Whatsapp Share Like Simpan

Hai, Bu, bagaimana kabar Ibu sekeluarga? Semoga selalu sehat, ya. Banyaknya virus menular yang berbahaya saat ini membuat kita harus ekstra menjaga kesehatan. Khususnya untuk anak-anak yang daya tahan tubuhnya lebih lemah dibandingkan orang dewasa.

Anak-anak membutuhkan lebih banyak perhatian agar kesehatannya selalu terjaga dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan memberikan makanan bergizi setiap hari. Apa saja sih yang termasuk makanan bergizi tersebut? Yuk, cari tahu jawabannya dari informasi di bawah ini:

Telur

Telur merupakan sumber makanan bergizi yang kaya akan protein. Ibu pasti sudah tahu ya manfaat protein bagi tubuh? Sangat banyak. Salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem imun. Selain protein, telur juga mengandung banyak nutrisi lainnya, seperti vitamin A, B kompleks, D, E, zat besi, fosfor, selenium, folat, dan yodium. Melihat banyaknya kandungan gizi dari telur, maka tak bisa disangkal lagi manfaatnya yang akan diberikan kepada tubuh anak.

Telur juga termasuk salah satu makanan yang difavoritkan anak-anak karena rasanya yang gurih dan enak. Ibu pun bisa mengolah menjadi apapun, digoreng, direbus, diolah menjadi sayur, atau menjadi bahan campuran kue.

Buah-buahan

Kita dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi buah-buahan tentu bukan tanpa alasan ya, Bu. Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh, termasuk untuk menjaga kesehatan.

Artikel Sejenis

Ada banyak jenis buah yang bisa dipilih untuk diberikan pada anak, tapi sebaiknya pilihlah yang tinggi kandungan vitamin A dan C. Contohnya saja jeruk, beri-berian, pepaya, kiwi, dan jambu biji. Kedua vitamin tersebut sangat berperan dalam memperkuat sistem pertahanan tubuh agar kuat dalam menangkal mikroorganisme jahat yang ingin masuk ke dalam tubuh.

Sayuran

Selain buah-buahan, anak juga perlu rutin mengkonsumsi sayuran, Bu, karena di dalam makanan bergizi ini banyak terkandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuhnya. Pilihlah jenis sayuran seperti brokoli, bayam, bunga kol, wortel, dan pakcoy yang mengandung vitamin A, C, dan antioksidan yang dikenal merupakan kombinasi terbaik untuk meningkatkan sistem imun anak.

Susu

Susu untuk anak kini telah diformulasikan dengan nutrisi lengkap untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi anak-anak. Susu Frisian Flag 456 PRIMANUTRI contohnya, sudah memiliki kombinasi makronutrien dan mikronutrien serta serat pangan inulin, omega 3 dan 6, dan minyak ikan. Dari semua kandungan zat gizi tersebut, maka anak disarankan untuk rutin mengkonsumsinya demi memiliki tubuh yang sehat sekaligus tumbuh kembang yang optimal.

Baca juga: Pola Hidup Sehat dan Makan Bergizi, Kunci Kesehatan Si Kecil

Yogurt

Yogurt merupakan produk turunan susu sehingga termasuk ke dalam makanan bergizi. Pada yogurt sudah terkandung berbagai jenis zat gizi, seperti probiotik yang terbukti ampuh dalam memperkuat sistem imun. Ada juga kandungan vitamin D yang dapat membantu meningkatkan dan mengatur pertahanan alami tubuh agar terhindar dari serangan penyakit. Kandungan vitamin D tersebut juga baik untuk memperkuat tulang anak supaya pertumbuhannya lebih maksimal dan tidak mudah keropos.

Almond

Almond adalah jenis kacang yang sangat populer di seluruh dunia. Rasanya sangat enak untuk dinikmati sebagai cemilan, diolah menjadi susu, atau sebagai topping pada kue. Tak hanya karena rasanya saja, kepopulerannya juga dikarenakan adanya kandungan nutrisi yang sangat beragam dan baik untuk tubuh. Diantaranya ada protein, vitamin B2, E, fosfor, dan magnesium yang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh anak.

Biji Bunga Matahari

Untuk pilihan cemilan sehat lainnya, Ibu bisa memberikan anak biji bunga matahari. Rasanya yang gurih pasti akan membuat anak ketagihan tanpa perlu merasa khawatir, karena biji bunga matahari tergolong ke dalam makanan bergizi. Di dalamnya terkandung nutrisi lengkap, mulai dari protein, karbohidrat, vitamin A, C, R, zat besi, kalsium, hingga magnesium yang sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya untuk menopang kesehatan anak.

Jahe

Saat tubuh mulai terasa tidak sehat, orang tua zaman dulu sering menganjurkan kita untuk segera minum jahe. Hal ini benar adanya, Bu, karena jahe memang memiliki kandungan gizi yang dapat membantu menjaga kesehatan. Contoh kandungan tersebut adalah vitamin C dan magnesium yang berperan dalam memperkuat daya tahan tubuh.

Jahe juga diketahui mengandung zingeron, shogaol, dan gingerol yang bermanfaat sebagai antioksidan. Selain itu, jahe juga mampu memberikan efek anti peradangan, antioksidan, dan melindungi tubuh secara maksimal dari serangan mikroorganisme jahat.

Bawang Putih

Saat Ibu memasak makanan untuk anak, jangan lupa berikan bawang putih sebagai bumbu, ya. Tidak hanya bisa melezatkan masakan, bawang putih juga telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Berdasarkan beberapa penelitian, mengkonsumsi bawang putih akan membantu menurunkan tingkat kolesterol dan tekanan darah, memperbaiki sirkulasi darah, menurunkan risiko penyakit jantung, serta memperkuat kekebalan tubuh. Ragam manfaat tersebut diperoleh berkat adanya allicin, yaitu sebuah senyawa organosulfur yang memberikan aroma khas pada bawang putih.

Kunyit

Makanan bergizi yang terakhir adalah kunyit. Pada masyarakat Jawa, kunyit disebut sebagai tanaman empon-empon yang sering dijadikan bahan baku jamu. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki fungsi sebagai anti inflamasi yang baik untuk mengobati artritis reumatoid dan osteoartritis. Kadar curcumin yang tinggi pada kunyit juga terbukti efektif dalam mengurangi kerusakan otot serta sebagai antivirus.

Kesehatan anak saat ini adalah prioritas utama yang harus benar-benar diperhatikan dengan seksama. Pemberian makanan bergizi merupakan salah satu bentuk upaya dalam menjaga kesehatan anak agar berisiko kecil terserang virus. Jadi, selalu berikan daftar makanan di atas agar kesehatan anak selalu terjaga ya, Bu.

Untuk Ibu yang ingin berkonsultasi seputar anak, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar, ya. Pertanyaan Ibu akan dijawab langsung oleh ahlinya. Untuk bisa mengakses laman tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu.

Sumber:

Merdeka, Tokopedia