Share Like
Simpan

Konsumsi gula pada anak secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan si Kecil, lho. Ibu mungkin sudah tahu akan hal itu. Seorang teman merekomendasikan saya untuk membaca sebuah artikel online tentang kesehatan balita. Russell Viner, seorang profesor dari UCL Institute of Child Health mengatakan, konsumsi gula secara berlebihan akan menyebabkan banyak risiko pada si Kecil. Beberapa di antaranya adalah gigi keropos, obesitas, kekurangan nutrisi, dan diabetes. Nah…berdasarkan informasi dari Kementrian Kesehatan RI, konsumsi gula pada anak 1–3 tahun adalah maksimal 25 gram atau setara dengan 3–4 sendok teh, Bu.

Namun pada kenyataannya, sering kali si Kecil mengonsumsi lebih dari itu, apalagi saat tahun baru imlek atau pun perayaan lainnya seperti ulang tahun dan acara kumpul keluarga. Sebab, banyak makanan manis dan tinggi gula sering kali disajikan. Tentu ini jadi godaan yang sulit untuk dihindari untuk si Kecil yang umumnya sangat menyukai makanan manis. Bagimana cara untuk membatasinya? Berikut beberapa cara yang bisa Ibu lakukan.

1. Kecilkan Porsi

Menghentikan konsumsi gula pada si Kecil bukan sesuatu yang mudah, Bu, apalagi jika si Kecil sangat menyukai makanan manis. Untuk itu, Ibu bisa mengakali dengan memberikan camilan dalam wadah kecil, sehingga si Kecil mendapatkan porsi yang lebih sedikit dari biasanya. Misalnya, berikan ia camilan cokelat dalam mangkuk kecil ketimbang langsung membiarkan ia memegang satu bungkus besar cokelat. 

2. Buat camilan sehat

Ibu bisa, lho, membuat makanan atau camilan sendiri untuk si Kecil. Selain lebih higienis, Ibu jadi bisa mengetahui bahan-bahan yang digunakan serta dapat mengontrol takaran gula yang akan digunakan. Ada banyak sekali camilan sehat untuk anak yang bisa Ibu buat di rumah. Ibu bisa menemukan berbagai resepnya di situs Ibu & Balita.

3. Lebih Banyak Mengonsumsi Air Mineral

Bu, kadar gula pada minuman bersoda atau minuman kemasan sangat tinggi, lho. Maka dari itu, Ibu perlu membiasakan si Kecil untuk mengurangi minuman bersoda atau kemasan dan mulai mengajarkan si Kecil untuk lebih banyak mengonsumsi air mineral. Selain dapat mengurangi kadar gula, air mineral juga dapat mencegah dehidrasi dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

4. Hindari Makanan Dalam Kemasan

Dengan menghindari makanan dalam kemasan, Ibu tidak hanya mengurangi asupan gula si Kecil, Bu, namun juga menjadikan tubuh si Kecil lebih sehat. Sebab, umumnya makanan dalam kemasan telah mengalami berbagai macam proses pengawetan, sehingga tidak baik untuk kesehatan si Kecil.

Itu dia, beberapa cara yang bisa Ibu lakukan untuk membatasi konsumsi gula pada anak. Pastikan Ibu memberikan asupan gizi dan nutrisi yang cukup untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil menjadi anak yang pintar, kuat, dan tinggi.