Whatsapp Share Like
Simpan

Hai, Bu! Apa aktivitas olahraga favorit Ibu, Ayah, dan si Kecil? Selain melakukan olahraga yang bersifat individu seperti joging, senam, yoga, dan sebagainya, si Kecil juga bisa mulai Ibu ajak belajar jenis olahraga beregu. Misalnya, bermain sepakbola atau basket, Bu. Mengapa? Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari forum tumbuh kembang anak, jenis olahraga tim ini bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri anak. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Seperti yang saya sebutkan di atas, rutin mengikuti olahraga beregu bisa membuat si Kecil tumbuh lebih percaya diri, Bu. Ketika tergabung dalam tim, biasanya ia akan menunjukkan segala kemampuannya agar terlihat lebih menonjol. Hal ini bisa membuat si Kecil lebih mengenali kemampuannya, sehingga kepercayaan dirinya pun akan semakin meningkat. 

2. Belajar Menerima Kekalahan

Bu, dulu saya sempat bingung menghadapi si Kecil yang selalu menangis ketika kalah bermain. Ternyata, hal ini sangat wajar terjadi. Menurut penulis buku Smart Parenting for Smart Kids, Eileen Kennedy-Moore, Ph.D., anak usia prasekolah (0-5 tahun) baru mengerti konsep kemenangan dan belum belajar tentang kekalahan. Itu sebabnya, pada usia ini si Kecil akan sangat kompetitif dan selalu ingin menang. Nah, dengan tergabung dalam tim olahraga, si Kecil akan lebih bisa menerima kekalahan karena ia punya teman satu tim yang saling menguatkan. 

3. Belajar Menghargai Orang Lain

Perlu Ibu ketahui bahwa olahraga tim tidak hanya membuat tubuh si Kecil lebih kuat, tapi juga bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengajarkannya menghargai orang lain. Mengapa begitu? Melalui aktivitas ini, si Kecil belajar untuk menghargai pelatih, teman satu tim, dan tim lawan, baik saat menang maupun kalah.

4. Belajar Memimpin

Saya jadi ingat ketika si Kecil ditunjuk menjadi kapten tim sepakbola saat jam olahraga di TK-nya. Menurut gurunya, si Kecil berusaha menenangkan temannya yang menangis dan mengatur kerja sama tim. Rasanya sangat bangga mendengarnya, Bu! Setelah mendengar hal tersebut, saya sadar bahwa melalui olahraga tim, si Kecil dapat belajar menerima tanggung jawab sebagai seorang pemimpin sejak usia dini. Ini akan sangat berguna bagi perkembangan psikologi anak, khususnya ketika ia dewasa kelak.

Mulai sekarang, mari dorong si Kecil untuk tergabung dalam olahraga tim dan lihat kepercayaan diri anak meningkat secara pesat. Selain memberikan stimulasi secara rutin melalui aktivitas olahraga, Ibu juga bisa mendukung pertumbuhan fisik dan psikologi si Kecil dengan memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, salah satunya dengan rutin memberikan 2-3 gelas susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI setiap hari.

Frisian Flag 123 PRIMANUTRI diperkaya kombinasi minyak ikan, Omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), Zat Besi, Serat Inulin, serta tinggi Vitamin A, C, E, D3, Seng, Selenium, dan Kalsium. Ibu juga bisa memastikan bahwa hanya Frisian Flag 123 PRIMANUTRI yang mencantumkan Asam Sialat dan Sphingomyelin pada label nutrisi kemasannya. Asam Sialat dan Sphingomyelin merupakan nutrisi yang membantu mengoptimalkan proses penyerapan informasi dan perkembangan memori si Kecil.

Tersedia dalam varian rasa madu, vanilla, dan cokelat yang lezat, Frisian Flag 123 PRIMANUTRI bantu penuhi nutrisi si Kecil dan mendukungnya menjadi anak yang cepat tangkap, aktif bergerak, dan tumbuh sesuai usianya. Apalagi, menurut penelitian yang dilakukan Frisian Flag pada tahun 2017-2018, terbukti bahwa 9 dari 10 Ibu menyatakan anaknya menyukasi rasa susu pertumbuhan ini.

Selamat mengajak si Kecil berolahraga, Bu!