Share Like
Simpan

Bu, ingin makan apa pagi ini? Selama masa kehamilan, Ibu membutuhkan 300 kalori ekstra per hari untuk menjaga kebugaran tubuh dan memberikan nutrisi lengkap bagi janin. Untuk itu, awali hari dengan makanan ibu hamil yang mengandung tambahan kalori dan nutrisi penting lainnya agar aktivitas berjalan lancar hingga malam menjelang.

Nah, berikut ini ada 3 makanan ibu hamil yang sempurna dikonsumsi sebagai sarapan dan cocok dijadikan tambahan energi untuk menemani aktivitas seharian:

1. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh atau lebih dikenal dengan whole grain, merupakan biji yang masih belum mengalami penggilingan atau proses apapun sehingga kandungan karbohidrat kompleks di dalamnya masih lengkap. Karbohidrat kompleks yang ada dalam makanan ibu hamil membuat perut kenyang lebih lama sehingga tubuh tidak akan kehabisan energi sebelum jam makan siang tiba.

Salah satu jenis biji-bijian utuh yang kaya kandungan serat, vitamin C, dan folat yang sangat baik dikonsumsi adalah oat atau gandum. Sereal atau roti yang terbuat dari gandum bisa dijadikan pilihan makanan ibu hamil sewaktu sarapan karena sarat zat besi yang dapat mengoptimalkan suplai darah pada janin. Ibu bisa mencampurkan aneka jenis biji-bijian utuh dengan buah-buahan segar saat sarapan untuk mendapatkan hidangan yang lezat dan juga lebih sehat.

2. Olahan susu

Aneka olahan susu memiliki kalsium yang merupakan nutrisi penting selama kehamilan karena membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin sehingga sangat cocok dijadikan menu sarapan. Semangkuk sereal gandum dengan susu rendah lemak merupakan pilihan makanan ibu hamil yang sempurna untuk memberikan tambahan kalsium.

Ibu bisa memadukan makanan ini dengan jus buah yang kaya vitamin C untuk membantu mengoptimalkan sistem imun tubuh selama masa kehamilan. Hal yang perlu diingat, hindarilah minuman berkafein pada saat sarapan karena dapat menyebabkan mood swing atau perubahan emosional secara drastis dan juga membuat Ibu lebih sering buang air kecil.

3. Telur

Telur kaya kandungan protein yang sangat penting untuk perkembangan janin, terutama saat trimester kedua dan ketiga kehamilan. Telur rebus atau orak-arik merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan makanan ibu hamil saat sarapan karena sangat lezat dan juga menyediakan asupan protein yang cukup bagi tubuh. Ibu juga bisa membuat telur dadar dan menambahkan keju cheddar di atasnya untuk memberikan tambahan protein sekaligus membuat rasanya lebih gurih.

Telur sangat baik dikonsumsi saat sarapan, namun hindari memakannya dalam keadaan mentah atau setengah matang karena ada bakteri salmonela yang bisa membahayakan kesehatan Ibu dan janin. Jadi, pastikan mengolah telur hingga benar-benar matang ya, Bu!

Pastikan Ibu mengombinasikan 3 makanan tersebut menjadi sajian yang lezat saat sarapan agar janin mendapat manfaat optimal dari nutrisi penting di dalamnya. Segera cari resep makanan ibu hamil dengan 3 bahan tersebut ya, Bu!