Share Like
Simpan

Bu, makanan yang mengandung gula memang bisa jadi sumber energi bagi si Kecil. Namun, konsumsi gula juga perlu dibatasi, karena jika terlalu banyak bisa menyebabkan gigi berlubang, bahkan kegemukan. Oleh sebab itu, asupan gula si Kecil harus seimbang setiap harinya.

Saya punya sedikit cerita menarik untuk Ibu, nih. Waktu si Kecil masih berusia 3 tahun dulu, saya sempat khawatir karena ia sering makan makanan manis. Hampir setiap sore ia selalu minta dibelikan es krim, cokelat, atau permen. Untunglah seorang kerabat yang kebetulan sedang main ke rumah meminjamkan buku resep camilan rendah gula yang lezat dan bergizi.

Baiknya lagi, makanan ringan rendah gula ini bisa jadi pengganti permen atau es krim kesukaan si Kecil, lho. Mau tahu camilan apa saja yang pernah saya buat? Yuk, simak inspirasi camilan rendah gula berikut ini! 

  • Salad buah.

Potongan buah-buahan dalam semangkuk salad buah mengandung vitamin dan mineral komplit yang dibutuhkan si Kecil. Untuk membuat camilan yang satu ini, kupas lalu iris kecil buah-buahan seperti apel, pisang, jeruk, tomat, dan pir. Setelah diletakkan ke dalam mangkuk kecil, Ibu bisa menyiramkan saus jeruk di atasnya. Tidak perlu menambahkan gula pasir, karena rasa manis sudah berasal dari buah-buahan.

  • Keripik ubi.

Si Kecil tentu suka makan keripik sebagai camilan di sore hari. Nah, daripada mengonsumsi keripik dalam kemasan. Ada baiknya Ibu membuat keripik ubi sendiri di rumah. Pada dasarnya, ubi kaya akan serat, Vitamin, dan Antioksidan. Selain itu, ubi juga mengandung Karotenoid yang menstabilkan gula dan melancarkan metabolisme tubuh. Kupas dan iris tipis ubi ungu atau ubi jalar, lalu goreng dengan minyak zaitun. Jika sudah matang, taburi garam agar rasanya lebih gurih.

  • Yoghurt.

Yoghurt bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan si Kecil, sehingga ia terhindar dari konstipasi. Sebaiknya sajikan plain yoghurt atau yoghurt tanpa tambahan pewarna dan perasa sebanyak 200 ml sehari. Tambahkan juga potongan buah-buahan seperti apel atau strawberry supaya semakin lezat dan segar. Camilan sehat ini bisa Ibu berikan sebagai pengganti es krim yang memiliki kadar gula tinggi.

  • Bawang bombai panggang.

Tidak perlu digoreng untuk membuat camilan yang juga disebut dengan onion ring ini. Ibu juga bisa membuatnya dengan cara dipanggang, kok. Pertama-tama, iris tipis bawang bombai hingga menyerupai gelang. Kemudian celupkan bawang di telur yang sudah dikocok sebelum dibaluri dengan tepung roti. Panggang dengan oven selama 5-10 menit. Taburi garam secukupnya supaya terasa lebih gurih. Camilan ini juga baik untuk kita, Bu. Pasalnya, bawang bombai berkhasiat untuk mencegah risiko penyakit jantung sejak dini.

Bagaimana? Cara membuatnya begitu mudah bukan? Selain bermanfaat untuk mengganjal perut sebelum waktu makan tiba, camilan-camilan tersebut juga menyehatkan, lho. Berbagai pilihan camilan sehat ini pun bisa disajikan sebagai makanan selingan untuk si Kecil. Kemudian Bu, sebaiknya berikan ia dua kali makanan selingan setiap hari, antara sarapan dengan makan siang, dan juga antara makan siang dengan makan malam untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Terima kasih sudah membaca. Semoga artikel ini bisa menginspirasi ya, Bu!