Whatsapp Share Like
Simpan

Anak yang cerdas dan berprestasi tentu sangat membanggakan ya, Bu. Setiap orangtua pun menginginkan agar buah hatinya tumbuh menjadi anak yang cerdas, pintar, dan berbakat. Untuk itu diperlukan kejelian dari para orangtua untuk mengamati anaknya, apakah ia tergolong ke dalam anak yang istimewa atau tidak. Ibu hanya perlu mengetahui ciri anak cerdas yang bisa dilihat dari tingkah laku dan sifat si Kecil. Jadi, apa sajakah ciri-ciri tersebut? Ini dia jawabannya:

Mempunyai Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Anak-anak cenderung ingin tahu terhadap berbagai macam hal. Ia pun akan sering bertanya seperti, “Ibu, itu apa?”, “Kenapa bisa seperti itu?”, dan semacamnya. Namun jika pertanyaan yang ia lontarkan lebih dari itu dan lebih mendetail, itu menandakan rasa ingin tahunya cukup tinggi dan menjadi ciri bahwa ia termasuk anak yang cerdas. Saat ia sudah tumbuh lebih besar, maka ia akan mencari tahu sendiri jawaban dari pertanyaan yang ia miliki dengan antusias.

Memiliki Kemampuan Berpikir Cepat dan Tepat

Buah hati Ibu memiliki kemampuan berpikir cepat dan tepat? Itu salah satu ciri anak cerdas, pintar, dan berbakat lainnya, Bu. Si Kecil terlihat sangat mudah memahami sesuatu, bahkan meresponnya dengan tepat. Seiring bertambahnya usia si Kecil, ia akan menguasai suatu pelajaran dengan semakin cepat.

Ibu pun akan terkagum-kagum saat ia dapat menyelesaikan buku jenis apapun dengan waktu yang cepat. Waktunya untuk memberikan ia buku lebih banyak lagi nih, Bu! Semakin banyak ia membaca buku, maka semakin banyak pula ilmu yang ia peroleh.

Mempunyai Kemampuan Verbal yang Baik

Bahkan sejak si Kecil berusia dini, Ibu sudah bisa melihat tanda bahwa ia tergolong anak yang pintar, yaitu dengan melihat kemampuan verbalnya. Biasanya anak yang pintar, cerdas, dan berbakat sudah memiliki kemampuan verbal yang baik sejak ia berusia dini. Kosakata yang ia miliki pun lebih luas dibandingkan dengan teman seusianya, sehingga terkesan lebih dewasa.

Artikel Sejenis

Sayangnya, banyak orangtua yang salah dalam memberikan respons dan menganggapnya sebagai hal yang tidak wajar. Bahkan beberapa orangtua justru melabeli buah hatinya dengan kalimat seperti “Kamu kok bicaranya seperti orang dewasa, sih.”.

Padahal, anak pintar memang cenderung lebih hati-hati dalam memilih kata-kata yang ia ucapkan. Mereka juga lebih suka berbicara dengan orang dewasa sebab anak seusia mereka kurang dapat memahami kata-katanya.

Jeli dan Memiliki Minat Kuat

Anak yang sering terlihat lebih jeli terhadap hal yang tidak disadari oleh anak sebaya bahkan orang dewasa, menandakan ia anak yang cerdas. Kejelian tersebut juga diiringi dengan minat yang kuat. Ia pun akan sering terlihat fokus pada sesuatu yang ia minati hingga menghabiskan cukup banyak waktu untuk mempelajarinya. Jika Ibu sudah menemukan minat pada diri si Kecil, maka kembangkanlah.

Mempunyai Daya Ingat Kuat

Si Kecil sering mengingat sesuatu meski sudah terjadi cukup lama? Berbahagialah, Bu, sebab itu termasuk ciri anak cerdas dan berbakat. Anak yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata cenderung mampu mengingat dan menyimpan informasi dalam jangka waktu yang lebih lama dibanding anak sebayanya. Hal ini akan berdampak positif saat si Kecil sudah sekolah untuk selalu mengingat ilmu yang sudah ia dapat.

Cenderung Sensitif

Bisa dikatakan kalau ada ciri yang kurang baik terdapat pada anak cerdas dan berbakat, yaitu cenderung sensitif baik secara fisik maupun emosional. Ia mungkin akan mudah menangisi sesuatu yang tidak anak lain tangisi. Selain itu ia juga akan sering mengeluhkan sesuatu yang mengganggu mereka.

Kreatif dan Daya Imajinasinya Tinggi

Coba amati si Kecil, apakah ia sering berimajinasi atau senang berkreasi? Misalnya saja ia membuat mainan baru dengan benda-benda yang ada di sekelilingnya atau bercerita tentang hal-hal yang dikhayalkannya. Jika ya, maka ia bisa dikategorikan sebagai anak yang cerdas, pintar, dan berbakat.

Anak semacam ini memang cenderung suka berpikir yang tidak biasa, Bu. Kreativitas dan daya imajinasinya cukup tinggi, sehingga kadang terkesan terlalu berlebihan. Namun Ibu perlu untuk mendukung cara berpikir si Kecil tersebut. Jangan justru menghambatnya.

Mempunyai Selera Humor

Si Kecil suka melucu alias membuat humor, Bu? Ini juga bisa menjadi ciri anak cerdas, lho. Anak yang cerdas dan pintar suka bergaul dengan orang dewasa yang sering bercanda, sehingga ia akan menirunya. Biasanya ia akan menuangkan humornya secara lisan saat sedang mengobrol dengan keluarganya. Namun ada juga yang lebih suka menuangkannya dalam bentuk tulisan.

Ahli Menarik Kesimpulan dan Hubungan Sebab Akibat

Saat si Kecil yang masih berusia dini mampu menarik kesimpulan dan hubungan sebab akibat dari suatu peristiwa, maka bisa dikatakan kalau ia memiliki kemampuan di atas rata-rata. Untuk membantu meningkatkan pola berpikir si Kecil, Ibu bisa memberikan ia permainan asah otak yang sesuai dengan usianya.

Susah Tidur

Dikutip dari Huffington Post, “Anak yang memiliki kecerdasan alamiah, biasanya memiliki kesulitan untuk tidur.”. Ini dikarenakan otak si Kecil mengalami terlalu banyak stimulasi, sehingga sulit untuk beristirahat dan menyebabkan ia susah untuk tidur. Jadi, jangan buru-buru memarahi si Kecil saat ia masih terjaga di jam tidurnya ya, Bu. Mungkin saja ia sulit tidur karena memiliki banyak ide cemerlang di otaknya.

Supel dan Mempunyai Karakter Kuat

Terakhir, ciri anak yang cerdas, pintar, dan berbakat adalah memiliki sifat supel dan gampang bergaul. Selain itu, ia juga mempunyai karakter yang kuat, sehingga membuat orang lain merasa tertarik dan nyaman saat bersosialisasi dengannya. Jadi, saat si Kecil mudah bergaul dengan siapa saja dan selalu membawa kebahagiaan terhadap orang-orang di sekelilingnya, berbanggalah, Bu. Bisa jadi ia akan tumbuh menjadi anak yang luar biasa.

Bagaimana, Bu, apakah si Kecil memiliki ciri anak cerdas di atas? Ibu bisa menstimulasi kecerdasan si Kecil sejak dini dengan cara memberikan ia asupan makanan bergizi setiap hari dan mestimulasi otaknya. Namun ingat, jangan berlebihan ya, Bu, karena si Kecil akan merasa tertekan yang dapat merusak tumbuh kembangnya.

Punyaan pertanyaan seputar tumbuh kembang si Kecil? Laman Tanya Pakar hadir sebagai wadah bagi Ibu yang ingin berkonsultasi seputar tumbuh kembang si kecil langsung kepada ahlinya. Pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dulu sebelum berkonsultasi, ya.

Sumber:
doktersehat.com
id.theasianparent.com