Share Like
Simpan

Hai Bu, bagaimana kondisi kehamilan saat ini? Selama mengandung, ibu hamil membutuhkan banyak pasokan nutrisi untuk perkembangan tubuh dan juga janin, salah satunya adalah zinc atau seng (Zn). Zat yang satu ini bertanggung jawab terhadap sejumlah aktivitas dan fungsi tubuh, misalnya saja untuk membantu merangsang aktivitas enzim.

Agar bisa memahami dengan baik apa saja manfaat seng untuk ibu hamil, yuk simak informasi berikut ini:

  1. Pertumbuhan dan Pembelahan Sel

    Terpenuhinya seng selama masa mengandung sangatlah diperlukan bagi ibu hamil. Pasalnya, seng inilah yang dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan mempercepat proses pembelahan sel. Selain itu, seng juga menjaga kandungan ibu hamil dengan menghindarkannya dari kelainan bawaan dan risiko lahir prematur.

  2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

    Di antara keseluruhan vitamin dan mineral, seng termasuk salah satu jenis yang memegang peran penting dalam membentuk sistem kekebalan tubuh. Bagi ibu hamil, kekurangan asupan seng dapat membuat tubuh melemah dan rentan terhadap infeksi bakteri yang dapat menyebabkan penyakit, misalnya flu serta diare.

  3. Meningkatkan Sensor Otak dan Nafsu Makan

    Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan sehat. Nah, seng ini dapat membantu menjaga nafsu makan dan mempertajam sensor otak untuk menerima dan memproses informasi terkait bau dan rasa. Hal ini penting bagi ibu hamil agar bisa lebih mudah beradaptasi dan mengenal makanan yang baik untuk kandungan dari rasa serta baunya.

Itulah berberapa manfaat seng untuk ibu hamil. Selain mengetahui manfaatnya, ada baiknya pula Ibu memahami dampak jika kekurangan seng seperti berikut ini:

  1. Komplikasi Selama Kehamilan

    Kekurangan seng pada ibu hamil bisa menyebabkan komplikasi yang cukup serius seperti risiko keguguran.

  2. Risiko Terkena Toksemia

    Toksemia merupakan kondisi yang bisa dialami oleh setiap ibu hamil dan dapat diketahui gejalanya dari tekanan darah serta kondisi urine. Apabila tekanan darah ibu hamil tiba-tiba meningkat dan mengeluarkan air kencing yang tercampur dengan darah, maka perlu segera memeriksakan diri ke dokter kandungan.

Itulah beberapa manfaat seng beserta akibatnya jika ibu hamil kekurangan asupan mineral yang satu ini. Demi kesehatan dan perkembangan Ibu serta janin, jangan lupa selalu mencukupi kebutuhan seng dan segera berkonsultasi dengan dokter saat mengalami gejala tertentu. Semoga tetap sehat, Bu!