Whatsapp Share Like
Simpan

Selain menginginkan buah hati yang rupawan secara fisik, Ibu pasti juga menginginkannya menjadi anak yang pintar, bukan? Anak yang pintar umumnya sudah dapat dilihat tanda-tandanya sejak masih bayi lho, Bu. Menarik sekali, ya. Untuk Ibu yang ingin tahu apakah bayi Ibu termasuk bayi pintar atau tidak, coba cek dari tanda-tanda di bawah ini, yuk:

Kuat Secara Emosional

Bayi yang cerdas umumnya juga berkepribadian emosional yang kuat, yang artinya ia akan mempunyai pemikiran yang cenderung dewasa dan kompleks walaupun usianya masih dini. Ia juga akan mampu memahami emosi, baik positif maupun negatif. Jadi saat Ibu melihat bayi sisi yang kuat secara emosional, jangan menganggapnya sebagai hal yang mengkhawatirkan ya, Bu.

Memiliki Keterampilan Bahasa dan Komunikasi yang Sangat Baik

Meski belum bisa bicara secara sempurna, tapi bayi sudah bisa menunjukkan kemampuan berbahasa dan berkomunikasi yang dimulai sejak usia 4-5 bulan. Di usia ini bayi mulai sering mengeluarkan suara ocehan. Kemudian di usia 12 bulan, ia mulai mengucapkan kata-kata pertamanya, sedangkan di usia 18 bulan mulai mampu merangkai kalimat pertama.

Namun jika sebelum umur 14 bulan bayi sudah dapat merangkai kalimat atau sangat tertarik dengan dengan bahasa, hal ini dapat menjadi pertanda awal bahwa ia merupakan bayi pintar. Dalam hal berkomunikasi, ia juga lebih mudah memahami instruksi dan beberapa bahasa sekaligus.

Fokus Saat Melakukan Sesuatu

Tanda bayi pintar dapat dilihat dari kemampuannya dalam melakukan sesuatu tanpa mudah teralihkan dan merasa bosan. Untuk mengasah kemampuan fokus pada bayi, ajaklah ia untuk membaca buku, mendongengkan cerita, atau memberikan mainan seperti puzzle dan balok.

Artikel Sejenis

Lebih Waspada Terhadap Hal yang Terjadi di Sekitarnya

Bayi umumnya akan memerlukan waktu untuk mengenali sesuatu yang terjadi di sekelilingnya. Namun hal ini tidak berlaku pada bayi pintar. Ia dapat dengan cepat mengetahui dari arah mana suara datang. Ia juga akan melakukan kontak mata dengan sesuatu yang dilihatnya.

Berusaha Mencari Solusi dengan Tekun

Pernahkah Ibu melihatnya gigih dalam melakukan sesuatu yang butuh usaha keras? Jika ya, maka itu adalah tanda lainnya bahwa ia adalah bayi yang cerdas. Contohnya saja ia akan mencari tahu cara menyendokkan makanan ke dalam mulutnya, membuka laci pakaian, atau memanjat sofa.

Pada masa-masa ini, jangan suka melarangnya, Bu. Lebih baik dukung bayi untuk tidak mudah menyerah dan terus berusaha agar bisa berhasil. Ibu juga bisa memberikan stimulasi dengan menciptakan tantangan sederhana untuknya.

Lebih Cepat Meraih Perkembangan Baru

Ibu pasti tahu bahwa masing-masing bayi akan meraih perkembangan barunya dengan waktu yang berlainan. Ada yang lebih lambat atau lebih cepat. Nah, pada bayi yang perkembangannya lebih cepat dibandingkan dengan kebanyakan bayi, baik secara kognitif dan emosional, maka ia tergolong bayi dengan kecerdasan di atas rata-rata. Ia akan mampu bicara lebih cepat, duduk lebih cepat, jalan lebih cepat, dan seterusnya.

Selalu Ingin Tahu Terhadap Semua Hal

Bayi yang selalu ingin tahu terhadap semua hal juga merupakan pertanda kecerdasannya. Ia akan suka sekali mencari tahu apapun yang ada di dekatnya dengan cara memasukkan sesuatu ke mulut, memainkan apa saja yang ia lihat, atau menuang lagi semua mainan yang sudah Ibu rapikan.

Jika sudah lancar berbicara, rasa ingin tahunya akan berganti dengan rentetan pertanyaan yang ia ajukan pada Ibu. Bersiaplah dengan hal ini, Bu, dan berikan jawaban yang benar, ya. Ibu juga bisa memberikannya buku untuk menjawab semua pertanyaan darinya.

Baca juga: 9 Nutrisi untuk Perkembangan Otak Anak

Lebih Senang Menyendiri

Bayi dengan kecerdasan lebih biasanya akan lebih senang menyendiri, nyaman bermain sendiri, serta bisa menghibur dirinya sendiri, seperti dengan menyusun balok, menggambar, atau mewarnai. Di samping suka menyendiri, ia juga lebih suka bermain dengan anak yang umurnya lebih tua. Cara ini akan membuatnya bisa bermain sambil mempelajari hal baru dari sudah diajari oleh anak tersebut.

Jadi saat Ibu menyadari bahwa buah hati lebih senang menyendiri, maka jangan paksa ia untuk bermain dengan anak lainnya. Biasakan saja ia untuk berada di sekeliling teman-temannya dan ia pun akan belajar untuk bisa berteman dengan anak lain secara perlahan-lahan.

Memiliki Daya Ingat yang Tajam

Ibu mungkin pernah menjumpai ada orang yang cenderung malas belajar, tapi ia bisa berprestasi secara akademis. Orang semacam ini tak perlu rajin belajar, karena ia sudah mempunyai kelebihan berupa daya ingat yang tajam. Bayi yang memiliki daya ingat kuat akan mudah mengingat nama dan fungsi suatu benda, wajah orang, dan sejenisnya.

Memiliki Tekad Kuat

Bayi yang pintar akan sering bertekad kuat untuk mendapatkan yang ia inginkan dan cenderung keras kepala. Meski sudah dilarang, tapi ia tidak akan mudah menyerah. Terkadang kelebihan ini bisa membahayakan dirinya. Oleh karena itu Ibu harus mengawasi dan memberikannya pengertian apa yang boleh dan belum saatnya ia lakukan.

Sulit Duduk Tenang dan Tidur Lebih Sedikit

Ibu mungkin lelah saat melihat bayi yang selalu bergerak kesana kemari dan sulit untuk disuruh istirahat. Namun sebenarnya bayi yang sulit duduk tenang dan tidur lebih sedikit dibandingkan bayi lain seusianya itu pertanda bahwa ia adalah bayi pintar lho, Bu. Mengapa bisa begitu?

Sebab ia memiliki banyak energi melimpah di dalam tubuhnya dan otaknya selalu terstimulasi. Ibu juga tidak perlu khawatir dengan jam tidurnya yang lebih sedikit, karena umumnya tidak akan berdampak negatif bagi bayi.

Imajinasinya Tinggi

Bayi yang cerdas juga akan memiliki imajinasi yang tinggi. Ia akan pintar bermain pura-pura dengan apapun yang dianggap seperti benda nyata. Saat sudah mulai lancar berbicara, ia juga akan pintar membuat cerita karangannya sendiri. Bersiaplah untuk takjub ya, Bu.

Pandai Menyambungkan Informasi

Bayi yang pandai menyambungkan informasi atau menebak tindakan juga merupakan ciri bayi yang pintar, Bu. Misalnya saja saat ia diajak ke kamar mandi, maka artinya ia akan mandi. Atau saat melihat Ibu berdandan artinya Ibu akan pergi keluar rumah.

Adakah tanda-tanda bayi pintar di atas pada buah hati Ibu? Untuk memiliki bayi yang pintar juga bisa dengan cara menstimulasinya, Bu. Seringlah mengajaknya bermain permainan edukatif supaya kemampuan otaknya berkembang. Lalu, jangan lupa memberikannya nutrisi lengkap saat sudah memasuki usia MPASI.

Bagi Ibu yang masih memiliki pertanyaan atau ingin berkonsultasi seputar anak, langsung saja berkunjung ke laman Tanya Pakar ya, Bu. Di sana ada para ahli yang akan membantu menjawab pertanyaan Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu, ya.

 

Sumber:

Ibupedia