Whatsapp Share Like Simpan

Melihat si Kecil tumbuh menjadi anak yang pintar, kuat, dan tinggi merupakan harapan bagi setiap orang tua. Ibu pasti ingin memastikan bahwa si Kecil mendapatkan semua nutrisi yang tepat demi mendukung tumbuh kembangnya lebih optimal. Minyak ikan untuk anak merupakan salah satu nutrisi penting yang harus dikonsumsi untuk perkembangan otak si Kecil. Sebelum membahas mengenai manfaat minyak ikan untuk anak, perlu Ibu ketahui pula apa yang dimaksud minyak ikan dan dari mana saja sumbernya. Minyak ikan adalah ekstrak lemak ikan yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi ikan secara langsung atau dalam bentuk suplemen. Minyak ikan untuk anak jadi istimewa karena mengandung omega 3, yaitu asam lemak esensial yang diperlukan untuk kesehatan tubuh. Terdapat dua jenis asam lemak omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan, yaitu docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA). 

Apa Saja Manfaat Minyak Ikan untuk Anak?

Manfaat minyak ikan untuk anak yang sering diketahui oleh setiap orang tua adalah meningkatkan perkembangan otak. Sebenarnya, ada manfaat lain dari minyak ikan yang penting untuk kesehatan si Kecil lho Bu, antara lain:

Manfaat Minyak Ikan untuk Anak: Meningkatkan kecerdasan

Sama seperti balok-balok penyusun dalam permainan susun balok, minyak ikan untuk anak memberikan fondasi dan fungsi yang dibutuhkan otak si Kecil untuk berkembang. Sejak si Kecil lahir hingga berusia dua tahun, otaknya akan mencapai sekitar 80-90 persen volume orang dewasa. Itulah mengapa asupan minyak ikan untuk anak di 1000 hari pertama atau di dua tahun pertama kehidupannya sangat penting dipenuhi agar mendukung kecerdasannya di masa mendatang. Minyak ikan membantu membentuk bagian-bagian otak yang diperlukan untuk berpikir. Minyak ikan untuk anak sangat penting untuk membentuk bagian utama otak yang bertanggung jawab dalam kemampuan mengambil keputusan, pembelajaran, dan kemampuan lainnya. Dengan memberikan minyak ikan untuk anak dalam setiap makanannya, maka kecerdasannya pun akan semakin meningkat dan membantunya saat belajar hingga dewasa. 

Manfaat Minyak Ikan untuk Anak: Meningkatkan kemampuan baru

Saat otak si Kecil semakin berkembang, maka saat itu otaknya sedang menciptakan peta koneksi baru untuk terus belajar. Di sini peran minyak ikan untuk anak sangat dibutuhkan karena dapat membantunya belajar hal-hal dan kemampuan baru, mengendalikan emosi, dan melindungi dari risiko gangguan kerusakan otak di masa depan. Minyak ikan untuk anak harus dikonsumsi dalam batas normal, demi mengoptimalkan perkembangan otak yang sehat. Perkembangan otak yang sehat dapat membantu si Kecil mendapatkan kemampuan motorik, potensi belajar lebih cepat, dan daya ingat lebih baik. Artinya, jika Ibu membiasakan si Kecil untuk mencuci tangan terlebih dahulu, kemudian menyimpan mainannya, ia akan dapat mengingat urutan tersebut di kemudian hari. 

Manfaat Minyak Ikan untuk Anak: Meningkatkan kesehatan mata

Minyak ikan untuk anak bukan hanya mendukung perkembangan otak saja, tetapi juga membantu menjaga kesehatan mata si Kecil. Sebab, retina mata membutuhkan asam lemak dalam jumlah tinggi agar berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, minyak ikan untuk anak merupakan salah satu sumber makanan yang penting dikonsumsi agar si Kecil terhindar dari penyakit mata. Perlu Ibu ketahui, untuk mendapatkan mata yang sehat, minyak ikan bukan satu-satunya makanan yang wajib dikonsumsi, Ibu tetap harus memenuhi nutrisi lain yang penting untuk kesehatan mata si Kecil, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, serta vitamin dan mineral lainnya. Selain itu, jalani gaya hidup sehat dengan rutin olahraga dan mengurangi penggunaan gadget pada anak-anak.

Artikel Sejenis

Baca juga: Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentang 9 Asam Amino Esensial

Manfaat Minyak Ikan untuk Anak: Memelihara kesehatan jantung 

Selain baik untuk otak dan mata, minyak ikan untuk anak juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung di masa mendatang. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi minyak ikan sesuai batas normal berisiko lebih rendah terkena serangan jantung dan memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol. Selain itu, minyak ikan untuk anak juga dapat mengurangi risiko penyakit asma. 

Sekarang Ibu sudah tahu pentingnya minyak ikan untuk anak demi menjaga kesehatannya. Namun, tahukah Ibu bahwa tubuh tidak dapat menghasilkan minyak ikan sendiri, sehingga membutuhkan asupannya dari makanan yang mengandung minyak ikan. Sumber minyak ikan yang paling banyak yaitu berasal dari semua jenis ikan. Tuna, salmon, sarden, dan makarel adalah contoh jenis ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3. Tak hanya itu, makanan yang mengandung minyak ikan lainnya adalah susu, telur, kacang-kacangan, sayuran, minyak zaitun. Asupan minyak ikan untuk anak sudah tercukupi jika si Kecil mengonsumsi makanan bergizi seimbang sedini mungkin. Oleh karena itu, Ibu perlu memastikan asupan nutrisi si Kecil setiap harinya.

Sumber Makanan yang Mengandung Minyak Ikan

  1. Ikan

    Seperti yang Ibu ketahui, ikan merupakan makanan yang mengandung minyak ikan dalam jumlah yang banyak. Ibu bisa memilih ikan salmon, sarden, atau makarel untuk diolah menjadi menu kesukaan si Kecil agar kebutuhan nutrisinya tercukupi. 

  2. Kacang-kacangan

    Minyak ikan tidak hanya terkandung di dalam ikan saja lho, Bu. Kacang-kacangan, seperti kacang almond, kedelai, edamame, dan produk olahan kacang juga mengandung minyak ikan yang baik untuk kesehatan tubuh. 

  3. Sayuran

    Tak hanya vitamin dan mineral, sayuran juga mengandung minyak ikan yang bisa menambah nutrisi untuk tumbuh kembang si Kecil. Kandungan minyak ikan di dalam sayuran memang tidak setinggi pada ikan, akan tetapi asupannya bisa jadi pendukung dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. 

  4. Minyak 

    Minyak zaitun, minyak kanola, dan minyak kedelai termasuk jenis minyak yang mengandung minyak ikan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Ibu untuk memilih jenis minyak yang tepat saat mengolah makanan untuk si Kecil.

  5. Susu

    Susu termasuk jenis makanan yang ditambahkan kandungan minyak ikan untuk membantu memenuhi asupan nutrisi anak. Salah satu susu pertumbuhan yang mengandung minyak ikan, omega 3, dan omega 6 adalah Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang baik untuk mendukung potensi tumbuh kembang si Kecil. Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga diperkaya nutrisi penting lainnya, seperti asam amino esensial (9AAE), zat besi, zinc, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3 serta vitamin dan mineral untuk mendukung potensi si Kecil tumbuh pintar, kuat, dan tinggi. Kandungan 9 asam amino esensial (9AAE) dalam Frisian Flag PRIMAGRO 1+ menjadi nutrisi penting yang wajib Ibu tahu lho. Sebab, si Kecil membutuhkan asam amino esensial (9AAE) agar tumbuh kembangnya lebih optimal. Jika kekurangan satu jenis asam amino esensial, maka akan mengurangi fungsi optimal yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Oleh karena itu, kebutuhan 9 asam amino esensial (9AAE) ini harus dipenuhi dalam 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat agar si Kecil terhindar dari gangguan pertumbuhan, seperti stunting. Selain itu, 9 asam amino esensial (9AAE) juga berfungsi untuk membangun dan memelihara jaringan tubuh, sebagai sumber energi, membangun antibodi, serta dapat mengangkut zat gizi pada tubuh si kecil.