Whatsapp Share Like Simpan

“Bu, aku bosan, nih..” Begitulah celoteh buah hati yang baru belajar puasa. Kalimat ini mungkin banyak dialami oleh ibu-ibu saat menjalankan ibadah puasa bersama anak. Memang terkadang puasa bisa jadi membosankan bagi anak-anak karena mereka tidak bisa beraktivitas seperti hari-hari biasanya. Namun yang namanya anak-anak pasti akan senang bermain. Untuk mengobati rasa bosannya, ajak saja ia untuk bermain permainan anak yang seru berikut ini, Bu:

Ular Tangga

Ibu pasti pernah memainkan permainan legendaris yang satu ini, bukan? Ular tangga pernah menjadi salah satu permainan anak yang populer pada tahun 1990-an. Sayangnya kini keberadaannya sudah mulai tergeser oleh permainan modern lainnya. Namun tak ada salahnya untuk memperkenalkan anak dengan ular tangga.

Dimainkan minimal oleh dua orang dan maksimal empat oran

g, ular tangga bisa jadi sangat seru. Pemain bisa saja melaju lebih cepat dengan naik tangga atau malah terkena ular sehingga harus mundur langkahnya berkat angka dari dadu yang dilempar. Siapa yang lebih dulu sampai di garis finish, dialah pemenangnya.

Puzzle

Puzzle merupakan jenis permainan anak yang edukatif dan tidak akan pernah membosankan. Permainan ini dapat mengasah otak anak untuk berpikir dan menyelesaikan kepingan puzzle agar terbentuk gambar yang benar. Tingkat kerumitan puzzle harus disesuaikan dengan usia anak. Semakin besar usianya, semakin rumit pula gambarnya.

Artikel Sejenis

Saat anak serius mengerjakan puzzle, ia bisa jadi lupa waktu karena terlalu asyik. Dengan begitu, anak pun jadi lupa akan rasa bosannya.

Masak-masakan

Nah, kalau permainan ini adalah jenis permainan anak tradisional yang banyak dimainkan oleh anak perempuan di zaman dulu. Betul kan, Bu? Saat ini sudah banyak mainan peralatan memasak yang banyak dijual di toko mainan lengkap dengan bahan mainan yang terbuat dari plastik. Namun dulu permainan masak-masakan justru menggunakan bahan sungguhan yang ada di sekitar rumah, seperti daun, beras, batu bata yang dihaluskan, bunga, dan sebagainya.

Perkenalkan saja anak dengan cara Ibu bermain dulu. Gunakan mainan peralatan memasaknya, lalu berikan bahan-bahan alami yang dianggap sebagai bahan masakan betulan. Dengan cara ini, permainan masak-masakan pasti jadi lebih mengasyikkan sekaligus memperkenalkan anak bagaimana caranya memasak.

Flash Card

Flash card juga termasuk permainan anak yang edukatif. Melalui permainan ini anak bisa mengetahui berbagai nama, seperti nama hewan, tumbuhan, transportasi, benda, warna, angka, serta huruf.

Flash card bisa dimainkan dengan berbagai cara. Agar permainan jadi seru, buatlah semacam perlombaan dengan anak. Ibu dan anak saling berlomba menemukan kartu dengan nama yang disebutkan. Siapa yang paling banyak mengumpulkan kartu dialah pemenangnya. Cara ini bisa mengasah kemampuan otak anak untuk berpikir dengan cepat.

Main Air

Anak-anak pasti tidak akan menolak saat diajak bermain air, Bu. Main air memang sangat mengasyikkan dan bisa membuat anak keasyikan hingga lupa waktu. Ada berbagai ide permainan air yang bisa Ibu mainkan bersama anak. Salah satunya adalah lempar balon air.

Isilah balon dengan air, kemudian saling lempar balon tersebut dengan anak. Lakukan permainan ini di halaman ya, Bu, agar tidak membasahi rumah. Setelah itu pastikan anak langsung mandi dan berganti baju untuk menghindari ia kedinginan dan jatuh sakit.

Tebak Kuis

Bermain bersama anak sekaligus mengajarinya belajar, bisa dengan permainan tebak kuis, Bu. Lakukan permainan tebak kuis dengan cara memberikan petunjuk-petunjuk dan minta ia untuk menebaknya. Kemudian bergantian anak yang memberikan tebakan kepada Ibu. Permainan ini dapat melatih kemampuan otak anak untuk berpikir dan memecahkan petunjuk-petunjuk yang diberikan serta berpikir kreatif dan daya ingatnya untuk memberikan Ibu tebakan.

Menyusun Lego

Permainan menyusun lego juga bisa menjadi penghilang kebosanan anak saat menunggu waktu berbuka. Permainan anak modern ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran agar berhasil membuat bentuk yang ada di buku petunjuk. Jika sudah serius menyusun Lego, dijamin anak tidak akan merengek karena bosan lagi, Bu. Namun saat sudah selesai menyusun, ia pasti akan merasa sangat puas.

Dikarenakan permainan ini sedikit rumit, anak mungkin akan membutuhkan bantuan Ibu. Hindarilah membantunya secara langsung, tapi berikan sedikit petunjuk agar ia tidak terlalu bergantung pada bantuan orang lain.

Pasir Sintetis

Rindu bermain pasir di pantai? Berikan saja anak pasir sintetis yang kini menjadi salah satu permainan favorit anak-anak. Teksturnya cukup mirip dengan pasir pantai, mudah untuk dicetak, dan cenderung aman bagi anak. Bermain pasir sintetis memberikan kesempatan pada anak untuk melatih imajinasi dan keterampilan tangannya. Anak bisa berkreasi membuat apapun yang ia mau.

Menghilangkan rasa bosan pada anak saat puasa memang harus putar otak ya, Bu. Sebisa mungkin carilah permainan anak yang seru untuk dilakukan tanpa memerlukan banyak tenaga, karena anak bisa cepat merasa lapar, haus, dan lelah. Selamat bermain bersama buah hati, Bu. Semoga ibadah puasanya tetap berjalan lancar.

Ibu masih memiliki pertanyaan dan ingin berkonsultasi seputar anak? Bisa langsung berkunjung ke laman Tanya Pakar ya, Bu. Di sana ada para ahli yang akan membantu Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu.