Share Like
Simpan

Harga diri menunjukkan perasaan seseorang akan dirinya. Anak dengan harga diri yang baik biasanya memiliki tampilan yang positif, menerima diri sendiri apa adanya dan merasa yakin. Bagaimana menerapkan pada si Kecil untuk memiliki harga diri yang positif, menghargai diri sendiri tetapi tidak menjadi sombong dan tetap menghargai dan peduli dengan sekitarnya?

Dengan harga diri, si Kecil akan merasa dicintai, memiliki kemampuan dan unik. Dengan harga diri yang positif, si Kecil senantiasa merasa puas dengan dirinya sendiri. Orangtua memiliki pengaruh yang sangat besar dalam membentuk harga diri si Kecil.

Bagaimana Ibu dapat membantu mengembangkan rasa harga diri si Kecil?

Cintai dan terima apa adanya. Menunjukkan bahwa Ibu mencintai si Kecil dan menerima apa adanya merupakan langkah pertama dan langkah terpenting untuk membangun harga diri yang sehat. Tunjukkan cinta Ibu dengan cara mengungkapkan kasih sayang, perhatian, meluangkan waktu bersama, memeluk dan mengatakan “ibu sayang adek”.

Rasa memiliki. Bantu si Kecil untuk membangun rasa memiliki dengan cara membantunya membina hubungan dengan keluarga dan komunitas sekitar, merasa bangga dengan sejarah dan warisan keluarga, dan mengingat peristiwa-peristiwa penting/bersejarah dalam keluarga.

Rasa aman. Rasa aman menjadikan si Kecil mau mencoba hal baru dan mempelajari diri sendiri. Saat merasa aman, si Kecil tidak akan takut gagal dan mau mencoba lagi ketika ia gagal sehingga akhirnya mencapai keberhasilan. Ciptakan lingkungan rumah yang aman, tetapkan aturan yang jelas dan dorong si Kecil untuk mengatakan ‘tidak’ terhadap tekanan-tekanan negatif.

Rasa hormat. Jika si Kecil mempelajari bahwa apa yang mereka pikirkan, rasakan dan kerjakan adalah penting, maka akan memupuk rasa hormat terhadap diri sendiri dan orang lain. Menerima hak si Kecil untuk memiliki perasaan dapat membantunya untuk menghormati perasaan orang lain. Tunjukkan rasa hormat terhadap perasaan, keyakinan dan tindakan si Kecil dengan cara mendengarkannya dengan penuh perhatian.

Percaya diri. Jika si Kecil memiliki keyakinan dan percaya diri akan dirinya dan kemampuannya, maka pada masa dewasanya nanti dia akan lebih bahagia dan lebih produktif. Ajarkan si Kecil untuk belajar dari kesalahannya, untuk menentukan suatu tujuan dan untuk bangga dengan keberhasilan yang diraihnya. Dorong si Kecil untuk menghadapi tantangan dan mengambil risiko, membuat keputusan dan menentukan tujuan, mengekspresikan keyakinan dan percaya diri. Berikan peluang untuk mempertanggungjawabkan tindakannya dan untuk berhasil.

Harga diri yang baik bukan berarti sombong. Harga diri yang baik artinya menghargai diri sendiri, bertanggungjawab akan setiap tindakan yang kita perbuat dan menunjukkan rasa hormat dan peduli terhadap orang lain. Dengan harga diri yang positif, si Kecil merasa bahagia, mudah berteman, menikmati aktivitas sosial, antusias dengan kegiatan baru, dapat bermain sendiri dan bermain bersama anak lain, kreatif dan memiliki ide-ide, serta berbicara dengan rasa nyaman.