Share Like
Simpan

Si Kecil kini sudah mulai tumbuh gigi ya? Selamat ya, Bu! Di samping membuat ia terlihat makin menggemaskan, gigi-gigi yang mulai tumbuh di mulut si Kecil juga memungkinkan Ibu mencoba beragam kreasi menu sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi balita. Meski begitu, awalnya mungkin Ibu akan sedikit bingung menentukan asupan apa yang sebaiknya diberikan di fase itu. Sebab, selain harus bisa  melatih si Kecil untuk mengunyah, idealnya makanan yang dipilih juga harus bermanfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembangnya. Kebingungan ini pun pernah saya alami saat si Kecil berusia sekitar tujuh bulan dulu. Sekadar info, anak saya mulai tumbuh gigi di usia enam bulan. Jadi, saat usianya tujuh bulan, sebuah gigi susu yang mungil  sudah bertengger sempurna di gusinya.

Untuk menjawab rasa penasaran, saya pun mencari tahu apa saja sih asupan terbaik untuk melatih kemampuan si Kecil mengunyah melalui sebuah forum konsultasi anak di internet. Di sana disebutkan bahwa melon bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Sebab, buah ini  bertekstur lembut dan memiliki daging buah yang empuk, sehingga lebih mudah digigit oleh bayi. Selain itu, melon juga memiliki beberapa manfaat lain bagi kesehatan si Kecil, di antaranya:

  1. Menambah Cairan Tubuh

Berbeda dengan saat ia baru lahir beberapa bulan lalu, si Kecil kini tentu sudah lebih aktif bergerak ke sana kemari. Aktivitas ini tidak hanya menguras energi dan membuat ia kelelahan, tapi juga membuat cairan tubuhnya lebih cepat berkurang.

Namun, tak perlu khawatir. Memberinya minum cukup dapat mencegah dehidrasi dan membantu tubuhnya tetap segar, Bu. Ibu juga bisa memanfaatkan melon sebagai cara lain untuk menambah cairan tubuh si Kecil, sebab buah ini memiliki kandungan air serta elektrolit yang cukup tinggi.

  1. Memperkuat Otot dan Meningkatkan Kemampuan Belajar

Seperti yang telah disebutkan di atas, setelah usianya enam bulan, umumnya si Kecil makin aktif bergerak.  Tak hanya anggota tubuhnya, gerakan-gerakan yang ia lakukan juga membuat otot-ototnya turut bergerak aktif, Bu. Oleh karena itu, Ibu pun perlu menjaga dan memperkuat otot-ototnya. Salah satunya dengan memasukkan melon ke menu si Kecil. Sebab, penelitian mengungkapkan bahwa si segar yang satu ini mengandung Kolin, zat yang bermanfaat untuk membangun dan memperkuat otot.   

  1. Melancarkan Pencernaan

Di samping kebutuhan gizi yang harus terpenuhi, kesehatan pencernaan juga jadi syarat lain untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Seperti halnya orang dewasa, si Kecil juga butuh asupan serat agar sistem pencernaannya lancar. Dengan kandungan seratnya yang tinggi, sepotong melon mampu mencukupi 10% kebutuhan serat harian si Kecil sehingga membantu Ibu menjaga kesehatan pencernaannya .

  1. Menutrisi Kulit dan Rambut

Tahukah, Bu? Di dalam melon terdapat kandungan Vitamin A dan Vitamin C yang berperan merangsang produksi minyak di kulit. Dengan kadar minyak kulit yang senantiasa terjaga, rambut si Kecil pun jadi lebih sehat karena terjaga kelembapannya. Tak hanya itu, risiko kekeringan di kulit tubuhnya juga jadi terminimalisir lho!

Banyak sekali kan manfaat melon untuk kesehatan si Kecil? Karenanya, yuk pilih buah ini sebagai salah satu asupan sehat untuk mengoptimalkan pemenuhan nutrisi balita! Namun, sebelumnya tetap ingat untuk hanya memberikan melon yang sudah matang dan memiliki tekstur daging yang empuk dan lembut untuk gigi si Kecil yang masih muda ya.

Hindari juga menyimpan melon terlalu lama di kulkas sebelum disajikan pada si Kecil. Sebab, hal ini bisa mengurangi kadar nutrisi di dalamnya. Untuk itu, lebih baik belilah melon secukupnya untuk konsumsi harian, daripada dalam jumlah banyak dan malah terpaksa diinapkan dalam kulkas. Terlebih bila buah itu memang Ibu sediakan khusus untuk si Kecil, bukan untuk anggota keluarga lainnya. 

Nah, selamat  melatih si Kecil belajar mengunyah, Bu!