Share Like
Simpan

Melihat si Kecil makin aktif bermain di usia balita seperti saat ini memang menggemaskan ya, Bu. Menurut informasi yang saya baca di forum Ibu dan Balita, ini adalah momen yang tepat bagi Ibu untuk melatih kemampuan motoriknya, termasuk dalam hal menjaga keseimbangan tubuhnya. Menurut forum yang sama, berikut tiga ide permainan anak 2 tahun ke atas yang bisa Ibu manfaatkan untuk melatih keseimbangan si Kecil:

1. Berjalan di Atas Balok

Berjalan di atas balok titian menjadi permainan pertama yang bisa Ibu pilih untuk melatih kemampuan balita dalam menjaga keseimbangan tubuh. Cara bermainnya pun mudah. Ibu hanya perlu meminta si Kecil berjalan pelan-pelan di atas sebuah balok kayu titian sambil terus menjaga tubuhnya agar tetap seimbang. Tak melulu menggunakan balok kayu, Ibu juga bisa mengajak si Kecil berjalan di atas konblok yang disusun sedikit lebih tinggi ketimbang konblok lain di sekitarnya. Supaya terasa makin seru dan menantang, lakukan permainan ini sambil mengajak anak berimajinasi. Misalnya, katakan padanya, “Usahakan kaki Adik tetap berada di atas konblok ini supaya tidak digigit buaya yang ada di bawah, ya”.

2. Sikap Pesawat Terbang

Permainan untuk anak 2 tahun ke atas berikutnya yang tak kalah seru untuk melatih keseimbangan tubuh balita adalah Sikap Pesawat Terbang, Bu. Pertama-tama, Ibu dan si Kecil bisa berdiri sambil berhadap-hadapan. Kemudian, ajak ia merentangkan kedua tangannya. Jika sudah, mulailah mengangkat satu kaki Ibu dan minta si Kecil menirukan apa yang Ibu lakukan.

Di tahap awal, balita kesayangan Ibu mungkin akan cukup kesulitan menjaga tubuhnya tetap seimbang ketika satu kakinya mulai diangkat. Oleh sebab itu, supaya ia menyukai permainan ini, Ibu bisa memulainya secara bertahap, dimulai dari durasi yang singkat terlebih dulu. Misalnya, minta si Kecil menahan satu kakinya agar tidak menapak selama 5 detik. Begitu si Kecil mulai bisa menjaga keseimbangan tubuhnya dengan baik, Ibu bisa memperpanjang durasi tadi.

3. Loncat Satu Kaki

Di usia 2 tahun, mampu meloncat dengan dua kaki menjadi Momen Wow terbaru yang dicapai si Kecil. Tak heran, ia pun begitu senang meloncat-loncat. Nah, hal ini bisa Ibu manfaatkan untuk mengajaknya melakukan permainan Loncat Satu Kaki yang baik untuk melatih kemampuannya menjaga tubuh tetap seimbang.

Mengingat si Kecil biasanya meloncat dengan kedua kakinya, permainan Loncat Satu Kaki ini tentu menjadi tantangan baru untuknya, Bu. Oleh sebab itu, ia pun akan berusaha menjaga tubuhnya tetap seimbang saat meloncat maupun mendarat demi menaklukan tantangan ini. Secara tidak langsung, hal ini dapat membantu mengasah kemampuan si Kecil dalam menjaga keseimbangan tubuh.

Nah, itulah beberapa permainan seru untuk melatih kemampuan si Kecil dalam menjaga keseimbangan tubuhnya. Di masa tumbuh kembang anak, aktivitas seperti ini tentunya perlu ia lakukan secara rutin dengan pendampingan. Selamat beraktivitas bersama si Kecil, Bu!