Whatsapp Share Like
Simpan

Di rentang usia 3-6 tahun, aktivitas bermain merupakan aktivitas yang paling disukai oleh anak-anak. Terlebih jika permainan yang dilakukan merupakan permainan kesukaan si Kecil. Menurut psikolog kognitif Jean Piaget, bermain tidak hanya memperlihatkan perkembangan kognitif si Kecil, melainkan juga memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang kognitif si Kecil itu sendiri.

Kegiatan bermain si Kecil akan membuat perasaan dan emosi si Kecil lebih bahagia. Tahukah Ibu bahwa anak yang bahagia ternyata lebih cepat menyerap informasi-informasi baru yang bermanfaat bagi kecerdasan si Kecil. Pemilihan permainan yang tepat juga bisa menjadi sarana si Kecil untuk belajar sehingga proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Agar aktivitas bermain si Kecil menjadi lebih bermanfaat dan si Kecil semakin semangat untuk belajar, Ibu bisa mencoba 4 variasi permainan berikut ini bersama si Kecil :

Permainan Kreatif

Ada banyak permainan kreatif yang bisa Ibu coba bersama si Kecil di rumah. Permainan kreatif juga akan menjadi stimulus bagi keterampilan motorik si Kecil, terutama keterampilan motorik halus.

Permainan kreatif yang bisa Ibu terapkan di rumah diantaranya bermain finger painting atau mengecat tangan dan menggunting gambar di majalah bekas kemudian menempelkannya pada buku gambar. Ibu hanya perlu menyiapkan tepung maizena yang dilarutkan dengan diberi pewarna makanan, majalah bekas, gunting, lem, serta buku gambar.

Permainan finger painting atau mengecat tangan bisa melatih si Kecil untuk belajar tentang warna, selain itu kemampuan si Kecil untuk mewarnai jari-jari tangannya akan melatih keterampilan motorik halusnya. Sedangkan bermain menggunting gambar akan menambah pengetahuan si Kecil tentang benda-benda di sekitarnya.

Permainan berkebun

Berkebun memang merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat, tidak hanya bagi orang dewasa melainkan juga bagi anak-anak. Berkebun ternyata bisa menjadi sarana belajar si Kecil dalam meningkatkan beberapa keterampilannya. Si Kecil yang suka berkebun akan memiliki kemampuan fokus dan mengingat yang baik. Selain itu Si Kecil juga bisa belajar lebih banyak pengetahuan tentang tumbuhan.

Untuk mengenalkan kegiatan berkebun pada si Kecil, Ibu bisa memulai dengan mengajak si Kecil untuk rutin menyiram tanaman yang ada di rumah. Jika si Kecil sudah mulai terbiasa dengan kegiatan menyiram, tingkatkan kegiatan dengan memupuk, memindah bibit tanaman, atau memotong daun atau tanaman yang sudah layu.

Memasangkan benda dengan huruf atau angka

Ambil beberapa benda yang ada di rumah dan kumpulan huruf atau angka yang si Kecil punya. Letakkan benda di tempat yang berbeda dengan huruf dan angka. Kemudian Ibu bisa membuat lintasan yang menghubungkan tempat benda dan tempat huruf.

Ajak si Kecil untuk menebak nama benda yang Ibu ambil, kemudian minta si Kecil untuk menemukan huruf awal dari nama benda tersebut. Sebelum menemukan huruf atau angka yang melambangkan benda tersebut, si Kecil wajib melewati lintasan yang sudah Ibu buat bisa dengan berjalan atau melompat. Dengan permainan ini, si Kecil akan belajar lebih dalam tentang bahasa terutama yang berkaitan dengan angka dan huruf. Keterampilan motorik kasar si Kecil juga akan terlatih dengan aktivitas berjalan atau melompat.

Mencari Harta Karun

Untuk melakukan permainan ini, Ibu bisa menggunakan kardus sepatu yang tidak terpakai di rumah. Berikan permen atau cemilan kesukaan si Kecil di dalam kardus, kemudian sembunyikan kardus di tempat yang tidak mudah ditemukan si Kecil.

Berikan instruksi-instruksi pada si Kecil berupa petunjuk tempat atau benda di mana kotak harta karun terletak. Minta si Kecil untuk menemukan kotak tersebut berdasarkan petunjuk yang sudah Ibu berikan. Permainan ini akan melatih si Kecil untuk belajar memecahkan masalah. Si Kecil juga akan belajar untuk mengikuti instruksi yang Ibu berikan yang kelak akan berguna bagi si Kecil di bangku sekolah.

Belajar sambil bermain merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif untuk si Kecil, selain merasa gembira si Kecil juga akan melatih keterampilannya serta mendapatkan keterampilan baru. Untuk si Kecil makin semangat, selama belajar dan bermain Ibu bisa menyediakan cemilan dan minuman kesukaan si Kecil seperti Susu Bubuk Frisian Flag 456 PRIMANUTRI yang memiliki pilihan rasa Madu, Vanila, dan Cokelat yang lezat.

Selain lezat, Frisian Flag 456 PRIMANUTRI juga diperkaya dengan Omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), Minyak Ikan, Zat Besi, Serat Pangan Inulin, Tinggi Vitamin A, C, E, Zinc, Selenium, Kalsium, dan Vitamin D yang bermanfaat untuk mendukung si Kecil menjadi lebih pintar, kuat, dan tinggi. Dengan pemberian nutrisi tambahan yang tepat, tumbuh kembang si Kecil menjadi lebih maksimal dan tentunya si Kecil menjadi lebih aktif dan kreatif dalam belajar sambil bermain.