Whatsapp Share Like Simpan

Lulus ASI eksklusif selama 6 bulan, kini saatnya bayi mencoba makanan padat pertamanya. Ibu pasti akan disibukkan dengan persiapan membeli alat dan bahan makanannya. MPASI bayi haruslah berupa makanan bergizi (superfood) agar bermanfaat bagi tumbuh kembangnya. Superfood ini selain harganya terjangkau juga mudah untuk didapat kok, Bu. Berikut 10 daftarnya:

Telur

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik untuk tumbuh kembang bayi. Selain tinggi kandungan protein, telur juga mengandung berbagai nutrisi lainnya, seperti:

  • Vitamin B : berfungsi untuk membantu perkembangan otak
  • Vitamin D : berfungsi untuk pertumbuhan dan kekuatan gigi dan tulang
  • Omega 3 : berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan otak
  • Zat besi : berfungsi untuk memproduksi sel darah merah
  • Selenium : berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Telur dapat diolah dengan cara direbus, dibuat orak-arik, atau dicampur ke dalam makanan. Untuk pemberian telur Ibu sebaiknya melakukan pengawasan karena telur dapat memicu alergi. Jika ia mengalami reaksi alergi, maka sebaiknya dihentikan terlebih dulu.

Ikan

Anjuran untuk makan ikan setiap hari bukan tanpa alasan, Bu, sebab ikan mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi. Ikan kaya protein dan rendah lemak, sehingga sangat sehat untuk dikonsumsi bayi. Tak hanya itu, ikan juga banyak mengandung vitamin B dan asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan mata, menjaga kesehatan jantung, dan membantu perkembangan otak.

Jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi bayi antara lain tuna dan salmon. Sedangkan ikan yang sebaiknya dihindari antara lain marlin, hiu, dan swordfish karena mengandung merkuri yang berbahaya bagi sistem saraf bayi. Ikan dapat diolah menjadi sup, ditumis, atau sebagai campuran bubur.

Artikel Sejenis

Kacang-kacangan

Sebagai sumber energi agar bayi tidak mudah lemas dan selalu bersemangat untuk belajar banyak hal baru, berikan kacang-kacangan saja, Bu. Untuk bayi, kacang hijau dan kacang merah sangat direkomendasikan, sebab keduanya mengandung protein, vitamin B, kaya antioksidan, zat besi, dan serat. Oleh karenanya, kacang-kacangan bermanfaat untuk menangkal radiasi bebas serta menjaga kesehatan pencernaan bayi.

Kacang-kacangan juga mengandung sedikit lemak, sodium, dan kalori. Olah makanan bergizi ini menjadi sup atau puree dan berikan secara teratur sebagai MPASI bayi.

Oat

Untuk memulai hari, oat adalah yang terbaik untuk menu sarapan bayi. Oat merupakan sumber energi yang mengandung vitamin B, vitamin E, zinc, serta potassium. Selain itu oat juga jenis karbohidrat kompleks yang rendah gula dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Untuk MPASI bayi, masaklah oat terlebih dulu lalu blender hingga halus. Setelah itu sajikan dengan yogurt, susu, dan potongan buah segar.

Ubi Jalar

Selain memiliki rasa manis yang akan disukai oleh bayi, ubi jalar juga merupakan salah satu makanan bergizi yang kaya nutrisi. Superfood ini mengandung karotenoid dan beta karoten yang membantu menjaga kesehatan mata. Ubi jalar juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi, serat, kalsium, potassium, dan folat. Pengolahan ubi bakar bisa direbus, dibuat puree, atau dipanggang. Bisa juga dijadikan keripik ubi panggang untuk camilan bayi.

Brokoli

Buah berwarna hijau ini merupakan sumber kalsium nabati terbaik yang bermanfaat untuk pertumbuhan, mencegah kerusakan sel, dan penglihatan bayi. Brokoli juga mengandung vitamin B, magnesium, asam folat, kalium, fosfor, zinc, serat, dan zat besi.

Ibu boleh menyajikan brokoli setiap hari kepada bayi yang diolah beraneka ragam. Bisa dijus, dikukus, atau dicincang halus untuk dimasukkan ke dalam sup.

Blueberry

Makanan bergizi untuk bayi selanjutnya adalah blueberry. Buah yang mirip anggur ini mengandung beberapa nutrisi, antara lain vitamin B, vitamin C, mangan, zat besi, serat, magnesium, folat, dan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal racun masuk ke dalam tubuh. Tak hanya itu, blueberry juga ampuh sebagai antibakteri, antivirus, dan antidiare. Tambahkan blueberry ke dalam oat, kue, puding, atau yoghurt sebagai camilan sehat bayi.

Susu

Susu merupakan minuman yang penting untuk menunjang tulang dan gigi bayi, sebab didalamnya terkandung vitamin D, kalsium, serta fosfor. Susu masih mengandung nutrisi lainnya yang tak kalah penting untuk tumbuh kembang bayi, yaitu protein, vitamin A, vitamin B2 (riboflavin), vitamin B6, vitamin B12, zinc, niacin, dan yodium. Susu dapat diminum langsung, dicampur dengan oat, ataupun diolah menjadi puding.

Yoghurt

Yoghurt adalah produk turunan susu, sehingga kandungannya tak jauh beda dengan susu, yaitu protein, karbohidrat, vitamin B, zinc, fosfor, dan kalsium. Di dalam yoghurt terdapat bakteri baik yang membantu pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Memberikan yoghurt kepada bayi setiap hari dapat membantu mencukupi kebutuhan energi serta memperkuat tulang dan giginya. Yoghurt dapat dimakan langsung, untuk campuran jus, atau dicampur dengan aneka buah-buahan.

Keju

Produk turunan susu lainnya yang baik untuk dikonsumsi bayi adalah keju. Di dalam keju juga terkandung protein, vitamin B12, fosfor, dan kalsium. Mengonsumsi keju secara rutin dapat memperkuat tulang dan gigi, mengoptimalkan pertumbuhan, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.

Potong-potong keju menjadi potongan kecil untuk camilan bayi. Bisa juga menambahkan keju parut di atas makanannya supaya lebih nikmat.

Nah, itulah daftar makanan bergizi alias superfood yang bisa diberikan untuk membantu tumbuh kembang bayi. Pastikan untuk memberikannya setiap hari ya, Bu, agar mendapatkan manfaatnya dengan lebih optimal. Semoga informasi ini bermanfaat.

Masih memiliki pertanyaan seputar nutrisi bayi? Tanyakan saja di laman Tanya Pakar. Pastikan Ibu sudah register terlebih dulu supaya bisa menggunakan fitur tersebut.

 

Sumber:

food.detik.com