Di usia 1–3 tahun, anak-anak akan menjadi lebih aktif dan mempelajari hal baru. Maka dari itu, ia membutuhkan asupan makanan yang bisa membantu menambah energi.

Pemenuhan gizi dibutuhkan untuk membantu perkembangan organ tubuh Si Kecil. Pada masa ini, anak disarankan untuk dikenalkan pada makanan yang memiliki rasa beragam, tekstur yang mulai berbeda, serta warna menarik.

Sebelumnya, pada usia setahun pertama anak-anak baru mengonsumsi makanan pendamping ASI alias MPASI. Jenis MPASI yang diberikan seringnya hanya satu jenis makanan dan diolah sampai memiliki tekstur yang mudah dicerna anak.

Meski makanan yang diberikan harus beragam, pastikan juga agar anak tetap mendapat asupan ASI, mengingat 1000 hari pertama kehidupannya adalah masa yang paling penting.

Pada usia 1–3 tahun, Si Kecil membutuhkan cukup asupan makanan yang mengandung karbohidrat, kalsium, protein, vitamin, dan mineral. Berikut panduan dalam menyiapkan asupan gizi pada anak usia 1 - 3 tahun yang bisa coba ibu terapkan!

1. Asupan Karbohidrat untuk Anak
Anak-anak sangat membutuhkan asupan karbohidrat. Jenis nutrisi yang satu ini dibutuhkan tubuh untuk diubah menjadi energi yang akan membantu anak untuk aktif bergerak dan mempelajari hal baru. Ibu bisa menemukan kandungan karbohidrat pada jenis makanan, seperti beras merah, roti, pisang, sereal, serta jagung.

2. Kandungan Kalsium
Anak pada usia ini juga membutuhkan asupan kalsium. Ibu bisa membantu memenuhi asupan kalsium dari susu formula. Saat anak mulai menginjak usia 3 tahun, orang tua bisa coba memberi susu yang dilengkapi dengan kandungan AA dan DHA. Kandungan ini penting untuk membantu perkembangan otak anak dan mempersiapkannya menjelang usia sekolah.

3. Asupan Protein Harian
Penting juga untuk memenuhi asupan protein anak. Ibu bisa membantu agar anak mendapat cukup asupan protein dengan memberi makanan seperti ikan, daging, dan telur. Protein berfungsi untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Selain itu, asupan protein juga bisa membantu menghasilkan enzim pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Sayur dan Buah
Memberi asupan serat pada anak juga penting, misalnya dari buah dan sayur. Agar anak tidak bosan, ibu bisa memvariasikan makanan dan berikan secara bergantian. Konsumsi buah dan sayur bisa membantu menjaga tubuh anak tetap sehat. Buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk penyerapan nutrisi dalam tubuh anak. Buah-buahan yang sebaiknya dikonsumsi, antara lain jeruk, strawberry, dan tomat.

Baca lengkapnya di sini ya bundaaa https://www.halodoc.com/artikel/panduan-pemenuhan-gizi-balita-usia-13-tahun