Share Like
Simpan

Seiring dengan bertambahnya usia si Kecil, kebutuhan nutrisinya tentu turut bertambah sehingga jenis-jenis makanan yang ia konsumsi juga perlu semakin bervariasi. Beragamnya makanan yang dikonsumsi si Kecil, juga dapat menyehatkan atau justru mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan sembelit ataupun diare. Duh, membayangkan si Kecil terkena gangguan pencernaan tentu sedih rasanya ya, Bu?

Saya pernah membaca sebuah artikel pada situs kesehatan anak. Rutin memberikan buah-buahan segar bisa Ibu pilih sebagai salah satu cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi balita dan menjaga sistem pencernaannya tetap sehat. Terkait hal ini, berikut beberapa buah segar yang bisa Ibu pilih untuk dijadikan camilan si buah hati:

1. Semangka
Dari artikel yang pernah saya baca, buah semangka mengandung 92% air. Tak hanya itu, di balik rasanya yang segar dan disukai anak-anak, semangka juga memiliki kandungan gula, Magnesium, Kalsium, Sodium, dan Potasium. Inilah sebabnya, semangka disebut-sebut lebih efektif memenuhi kebutuhan cairan tubuh si Kecil daripada air, Bu!

Selain dimakan begitu saja, sebagai variasi, Ibu bisa mengolah semangka menjadi jus, atau mencampur potongan semangka dengan es dan gula aren dengan menggunakan blender. Sedap!

2. Pisang
Buah yang satu ini, memang sudah terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pisang mengandung Prebiotik yang dapat membantu membersihkan pencernaan dari racun dan menstimulasi pertumbuhan bakteri baik di usus si Kecil. Tak hanya itu, buah ini juga mengandung Antasida, salah satu zat pada obat yang digunakan untuk menetralkan asam lambung, Bu. Nah, agar si Kecil tak mudah bosan saat mengonsumsi pisang, Ibu bisa mencampur buah pisang ini dengan sereal atau roti yang sudah diolesi selai untuk sarapan si Kecil.

3. Jeruk bali
Buah segar satu ini mengandung 90% air dan baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Pasalnya, jeruk bali berkhasiat untuk membantu menetralisir racun-racun yang ada dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga berguna untuk mengurangi risiko tumor dan kanker karena mengandung vitamin C dalam jumlah banyak. Saat kadar vitamin C dalam darah meningkat, tubuh pun terbantu untuk melakukan perbaikan pada jaringannya yang rusak serta mencegah hadirnya sel-sel tumor dan kanker.

Bila si Kecil tidak terlalu menyukai jeruk bali karena rasanya yang cenderung asam dan agak getir, Ibu bisa memvariasikan sajian buah ini dengan menyuwir buah, lalu menaburkan sedikit gula pasir untuk disantap si Kecil dan keluarga.

4. Blewah
Blewah memiliki 89% kandungan air. Manfaatnya untuk kesehatan si Kecil adalah untuk membantu menjaga gula darah tetap stabil. Buah ini juga dapat menghasilkan produksi energi dalam tubuh. Sebagai variasi menu, Ibu bisa memotong blewah menjadi seukuran dadu, lalu campur dengan potongan semangka atau melon. Tambahkan sedikit sirup dan es untuk menjadi es buah; atau berikan mayonnaise untuk menjadi salad buah.

Selain mengandung banyak serat, buah-buahan yang sudah saya sebutkan tadi juga bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan si Kecil. Supaya si Kecil bisa lebih menyukai buah-buahan tadi, Ibu bisa mengolahnya menjadi menu favoritnya untuk mengantisipasi adanya penolakan dari si Kecil. Selamat menyantap buah segar bersama si Kecil!