Whatsapp Share Like Simpan

Bagi pasangan yang baru menikah, kehadiran buah hati akan sangat dinanti-nantikan. Apakah Ibu juga termasuk yang sedang menunggu momongan untuk melengkapi kebahagiaan keluarga? Jika ya, maka Ibu perlu tahu tentang ciri-ciri hamil di usia 1 bulan. Banyak wanita yang kurang menyadari adanya tanda-tanda bahwa mereka sedang hamil muda karena usia kehamilan yang masih sangat dini. Namun hal ini cukup penting, Bu, agar Ibu dapat mempersiapkan kehamilan seawal mungkin. Berikut adalah 14 ciri-cirinya yang perlu Ibu ketahui:

1. Terlambat Haid

Terlambat haid merupakan pertanda awal seorang wanita sedang hamil. Meski begitu, kehamilan bukanlah satu-satunya penyebab dari haid yang terlambat. Keterlambatan haid juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor lainnya, seperti stres atau sedang menjalani diet. Jadi saat Ibu mengalami keterlambatan menstruasi, sebaiknya tunggu selama kurang lebih dua minggu lalu lakukanlah test pack untuk mengetahui apakah Ibu sedang hamil atau tidak.

2. Payudara Membengkak

Ciri-ciri hamil muda yang paling umum salah satunya adalah payudara yang membengkak dan terasa sedikit nyeri. Ini merupakan langkah awal bahwa payudara sedang terisi sebagai persiapan untuk menyusui bayi setelah melahirkan. Selain itu, payudara juga akan terasa sensitif dan jadi sangat lunak.

3. Timbul Bercak & Perut Kram

Saat Ibu menemukan adanya bercak darah di celana dalam, jangan langsung menyimpulkan sedang datang bulan, ya. Bisa jadi itu adalah blastocyst, yaitu sel-sel yang berisi cairan bakal organ tubuh bayi yang diciptakan oleh sel telur yang dibuahi. Selain timbul bercak darah, Ibu mungkin juga akan merasakan kram perut seperti saat sedang menstruasi.

Jika sudah menemui kedua tanda tersebut ditambah belum mendapatkan haid, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter. Hindarilah kebiasaan yang berbahaya untuk kandungan, seperti merokok, minum alkohol, dan minum obat-obatan.

Artikel Sejenis

4. Mual dan Muntah

Ibu merasa mual hingga muntah? Keduanya merupakan ciri-ciri hamil muda lho, Bu. Morning sickness atau rasa mual yang Ibu rasakan ini disebabkan oleh Human chorionic gonadotropin (hCG) atau hormon kehamilan yang mengalami peningkatan. Sebanyak 80% wanita merasakan mual dan muntah ini di awal kehamilan mereka. Jika Ibu sudah mengalami morning sickness selama berhari-hari, lebih baik periksa ke dokter untuk bisa mengetahui apakah Ibu memang sedang hamil muda atau mengalami masalah kesehatan lainnya.

5. Areola Menghitam

Saat hamil, Ibu akan mengalami perubahan hormon yang dapat mengakibatkan areola (daerah puting susu) jadi menghitam lebih lebar. Tanda-tanda ini adalah sebagai bentuk respons tubuh dalam mempersiapkan produksi ASI untuk menyusui nantinya.

6. Indra Penciuman Sensitif

Wanita yang sedang hamil biasanya juga memiliki indra penciuman yang sensitif. Saat mencium bau tertentu, terlebih yang menyengat, maka ibu hamil dapat menjadi sensitif kemudian merasa mual. Untuk itu beberapa peneliti menganjurkan ibu hamil agar menghindari makanan yang berbau menyengat, seperti pete, durian, atau bawang.

7. Mengalami Sembelit & Sering Buang Air Kecil

Ibu yang sedang hamil 1 bulan mungkin akan mengalami sembelit yang disebabkan adanya tekanan pada rahim dan perubahan pada usus. Tekanan pada rahim tersebut juga bisa menyebabkan Ibu sering merasa ingin buang air kecil. Kedua kondisi ini bisa membuat Ibu merasa tidak nyaman, ya. Namun berbahagialah, Ibu mungkin sedang hamil!

8. Merasa Kelelahan

Menjalani aktivitas yang berat dan padat bisa membuat fisik merasa lelah. Namun bisa jadi rasa lelah tersebut juga sebagai pertanda Ibu sedang hamil di minggu pertama. Menjaga janin di dalam kandungan supaya tetap aman memang membutuhkan energi yang besar, Bu. Tak heran kalau Ibu akan mudah merasa kelelahan. Untuk menyiasatinya, perbanyaklah minum air putih dan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi.

9. Sering Bermimpi

Bu, percaya tidak kalau sering bermimpi bisa menjadi ciri-ciri hamil? Hal ini dikaitkan dengan perubahan hormon yang membuat perasaan ibu hamil menjadi lebih sensitif. Mimpi-mimpinya pun akan lebih dramatis dan terasa amat nyata. Jadi, jika dalam beberapa hari belakangan Ibu dapat dengan mudah mengingat mimpi-mimpi yang sering dialami, maka bisa jadi Ibu sedang hamil.

10. Mulut Terasa Logam

Beberapa ibu hamil mengeluhkan mulutnya yang seperti terasa logam. Sayangnya hingga kini belum ada penjelasan ilmiah untuk menjelaskan tanda kehamilan ini. Rasa logam di mulut ini terkadang dapat menimbulkan rasa ingin muntah. Untuk menyiasatinya, Ibu bisa mengonsumsi makanan manis atau air es. Tak perlu khawatir, karena gejala ini biasanya akan berkurang saat usia kehamilan bertambah.

Baca juga: Nafsu Makan Hilang Saat Hamil Muda, Mengapa?

11. Mood Swing

Mood swing atau perubahan suasana hati kerap dialami oleh wanita yang sedang PMS. Namun kondisi tersebut juga bisa dirasakan oleh wanita hamil karena adanya perubahan hormon yang mempengaruhi kondisi psikologis. Ibu hamil bisa menjadi sangat sensitif, tiba-tiba sedih, atau tiba-tiba merasa senang.

12. Pusing dan Berkunang-kunang

Adanya embrio yang terbentuk di rahim ibu hamil akan membutuhkan lebih banyak darah agar embrio tersebut bisa tumbuh dan berkembang menjadi janin. Hal ini akan meningkatkan detak jantung untuk memompa darah dan menyebabkan menurunnya tekanan darah. Itulah mengapa ciri-ciri hamil biasanya akan merasa pusing berlebih, berkunang-kunang, hingga seperti ingin pingsan.

13. Migrain

Selain merasa pusing, ibu hamil juga bisa merasakan sakit kepala sebelah atau migrain yang meningkat frekuensinya. Migrain saat hamil disebabkan oleh meningkatnya jumlah darah yang dialirkan ke seluruh tubuh, termasuk kepala, yang kemudian timbul tekanan pada kranial. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya migrain yang biasanya akan menghilang menjelang persalinan.

14. Sering Merasa Lapar

Saat hamil muda, tubuh membutuhkan tambahan 200 kalori per hari. Janin di rahim juga membuat kelenjar dan organ Ibu harus berbagi, sehingga hormon lapar akan diaktifkan tubuh atas perintah otak. Inilah yang menyebabkan ibu hamil akan sering merasa lapar. Tak masalah untuk makan lebih sering dan banyak, Bu, sebab makanan yang Ibu konsumsi akan dialirkan ke janin untuk tumbuh kembangnya.

Hal yang Perlu Ibu Lakukan

Ketika Ibu sudah mengetahui dengan pasti kalau Ibu sedang hamil muda, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu sebagai berikut:

  • Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi. Janin membutuhkan asupan nutrisi agar bisa tumbuh dengan baik. Untuk itu Ibu perlu mengkonsumsi beberapa nutrisi, mulai dari protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral.
  • Perbanyak konsumsi asam folat. Asam folat memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil dan janin di dalam kandungan sehingga sangat direkomendasikan untuk rutin dikonsumsi selama kehamilan. Asam folat bisa didapat dari berbagai sumber makanan, seperti telur, hati ayam, hati sapi, polong-polongan, asparagus, sayuran hijau, jeruk, brokoli, kubis brussels, pepaya, pisang, dan alpukat.
  • Penuhi kebutuhan cairan harian. Ibu hamil harus minum air sebanyak 8 gelas setiap hari supaya tubuh tidak mudah lemas karena banyaknya energi yang terkuras untuk menjaga janin di dalam kandungan. Kebutuhan cairan ini bisa didapat dari air putih, susu, dan jus buah.
  • Hindari makanan tertentu. Selain ada makanan yang dianjurkan banyak dikonsumsi, ada juga jenis makanan tertentu yang harus dihindari selama hamil. Di antaranya adalah mayonaise, makanan yang kurang matang, makanan mentah, produk susu yang tidak melalui proses pasteurisasi, seafood dengan kandungan merkuri tinggi, serta alkohol.
  • Jalani hidup sehat. Ibu hamil harus lebih ekstra dalam menjalani aktivitas. Jalanilah pola hidup sehat dengan tidak merokok, tidur cukup, berolahraga ringan, dan makan makanan bernutrisi.
  • Rutin memeriksakan kandungan sesuai jadwal. Pemeriksaan di dokter kandungan diperlukan untuk mengetahui kondisi janin di dalam kandungan, apakah tumbuh dengan baik dan tidak ada masalah. Dokter akan memberikan jadwal kontrol kandungan yang harus Ibu tepati.
  • Jangan mengkonsumsi obat tanpa rekomendasi dari dokter. Saat hamil muda Ibu mungkin akan mengalami beberapa masalah kesehatan. Namun jangan terburu-buru mengkonsumsi obat dulu ya, Bu. Konsultasikan obat jenis apa yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan sesuai dengan masalah kesehatan yang sedang Ibu rasakan.
  • Hindari stress dan aktivitas berlebih. Rasa stress dan aktivitas yang berlebihan dapat membahayakan janin di dalam kandungan, terlebih saat masih di awal kehamilan. Maka dari itu, hindarilah stress dan kurangi aktivitas Ibu, ya, supaya kesehatan janin tetap terjaga dengan baik.

Nah, itulah keempat belas ciri-ciri hamil di usia 1 bulan, Bu. Jika Ibu merasakan beberapa ciri di atas, lebih baik segera cek ke dokter agar mendapatkan hasil pemeriksaan yang lebih pasti. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Bu.

Bagi Ibu yang masih memiliki pertanyaan dan ingin berkonsultasi seputar kehamilan, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar, ya. Di sana ada para ahli yang akan membantu Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu.

Sumber:

Hellosehat