan begitu, konsentrasi kita tak akan terganggu karena tangan dan kaki si Kecil tidak bergerak-gerak.

4. Tekan Lembut Ujung Jari

Demi memperkecil risiko jari si Kecil terluka, Ibu saya juga menyarankan agar saya menekan lembut ujung jari si Kecil. Ini akan memperjelas mana bagian kuku dan mana bagian ujung jari si Kecil, sehingga meminimalisir risiko jari mungil bayi ikut tergunting, Bu.

Nah, itulah beberapa tips yang saya dapatkan dari Ibu saya untuk memotong kuku si Kecil. Semoga tips tadi bermanfaat sehingga Ibu tak ragu lagi saat harus melakukan ritual perawatan bayi yang satu ini, ya.