Whatsapp Share Like
Simpan

Selain memberikan makanan utama kepada si Kecil, Ibu juga sebaiknya rutin memberikan buah-buahan. Ada banyak sekali manfaat buah yang bisa kita jumpai dengan aneka jenis dan rasanya. Salah satu dari sekian banyak buah tersebut, melon merupakan buah yang tepat untuk diberikan kepada anak-anak. Teksturnya lembut dan rasanya yang manis pasti akan disukai oleh si Kecil. Selain itu, buah ini juga kaya manfaat. Apa saja sih manfaat buah melon tersebut? Yuk, cari tahu jawabannya dari uraian di bawah ini:

Menambah Cairan Tubuh

Di usia 1 hingga 3 tahun, si Kecil akan banyak bergerak dan selalu ingin tahu semua hal yang ia temui. Banyaknya aktivitas yang ia miliki tidak hanya menguras energi dan membuat kelelahan, tapi juga membuat cairan tubuhnya lebih cepat berkurang.

Di samping memberinya minum cukup untuk mencegah dehidrasi dan membantu tubuhnya tetap segar, Ibu juga bisa memanfaatkan melon sebagai cara lain untuk menambah cairan tubuh si Kecil. Buah ini memiliki kandungan air serta elektrolit yang cukup tinggi, sehingga dapat menggantikan cairan yang hilang selama si Kecil beraktivitas. Setelah mengonsumsi melon, pasti ia akan kembali bersemangat.

Mengandung Zat Kolin yang Kaya Manfaat

Penelitian mengungkapkan bahwa si segar yang satu ini mengandung kolin, yaitu zat yang masih satu keluarga dengan vitamin B kompleks. Mengandung zat kolin membuat manfaat melon semakin beragam. Di antara manfaat kolin adalah sebagai berikut:

  • Membangun dan memperkuat otot. Zat kolin ikut membantu membangun dan memperkuat otot. Jika otot-otot si Kecil kuat, maka ia akan lebih kuat saat bergerak.
  • Menjaga kesehatan otak. Menurut hasil penelitian dari The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2011, kolin diketahui dapat menjaga kesehatan otak, mempertajam ingatan, dan mengatur mood.
  • Menjaga fungsi hati. Kolin berperan dalam membuat zat yang dibutuhkan tubuh untuk membawa kolesterol dari hati. Tubuh yang kekurangan kolin dapat berdampak pada penumpukan kolesterol di hati yang akan memicu berkembangnya lemak hati sebagai tanda awal dari kerusakan hati.
  • Menjaga kesehatan jantung. Kolin berperan dalam mengendalikan kadar homosistein di dalam darah. Jika homosistein dalam darah memiliki kadar yang terlalu tinggi, maka dapat memicu beberapa penyakit, seperti kardiovaskular (berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah), aterosklerosis (penyempitan dan penebalan arteri), dan trombogenesis (penyumbatan pembuluh darah).

Melancarkan Pencernaan

Di samping kebutuhan gizi yang harus terpenuhi, kesehatan pencernaan juga jadi syarat lain untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Seperti halnya orang dewasa, si Kecil juga butuh asupan serat agar sistem pencernaannya lancar. Apalagi di usianya ini, si Kecil rentan terserang gangguan pencernaan. Nah, salah satu manfaat buah melon ini adalah membantu melancarkan pencernaan si Kecil. Dengan kandungan seratnya yang tinggi, sepotong melon mampu mencukupi 10% kebutuhan serat harian si Kecil sehingga membantu Ibu menjaga kesehatan pencernaannya

Artikel Sejenis

Menutrisi Kulit dan Rambut

Tahukah, Bu? Di dalam melon terdapat kandungan vitamin A dan vitamin C yang berperan merangsang produksi minyak di kulit. Dengan kadar minyak kulit yang senantiasa terjaga, manfaat melon pun dapat membuat kulit dan rambut si Kecil jadi lebih sehat karena terjaga kelembapannya. Tak hanya itu, risiko kekeringan di kulit tubuhnya juga jadi terminimalisir, lho!

Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A serta karotenoid yang terkandung di dalam buah melon juga dapat menjaga kesehatan dan melindungi mata dari radiasi sinar UV. Kesehatan mata sangatlah penting untuk si Kecil supaya ia dapat dengan mudah mempelajari banyak hal baru yang akan sering ditemui di sekitarnya.

Tips Memilih Melon yang Baik

Ingatlah untuk hanya memberikan melon yang sudah matang dan memiliki tekstur daging yang empuk dan lembut untuk gigi si Kecil yang masih muda, ya. Hindari juga menyimpan melon terlalu lama di kulkas sebelum disajikan pada si Kecil. Sebab, hal ini bisa mengurangi kadar nutrisi di dalamnya. Untuk itu, lebih baik belilah melon secukupnya untuk konsumsi harian, daripada dalam jumlah banyak dan malah terpaksa diinapkan dalam kulkas. Terlebih bila buah itu memang Ibu sediakan khusus untuk si Kecil, bukan untuk anggota keluarga lainnya.

Banyak sekali kan manfaat buah melon untuk kesehatan si Kecil? Karenanya, yuk pilih buah ini sebagai salah satu asupan sehat untuk mengoptimalkan pemenuhan nutrisi balita! Sajikan melon dengan potongan kecil-kecil, dibuat jus, ataupun diolah menjadi puding. Namun, hindari penggunaan gula berlebih ya, Bu, agar tidak membuat asupan gula si Kecil menjadi terlalu banyak dan berisiko menyebabkan obesitas.

Jika Ibu ingin berkonsultasi mengenai nutrisi atau apapun seputar si Kecil, kunjungi saja laman Tanya Pakar. Di sana pertanyaan yang Ibu ajukan akan dijawab langsung oleh ahlinya. Jangan lupa untuk registrasi dulu supaya bisa menggunakan fitur tersebut!

Sumber:

kumparan.com, hellosehat.com