Whatsapp Share Like Simpan

Anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang akan sangat membutuhkan makanan sehat dan bergizi. Tak hanya bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya saja, makanan bergizi juga diperlukan untuk meningkatkan imun si Kecil. Mengapa hal tersebut penting?

Ibu tentunya tahu kalau saat ini penyakit menular sedang merajalela di seluruh dunia. Jika tidak didukung dengan sistem imun yang kuat, si Kecil akan sangat rentan tertular. Untuk itulah ia membutuhkan makanan sehat dan bergizi supaya risiko tertular dapat berkurang. Untuk si Kecil, berikan beberapa makanan berikut ini ya, Bu:

Daging Tanpa Lemak

Protein merupakan nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Untuk si Kecil, pilihlah jenis protein berupa daging tanpa lemak, karena selain tinggi kandungan protein, juga terdapat zinc yang berfungsi untuk menstimulasi sel darah putih agar lebih kuat melawan infeksi. Daging tanpa lemak juga lebih sehat bagi si Kecil karena tidak mengandung lemak jahat yang bisa membuatnya mengalami obesitas atau penyakit yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol, seperti jantung, hipertensi, kanker, dan diabetes.

Ikan

Untuk si Kecil, ia disarankan untuk lebih sering mengkonsumsi ikan daripada daging ayam. Mengapa? Karena ikan tinggi kandungan omega 3 yang tidak hanya baik untuk kecerdasan otak, tapi juga untuk meningkatkan aktivitas pada sel tubuh. Bahkan hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa asam lemak ini dapat meningkatkan sistem imun tubuh dengan cara mengoptimalkan fungsi sel kekebalan tubuh. Jenis ikan yang banyak mengandung omega 3 antara lain tuna, salmon, tengiri, kod, dan sarden.

Telur

Bahan makanan berprotein lainnya yang bisa Ibu berikan pada si Kecil adalah telur. Makanan sehat dan bergizi yang satu ini merupakan sumber dari berbagai macam nutrisi, mulai dari vitamin, mineral, hingga antioksidan yang baik untuk tumbuh kembang anak-anak. Melihat banyaknya kandungan nutrisi dari telur tersebut, tak heran kalau telur dapat diandalkan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Belum lagi kandungan asam lemak omega 3 yang baik untuk otak.

Artikel Sejenis

Buah-buahan dan Sayuran

Sudah bukan rahasia lagi kalau buah-buahan dan sayuran adalah makanan sehat dan bergizi yang dianjurkan untuk rutin diberikan pada si Kecil sejak dini. Di dalam buah dan sayur terkandung banyak vitamin dan mineral yang kaya akan manfaat bagi kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Untuk daya tahan tubuhnya, pilihlah sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin A, C, E, dan zinc.

Baca juga: Pola Hidup Sehat dan Makan Bergizi, Kunci Kesehatan Si Kecil

Kefir

Minuman yang satu ini mungkin belum diketahui secara umum di Indonesia. Kefir adalah susu fermentasi asli dari daerah Kaukasus yang cara pembuatannya dengan mencampurkan butiran kefir ke dalam susu kambing, domba, atau sapi. Belum ada penelitian lanjut yang mengemukakan khasiat dari kefir, tapi penelitian awal telah membuktikan bahwa kefir berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh. Ini karena di dalam kefir juga kaya akan probiotik sehat.

Kacang Kenari

Memiliki rasa gurih yang enak, kacang kenari ternyata juga termasuk ke dalam golongan makanan sehat dan bergizi lho, Bu. Mengandung asam lemak omega 3, kacang kenari dipercaya dapat membantu tubuh si Kecil untuk menangkal serangan penyakit. Omega 3 juga masih memiliki manfaat lainnya, yaitu mengurangi resiko infeksi pernapasan dan jantung, mengoptimalkan perkembangan otak, menjaga kesehatan mata, mengurangi peradangan, serta mencegah penyakit autoimun.

Yogurt

Untuk cemilan si Kecil di tengah waktu makannya, pilihlah yang tidak cuma enak tapi juga menyehatkan. Yogurt adalah pilihan cemilan yang sehat dan kaya nutrisi yang sangat pas menemani waktu bermain dan belajar si Kecil. Di dalam yogurt terkandung probiotik, yaitu zat yang efektif untuk menangkal penyakit dari luar yang menyerang tubuh.

Hal ini sudah dibuktikan di dalam sebuah penelitian di mana anak-anak yang rutin mengkonsumsi yogurt memiliki resiko kecil terserang penyakit radang tenggorokan, infeksi telinga, dan flu. Pilihlah jenis yogurt yang baik untuk si Kecil, yaitu yang terdapat sedikit cairan di bagian atasnya.

Jamur

Jamur adalah sumber protein nabati yang baik untuk dikonsumsi oleh si Kecil, terutama yang alergi terhadap protein hewani. Jamur juga mengandung zinc yang berperan dalam menjaga daya tahan tubuh. Bahkan beberapa jenis jamur diketahui mempunyai efek antivirus, antibakteri, hingga antikanker.

 Itulah daftar makanan sehat dan bergizi yang harus rutin Ibu berikan kepada si Kecil setiap hari. Variasikan menjadi aneka masakan agar ia tidak bosan ya, Bu. Imbangi juga dengan gaya hidup sehat, bersih, dan rajin melakukan kegiatan fisik supaya badan selalu sehat, segar, dan bugar. Tak lupa, berikan ia susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI yang sudah dilengkapi dengan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh si Kecil, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Ada juga kandungan selenium, omega 3, prebiotik inulin, dan minyak ikan yang bermanfaat penting bagi si Kecil.

Untuk Ibu yang ingin berkonsultasi seputar anak, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar, ya. Pertanyaan Ibu akan dijawab langsung oleh ahlinya. Untuk bisa mengakses laman tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu.

Sumber:

CnnIndonesia, TheAsianParent