Share Like
Simpan

Memilih baju bayi dapat menimbulkan kesenangan tersendiri bagi Ibu. Saat ini, pilihan baju bayi pun begitu banyak, baik warna, model, ukuran dan sebagainya, yang dapat membuat Ibu rela menghabiskan dana dalam jumlah yang tidak sedikit. Apa sih yang perlu Ibu tahu saat ingin belanja baju bayi?

Pertimbangan utama saat memilih baju bayi adalah baju tersebut nyaman bagi si Kecil. Kedua, Ibu perlu ingat, bayi akan tumbuh dengan cepat. Kadang barang-barang yang tidak diperlukan juga menggoda Ibu untuk membelinya. Sebenarnya pilihan warna tidak menjadi masalah, juga baru atau lama, selama bayi merasa nyaman dengan bajunya. Saat memutuskan membeli baju bayi harus disesuaikan dengan kebutuhan, dana yang ada, gaya hidup dan waktu yang tersedia.

 

Pilihan bahan:
• Pilihlah yang ‘ringan’ sehingga kulit si Kecil bisa ‘bernapas’ terutama saat hari-hari panas di musim kemarau.
• Bahan katun merupakan pilihan terbaik. Bahan ini dapat dicuci dengan baik dan bertahan lama, sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam memilih baju bagi bayi. Bahkan noda yang melekat dapat mudah hilang dan dapat dicuci dengan air panas.
• Bahan katun rajutan atau cotton knits juga bisa dipilih karena ‘bentuk’ baju dapat bertahan dengan baik, tidak perlu disetrika dan biasanya tidak mengerut.

Hal lain yang perlu Ibu pertimbangkan adalah:
- Baju dengan jumlah jahitan yang minimal, jadi tidak terlalu tebal.
- Memiliki lingkar leher yang cukup lebar sehingga memudahkan Ibu mengganti baju si Kecil.
- Model bagian bawah tidak terlalu rumit saat mengganti popok, sehingga Ibu tidak perlu membuka seluruh bagian baju hanya untuk mengganti popok.
- Bila memilih baju dengan kerah, pilih kerah yang kecil dan datar.
- Pilih baju dengan lubang lengan yang agak lebar.
- Ujung jahitan yang halus sehingga tidak mengiritasi kulit si Kecil.
- Hindari memilih baju bayi dengan lengan ketat, dengan karet yang kencang di sekitar lengan, kaki atau badan, dan retsleting yang menonjol di bagian leher.


Mengenai ukuran, biasanya bervariasi tergantung merk pakaian. Perhatikan label yang memuat usia dan bahkan ada yang memuat tinggi dan berat badan bayi. Bila Ibu membeli baju untuk bayi yang baru lahir, pertimbangkan untuk membeli baju dengan ukuran untuk 3-6 bulan karena bayi tumbuh dengan cepat. Namun Ibu juga perlu ingat, kadang bayi yang baru lahir juga terlalu besar untuk ukuran yang tertera di baju untuk bayi baru lahir.