Share Like
Simpan

Tiga bulan pertama merupakan masa-masa dimana bayi belajar untuk merasa nyaman dan aman di dunia barunya. Si Kecil mulai berkembang untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru. Apa saja yang dilakukannya?

• Si Kecil mulai mengenal Ibu dan yang lainnya, yang menyayangi dan merawatnya. Si Kecil mulai mengenali wajah, suara dan aroma tubuh Ibu, dan mulai memberikan respon terhadap senyuman dan sentuhan Ibu. Banyak-banyaklah berbicara dan bernyanyi untuk si Kecil karena ini akan membantu memperkuat ikatan Ibu dengannya, dan membuatnya merasa dicintai. Peluklah si Kecil dan nikmati indahnya bersentuhan dengan kulitnya yang sangat lembut.

• Si Kecil mulai belajar ‘menyampaikan’ apa yang dibutuhkannya. Melalui suara, ekspresi wajah dan gerakan tubuhnya, si Kecil mengkomunikasikan rasa lapar, senang, ngantuk atau rasa tidak nyamannya, dan menunjukkan apakah dia sedang ingin bermain atau tidak. Ibu dapat mempelajari sinyal-sinyal yang ditunjukkan si Kecil, apakah menangis karena lapar atau ngantuk? Dan Ibu juga sebaiknya memberikan respon yang cepat dan tepat terhadap sinyal yang diberikan si Kecil. Kalau matanya berbinar dan si Kecil dalam keadaan siaga, berarti dia ingin diajak bermain.

• Si Kecil mulai menggunakan tubuhnya untuk melakukan sesuatu, misalnya menggapai jari tangan Ibu atau menggapai mainan dan menggenggamnya. Jadi Ibu sudah harus menyiapkan mainan kecil yang aman untuk si Kecil yang berusia 0-3 bulan. Sediakan mainan dengan berbagai tekstur dan bentuk. Si Kecil juga sudah dapat mengarahkan kepalanya ke payudara Ibu jika merasa lapar. Coba deh Ibu perhatikan, si Kecil mulai ’menjelajahi’ tubuhnya sendiri, memandangi tangannya, menghisap jari kakinya atau mungkin bahkan sudah mencoba untuk berguling.

• Si Kecil merasa yakin bahwa Ibu dapat ‘membaca’ sinyal dan memberikan respon terhadap sinyal yang dikirimnya. Karenanya Ibu sebaiknya segera menenangkan atau meredakan tangisnya agar si Kecil merasa aman, nyaman dan dicintai. Si Kecil juga mengandalkan Ibu untuk membuatnya merasa nyaman. Ibu dapat membantu menenangkan si Kecil dengan menyelimutinya atau memberikan boneka kecil lembut kesukaannya.