Share Like
Simpan

Seringkali saya melihat bahan makanan tertentu mengandung gizi lebih tinggi dibanding bahan makanan lainnya. Sayangnya, tidak semua jenis makanan tersebut murah, bahkan harganya cukup mahal. Oleh karena itu, saya pun berinisiatif untuk mencari tahu bahan makanan yang bergizi untuk anak dan tidak mahal. Makanan apakah itu? Yuk, intip hasil diskusi saya bersama dokter ahli gizi via Live Chat di laman Facebook Ibu dan Balita.

1. Tempe Sebagai Alternatif Pengganti Daging Sapi

Selain ikan kembung, tempe bisa menjadi alternatif sumber Protein lain, Bu. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, ternyata tiap 100 gram tempe murni memiliki kandungan 20,8 gram Protein, lho. Selain itu, kalau dilihat secara keseluruhan, bahan makanan bergizi yang diolah dari kacang kedelai ini juga tak kalah bernutrisi dibanding daging sapi, Bu. Berikut tabel perbandingannya yang bisa Ibu lihat.

 

2. Ikan Kembung Sebagai Alternatif Pengganti Salmon

Tidak hanya salmon yang punya kandungan Asam Lemak Omega-3 tinggi, Bu. Kata dokter ahli gizi di sesi Live Chat, beberapa jenis ikan lain ternyata memiliki kandungan Omega-3 lebih banyak dari salmon. Salah satunya ikan kembung. Meski harganya murah, kandungan nutrisi ikan kembung tak kalah dengan salmon.

Setiap ons daging ikan kembung mengandung 2,6 gram Omega-3. Selain Omega-3, Ikan Kembung juga memiliki nutrisi lain, seperti Kalsium, Fosfor, Zat Besi, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin D, Vitamin E, dan Vitamin C yang mampu memenuhi kebutuhan gizi si Kecil.

3. Jambu Biji Sebagai Alternatif Pengganti Buah Kiwi

Tahukah Ibu, jambu biji ternyata mengandung Vitamin C yang cukup banyak, lho. Tiap 100 gram jambu biji mengandung 183 mg Vitamin C. Jumlah ini hampir dua kali lipat jumlah Vitamin C pada buah-buah mahal seperti kiwi. Tak hanya itu, jambu biji juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti Protein (0,9 gram), Lemak (0,3 gram), Karbohidrat (12,2 gram), Serat (5,6 gram), Kalsium (14 mg), Fosfor (28 mg), Zat Besi (1,1 mg), Vitamin A (25 IU), Vitamin B1 (0,02 mg), dan air (86 gram).

Nah, itulah beberapa jenis bahan makanan bergizi dengan harga terjangkau yang bisa Ibu siapkan bagi si Kecil. Jadi, Ibu tak perlu bingung lagi menyajikan aneka makanan bergizi untuk anak dengan harga terjangkau. Si Kecil tetap sehat, anggaran untuk kebutuhan makan pun terselamatkan.