Share Like
Simpan

Saat memasuki usia aktif, si Kecil tentu makin tidak bisa diam ya bu? Ada saja tingkah lakunya yang membuat ibu tersenyum atau berpikir ‘duuh kok ga ada capeknya ya si Kecil ini!’ Keingintahuan si Kecil akan lingkungan sekitarnya dapat disalurkan dengan melakukan berbagai aktivitas dan bereksplorasi di luar rumah dan membantu membangun kekuatan fisiknya. Langkah-langkah kecilnya di luar lingkungan rumah akan melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh menjadi lebih mantap! Salah satu aktivitas luar yang mengasikan dan dapat dilakukan bersama teman sebaya atau anggota keluarga adalah berkemah dengan tenda. Si Kecil dapat belajar bersosialisasi, meningkatkan ketrampilan komunikasinya dan belajar berbagi, serta mengembangkan daya imajinasi dan kreativitasnya dalam permainan yang ia lakukan. Perkembangan berpikir dan kemampuan problem solving si Kecil pun lebih tertantang, misalnya saat si Kecil bermain dengan tenda di halaman rumah dan merasa kepanasan di dalam tenda, ia akan belajar jika jendela dan pintu masuk tenda dibuka, maka angin dari luar akan masuk dan mengurangi hawa panas di dalam tenda. Selain itu, si Kecil dapat menemukan keahlian yang baru saat bermain, sehingga membangun rasa percaya diri dan melatih kemandiriannya.

Bila sehari-hari si Kecil lebih sering bersama ibu, maka bermain kemah dengan tenda juga bisa membina hubungan anak-ayah lebih akrab, lho bu. Si Kecil pasti akan lebih antusias bila Ayah menjadikannya partner saat membangun tenda. Ajak si Kecil mengawali petualangan bermain di luar dengan menentukan bersama lokasi untuk mendirikan tenda dan menyiapkan perlengkapan yang akan dimasukkan dalam tenda sebagai perbekalan berkemah. Ajak si Kecil membersihkan lokasi yang telah dipilih, pastikan tidak ada kotoran hewan dan benda yang membahayakan si Kecil, seperti paku, pecahan kaca dan sebagainya, saat bermain di area tersebut. Pilihlah permukaan yang rata agar tenda dapat berdiri kokoh. Biarkan si Kecil menata bagian dalam dan sekitar tenda sesuai dengan kreativitas dan imajinasinya. Tempatkan alas yang nyaman untuk si Kecil berbaring dalam tenda.

Ayah dapat memperkaya pengetahuan si Kecil dengan menjelaskan berbagai hal untuk mengenal dan mencintai alam. Ajak si Kecil mengumpulkan daun-daunan dengan bentuk yang berbeda dan menggambarnya di atas kertas. Tempelkan kertas bergambar aneka daun tersebut sebagai hiasan pada dinding tenda.

Di dalam tenda, ayah bisa mengajak si Kecil bermain jamuan teh dan menyiapkan makanan camilan serta menjadi ‘tuan rumah-tenda’ dengan mengundang ibu dan saudara untuk menjadi tamu dalam tenda. Permainan yang tak kalah mengasikkan dapat dilakukan dalam tenda, seperti bermain catur, kartu atau ular tangga, halma dan sebagainya. Ayah juga dapat menceritakan dongeng untuk mengembangkan daya imajinasi si Kecil. Bermain bayangan dengan menggunakan senter pada dinding tenda juga dapat menjadi aktivitas yang mengasikan.

Bermain petualangan dengan tenda merupakan salah satu cara untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Ibu bisa mendapatkan tenda gratis dengan bergabung di Komunitas Ibu dan Balita dan mengikuti program hadiah dengan menukarkan poin ibu sebesar 2880 poin. Ayo segera Tukarkan poin ibu dengan tenda di Zona Tukar Hadiah di kota Ibu, klik untuk lihat jadwal.

Berikanlah mainan yang dapat membangun kreativitas dan imajinasi si Kecil dan tidak harus selalu dibeli dengan harga yang mahal. Dengan membangun kreativitas dan memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam bermain akan medukung kecerdasan si Kecil lebih optimal!