Share Like
Simpan

Hai Bu, berapa usia si Kecil saat ini? Bagi orang tua, membentuk dan membangun psikologi anak sejak dini sangat penting untuk mempersiapkan si Kecil menghadapi masa depannya. Nah, salah satu hal yang patut diperhatikan dengan saksama adalah kepercayaan diri yang dimiliki si Kecil tersayang. Jika ia memiliki rasa percaya diri, maka akan semakin mudah baginya untuk bergaul dan belajar banyak hal di lingkungan yang baru.

Akan tetapi, membentuk psikologi anak secara baik dan menumbuhkan rasa percaya dirinya bukanlah hal yang mudah. Agar bisa melakukannya, Ibu perlu menyimak beberapa kiat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak berikut ini:

  1. Menaruh Kepercayaan pada Anak

    Ketika Ibu menaruh kepercayaan pada si Kecil bahwa ia dapat mengerjakan sesuatu dengan baik, maka secara tidak langsung hal tersebut akan memengaruhi pembentukan psikologi anak. Selalu berikan dorongan, motivasi, dan yakinkan bahwa si Kecil bisa melakukan hal-hal baru. Dengan terus melakukan hal ini, maka lambat laun tumbuhlah kepercayaan diri pada diri si Kecil tersayang.

  2. Pilih Pujian yang Tidak Berlebihan

    Pujian memang merupakan bentuk apresiasi dan cara memotivasi si Kecil untuk menjalani masa tumbuh kembangnya dengan baik. Tidak ada salahnya jika Ibu gemar memberikan pujian pada si Kecil, namun perhatikan dengan baik waktu dan pilihan kata yang digunakan. Berikan pujian yang wajar dan sesuai dengan tingkah laku si Kecil, hindari memujinya secara berlebihan. Sebab, pujian yang berlebihan akan membuat si Kecil kesulitan untuk menyadari kemampuannya yang sesungguhnya.

  3. Beri Kesempatan Anak untuk Mengambil Keputusan

    Untuk menumbuhkan psikologi anak yang memiliki rasa percaya diri, Ibu harus memberinya kesempatan mengambil keputusan secara mandiri. Cara ini bisa diterapkan pada hal-hal sederhana, misalnya membiarkan si Kecil memilih warna baju yang ingin dikenakan atau memperbolehkannya menentukan menu makanan yang ingin dipesan saat datang ke restoran.

    Dengan dibebaskan untuk memilih, maka psikologi anak akan terlatih untuk lebih percaya pada kemampuannya sendiri. Namun ingat ya, si Kecil tetap harus tahu bahwa orang tualah yang memegang kendali dan ia perlu menuruti nasihat yang Ibu berikan.

  4. Gali dan Kembangkan Potensi Anak

    Setiap anak terlahir dengan bakat masing-masing yang akan berkembang dengan baik jika mendapatkan perhatian dan perlakukan tepat. Oleh karena itu, sedini mungkin kenalkan si Kecil pada aktivitas-aktivitas yang dapat mendukung bakatnya. Jika Ibu mendapati si Kecil gemar mencorat-coret, cobalah siapkan kertas gambar dan pensil warna untuk meluapkan hobinya tersebut. Dengan mendukung si Kecil melakukan hal yang menjadi kegemarannya, Ibu juga telah membuatnya lebih percaya diri dan merasa berarti karena dapat melakukan sesuatu yang baik.

Nah Ibu, itulah beberapa hal yang bisa menumbuhkan psikologi anak secara maksimal dan juga meningkatkan rasa percaya diri. Kalau sudah dewasa nanti, rasa percaya diri ini akan dibutuhkan si Kecil untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Tetap semangat untuk membimbing si Kecil ya, Bu!